404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Kapolresta Sidoarjo Tekankan Anggota di Samsat Agar Tidak Melakukan Pelanggaran

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing mengecek hp pelayanan masyarakat di Samsat Sidoarjo Kota dan Krian, Kamis (18/4/2024).

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing mengecek hp pelayanan masyarakat di Samsat Sidoarjo Kota dan Krian, Kamis (18/4/2024).

JATIMRAYA.COM – Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing mengecek hp pelayanan masyarakat di Samsat Sidoarjo Kota dan Krian, Kamis (18/4/2024). Pengecekan ini untuk memastikan pelayanan di Samsat usai libur Hari Raya kembali berjalan optimal.

Sejumlah ruang pelayanan masyarakat yang ada di kedua wilayah Samsat tersebut di cek Kapolresta Sidoarjo. Selain itu, beberapa petugas pun tak luput diberikan arahan oleh Kombes. Pol. Christian Tobing.

Arahan yang disampaikannya kepada petugas di Samsat, agar tetap semangat memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat. Terutama usai menjalani masa cuti libur lebaran. Ia juga menekankan kepada anggotanya yang berdinas di Samsat agar jangan sampai melakukan pelanggaran.

“Pengecekan yang kami lakukan di Samsat Sidoarjo Kota dan Krian ini, guna memastikan pelayanan masyarakat kembali berjalan optimal usai libur lebaran. Anggota juga kami berikan arahan supaya pelayanan prima terus ditingkatkan begitu pula dengan kedisiplinan dalam berdinas,” jelas Kombes. Pol. Christian Tobing. (Andy Setiawan)***

Kasus Pemotongan Intensif Pajak Pegawai, Koalisi Masyarakat Sipil Sidoarjo Siap Bantu KPK

, Dimas Yemahura Al Farauq

, Dimas Yemahura Al Farauq

JATIMRAYA.COM – Dengan Suara lantang Wakil Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil Sidoarjo yang juga ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Damar Indonesia, Dimas Yemahura Al Farauq mendesak KPK segera menahan bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan pemotongan insentif pajak pegawai Badan Pelayanan Pajak daerah (BPPD) Sidoarjo.

“Kami berharap KPK menjaga independensinya, kewibawaan dan marwahnya dengan berani menahan Bupati Sidoarjo pada Jumat besok, seperti yang sudah dilakukannya terhadap Kepala BPPD AS dan SW, Staf BPPD,” kata Dimas Yemahura, Kamis (18/4)

Jika tuntutannya tersebut diabaikan, Dimas yang mengaku mewakili warga kota delta yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Sidoarjo itu mengancam akan menggelar demo di kantor KPK di Jakarta seperti yang pernah ia lakukan pada 1 Maret lalu. Dalam demo yang pertama itu kami sempat ditemui orang KPK dan mereka menegaskan tidak akan bisa dipolitisasi dalam kasus ini. Karena itu jika besok Muhdlor tidak ditahan, kami menganggap mereka sudah mencoba mencederai penegakan supremasi hukum.

Dimas menegaskan bahwa LBH Damar Indonesia di Sidoarjo siap membantu KPK dalam upaya menuntaskan kasus ini secepatnya. Pasalnya kasus korupsi merupakan extra ordinary crime yang harus diberantas hingga tuntas, tak peduli berapapun nilai kerugiannya.

Karena itu, tegas Dimas tidak ada alasan bagi KPK untuk menunda-nunda proses penanganan kasus ini. “Bukan hanya demo, kami juga akan melaporkan KPK ke dewan pengawas atau dewan kehormatan jika mamang ada indikasi kesana,” katanya lagi.

Terkait kemungkinan tidak hadirnya bupati Muhdlor memenuhi panggilan KPK, Jumat (19/4) Dimas mengatakan hal itu mungkin saja terjadi. “Tapi tetap harus disertai dengan alasan yang masuk akal dan bisa diterima. Kalau tidak KPK bisa koq melakukan penangkapan meskipun tetap ada mekanisme pemanggilan kedua.”

Selain itu KPK juga diminta untuk melakukan pemeriksaan secara mendalam dan tuntas pada siapa saja yang terlibat dalam kasus ini, termasuk orang-orang yang berada di luar struktur pemerintahan Pemkab Sidoarjo.

“Kami minta KPK mengusut siapa saja yang menikmati uang hasil pemotongan intensif pajak itu dan digunakan untuk apa saja, semuanya harus diproses secara hukum. Soalnya mereka pun ikut terlibat dalam praktek penyalahgunaan kekuasaan ini,” pungkas Dimas. (Andy Setiawan)***

Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta Per Bulan Berkat Pinjaman Ultra Mikro BRI

JATIMRAYA.COM – Hidup di desa menuntut setiap orang untuk memiliki kepekaan atas setiap peluang usaha yang ada di daerahnya.

Memaksimalkan potensi daerah menjadi satu hal yang tidak bisa ditinggalkan oleh mereka yang tinggal di kawasan ini.

Hal inilah yang dilakukan oleh Partini, pelaku usaha petani pepaya yang tinggal di Desa Pace, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur.

Di tengah kesibukannya mengurus suami dan anak, Partini rupayanya punya mimpi besar yakni menjadi pengusaha tani yang sukses.

Diakuinya, memulai usaha di bidang pertanian adalah jalan yang sunyi dan sering dikaitkan dengan citra negatif seperti kotor, tradisional dan tidak menghasilkan banyak cuan.

Padahal, bisnis pertanian saat ini cukup menjanjikan karena kebutuhan akan pangan akan selalu meningkat seiring dengan jumlah penduduk yang terus bertambah.

Terlebih lagi, jika kita mengetahui bagaimana karakteristik dari wilayah yang ditempatinya.

Contohnya di Desa Pace yang ditinggalinya saat ini. Kata dia, desa tersebut memiliki karakteristik tanah yang subur dan sedikit berpasir.

Oleh karena itu, tanaman yang cocok untuk ditanam adalah pepaya karena pepaya dapat tumbuh subur pada dataran rendah sampai medium dengan pengairan yang relatif minim.

Satu pohon pepaya bisa menghasilkan puluhan buah. Selain itu, pepaya juga mempunyai waktu panen yang singkat yakni 10-15 hari dibandingkan dengan tumbuhan lainnya.

Partini pun mengaku sudah memetik hasil dari usaha berkebun pepaya california. Dalam satu hektare lahannya, dia bisa menghasilkan pepaya 2-3 ton.

Untuk masa tanam pertama, memang membutuhkan waktu 7-8 bulan hinga bisa berbuah. Setelah itu, buah pepaya bisa dipanen setiap 10-15 hari sekali.

“Artinya bisa panen dua kali dalam satu bulan,” tutur Partini

Sedangkan untuk omsetnya, kata Partini, itu tergantung jenis pepayanya. Misalnya saja, jenis pepaya California yang saat ini berada di harga Rp6.000/kg.

Artinya, jika sekali panen dia menghasilkan 3 ton, Partini bisa mendapatkan omset hingga Rp18 juta dan Rp36 juta untuk 2 kali panen.

Menariknya, di satu hektare lahan yang dimilikinya, dia tidak hanya bisa menanam pepaya, melainkan juga tanaman lainnya seperti cabe, pepaya, dan terong.

“Jadi bukan hanya pepaya yang bisa saya hasilkan, tapi di bawahnya itu bisa saya tanami sayur-sayuran. Meskipun sedikit, tanaman tersebut bisa dijual ke warung-warung sekitar untuk tambah-tambah uang dapur,” imbuhnya.

Kendati demikian, memiliki usaha tak selalu berjalan mulur, ada yang namanya jatuh bangun. Partini mengaku sempat kehabisan modal karena tanamannya diserang hama. Sementara di satu sisi, dia tetap harus menjalankan usahanya demi bertahan hidup.

Beruntung PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk hadir untuk memberikan pinjaman ultra mikro bernama KECE (Kredit Cepat). “Waktu itu saya dikasih tahu oleh tetangga ada produk pinjaman KECE. Saya cari tahu ke sana kemari, ternyata produk ini sesuai dengan yang saya butuhkan karena tidak perlu pakai agunan. Yang penting sudah punya usaha dan omset buat bayar angsuran,” katanya.

Makin Produktif Berkat Kredit Cepat (KECE) BRI

Partini mengaku merasakan manfaat dukungan pendanaan dari BRI, sehingga bisa memiliki usaha yang lebih besar seperti sekarang ini. Partini mendapatkan pendanaan dari program KECE BRI sebesar Rp5 juta yang semuanya dimanfaatkan untuk menambah modal memajukan usaha perkebunan pepayanya.

“Awal dapat pinjaman itu hanya Rp5 juta, tapi kemarin saya baru ambil lagi sudah bisa dapat Rp7 juta,” tutur Partini.

Menariknya, lanjut Partini program KECE dari BRI bukan hanya sebatas pada penyaluran dana, melainkan ada pelatihan yang diberikan oleh mantri BRI sehingga bisa lebih produktif.

“Sebelumnya, saya hanya jual pepaya saja, barangnya ambil dari petani. Sekarang saya punya perkebunannya di beberapa lokasi. Bahkan saya juga jual bibit, jadi para petani yang beli bibit ke saya sekarang,” urai Partini.

Dia mengaku bukan hanya diberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola bisnis yang inovatif, tapi juga diberikan edukasi tentang pembayaran lewat digital. Menurut Partini, hal-hal seperti itu sangat membantu di era digitalisasi seperti sekarang ini.

“Dulu itu saya tidak tahu bagaimana cara mengecek transferan yang sudah masuk, tapi semenjak dapat pinjaman dari KECE ini, saya bisa lihat langsung kalau transferan sudah masuk. Saya cukup lihat dari hape saja,” tambahnya.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan perseroan akan terus mendorong pemberdayaan segmen Ultra Mikro sebagai upaya mengakselerasi ekonomi Indonesia secara optimal.

“Terbukanya akses pembiayaan bagi usaha UMi akan memberikan fleksibilitas dan daya adaptasi yang baik bagi pengembangan usaha. Di samping itu, mendekatkan jangkauan inklusi keuangan pada kelompok ini dapat membuka ruang tumbuh usaha menjadi lebih luas sehingga saving capacity pun ikut meningkat,” imbuh Supari.***

Akan Menambal Ban, Truk Muatan Rongsokan Terperosok dan Terguling di Jalur Madiun

Truk tronton muatan rongsokan terguling di jalur tembus Madiun - Ngawi, Kamis (18/4/2024).

Truk tronton muatan rongsokan terguling di jalur tembus Madiun - Ngawi, Kamis (18/4/2024).

JATIMRAYA.COM – Sebuah truk tronton dengan muatan over dimensi aneka rupa barang rongsokan terguling di jalur tembus Madiun – Ngawi, Kamis (18/4/2024). Sebelum celaka truk itu berjalan melambat, keluar jalur di sisi kiri badan jalan, untuk ngeban salah satu rodanya yang bocor.

Hanya beberapa meter sebelum tiba di lokasi tukang tambal ban yang dituju, Desa Ampel, Kecamatan Mejayan, Madiun, Jawa Timur, roda belakang sebelah kiri truk itu terperosok tanah basah, hingga terguling ke kiri.

Meski badan truk tidak melintang jalan, namun proses evakuasinya sempat menimbulkan kemacetan beberapa ratus meter dari dua arah. Aparat kepolisian setempat mendatangkan dua unit penderek guna mengevakuasinya.

Pengemudi truk yang nahas, Toni, 40 tahun, warga Surabaya, kepada jurnalis menuturkan, dia mengemudikan truk bernomor polisi E 9684 D mengangkut barang-barang rongsokan.

Aneka macam barang rongsok itu, katanya, diangkut dari Kota Salatiga, Jawa Tengah, akan dikirim ke salah seorang pengepul di wilayah Kecamatan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Truk tronton yang dikemudikannya meluncur dari arah Barat ke Timur. Namun, di area lokasi kejadian dia merasakan salah satu roda belakangnya kempes.

“Karena salah satu ban itu kempes, saya bermaksud menambal ban disitu itu (sambil menunjuk kios tambal ban). Tiba-tiba roda belakang truk terperosok tanah basah dan terguling,” tutur Toni.

Sedangkan menurut Watik, salah seorang penjaga warung sekitar lokasi, menirukan pengakuan Toni mengatakan, sopir truk itu tadinya akan menambal ban di kios sebelum Jalan Tol, tak jauh dari lokasi kejadian.

“Iya, katanya tadi akan menambal ban di wilayah sebelum Jalan Tol. Tapi katanya disana tutup. Lalu pindah kesini. Ternyata celaka,” ujar Watik.

Sementara petugas Polisi Lalu Lintas yang menangani insiden itu, Aiptu Choirul, menduga truk tersebut over dimensi muatan. Lantaran barang rongsokan tersebut sampai menjulang, melebihi batas bak truk.

“Iya, kemungkinan sementara over dimensi muatan. Ini masih dilakukan olah TKP,” jelas Aiptu Choirul.

Tidak terdapat korban jiwa atau terluka bagi pejalan kaki maupun pengguna jalan  lain, lantaran saat kejadian di sisi kiri truk yang terguling tidak terdapat aktivitas warga.

Pengemudi truk tidak mengalami luka sedikit pun. Bahkan usai dievakuasi, truk sempat dikemudikan untuk dilakukan penambalan ban, sebelum diamankan petugas guna pemeriksaan lebih lanjut. (Andy Setiawan)***

Investasi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Apple Tambah Apple Developer Academy Keempat di Bali

Presiden Joko Widodo menerima delegasi Apple di Istana Merdeka. (Facebook.com/@Setkab RI)

Presiden Joko Widodo menerima delegasi Apple di Istana Merdeka. (Facebook.com/@Setkab RI)

JATIMRAYA.COM – Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai investasi di Indonesia.

Saat ini, telah ada tiga Apple Developer Academy yang tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menysmpaikan hal tersebut usai pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Apple Tim Cook.

“Mereka sudah umumkan kemarin bahwa akan menambah satu lagi fasilitas di Bali,” kata Agus Gumiwang, Rabu, 17 April 2024.

“Dan ini sebetulnya keempat fasilitas Apple Developer Academy ini berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dengan Apple.”

Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 April 2024.

Baca artikel lainnya di sini : Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi

Pertemuan tersebut berfokus pada eksplorasi rencana strategis Apple.

Termasuk peluang ekspansi Apple di Indonesia dan integrasi lebih dalam ke dalam rantai pasok global.

Baca artikel lainnya di sini : Terus Cetak Pertumbuhan Positif, Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% Pada Kuartal I 2024

Dalam pertemuan, Agus mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga mendorong Apple untuk menciptakan pabrik manufaktur di dalam negeri.

Agus menyebut bahwa sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

“Nanti setelah dari sini dari Kemenperin akan melakukan proses business matching.”

“Kami sudah punya list-nya terhadap komponen-komponen apa saja.”

“Komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching,” jelasnya.

Agus juga menuturkan bahwa Kepala Negara mengajak Apple untuk membentuk pusat inovasi.

Pusat inovasi ini bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Ini juga satu hal yang Tim Cook itu juga sangat eager untuk melakukan follow up. Banyak tadi juga dibicarakan.”

“Bagaimana kita men-develop human resources atau human development yang ada di Indonesia melalui Apple,” tuturnya.***

Artikel di atas, sudah dìterbitkan di portal berita nasional ekonomi & bisnis Infoekbis.com

Sempatkan juga untuk membaca berbagai berita dan informasi lainnya di media online Hello.id  dan Sumateraekspres.com   

Pastikan juga download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Sedangkan untuk publikasi press release di media online ini, atau pun serentak di puluhan media lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com.

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.

Halal bi Halal Polsek Sukodono Jaga Soliditas Sinergitas Tiga Pilar

Polsek Sukodono dalam halal bihalal di Mako Polsek Sukodono.

Polsek Sukodono dalam halal bihalal di Mako Polsek Sukodono.

JATIMRAYA.COM – Polsek Sukodono Polresta Sidoarjo menggelar halal bi halal bersama jajaran Kecamatan Sukodono dan Koramil Sukodono, Rabu (17/4/2024), bertempat di Mako Polsek Sukodono.

Acara di halal bi halal dihadiri pimpinan dari tiga pilar di Kecamatan Sukodono serta anggota masing-masing instansi.

Kapolsek Sukodono AKP Supriyana mengatakan melalui kesempatan halal bi halal dengan Camat Sukodono, Danramil Sukodono beserta seluruh staf ini diharapkan semakin mensolidkan sinergitas tiga pilar.

“Dengan semakin terwujudnya soliditas sinergitas tiga pilar diharapkan dapat mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah,” ujarnya.

Lanjutnya, seperti sinergitas semua pihak dalam melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024. Nantinya menjadi penambah semangat dalam melayani masyarakat. (Andy Setiawan)***

Halal bi Halal Forkopimka Balongbendo, Mempererat Tali Silaturahmi dan Sinergitas

Halal bihalal Forkopimka Balongbendo.

Halal bihalal Forkopimka Balongbendo.

JATIMRAYA.COM – Forkopimka Balongbendo menggelar halal bi halal Hari Raya Idul Fitri bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat, Rabu (17/4/2024), di Kantor Kecamatan Balongbendo.

Hadir dalam kegiatan halal bi halal ini, Camat Balongbendo Ahmad Farkhan Jazuli, Kapolsek Balongbendo Kompol Hasyim As’ari, Danramil Balongbendo serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Camat Balongbendo Ahmad Farkhan Jazuli menyampaikan melalui momen halal bi halal Hari Raya Idul Fitri ini diharapkan semakin mempererat tali silaturahmi, kekeluargaan dan sinergitas semua instansi maupun masyarakat di wilayahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Balongbendo Kompol Hasyim As’ari bahwa soliditas sinergitas di wilayahnya yang begitu kuat, seperti halnya pada pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024 diharapkan terus terjalin.

“Sinergitas yang solid telah kita lakukan dalam mensukseskan pengamanan Hari Raya Idul Fitri, semoga terus berjalan dalam berbagai kesempatan. Terutama dalam mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif,” katanya. (Andy Setiawan)***

Terus Cetak Pertumbuhan Positif, Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% Pada Kuartal I 2024

JATIMRAYA.COM – Terus mencatatkan pertumbuhan positif, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil membukukan aset yang dikelola (Asset Under Management) oleh Wealth Management BRI naik 21% year-on-year (yoy) per Kuartal I-2024.

Hal ini mencerminkan ekspansi dan diversifikasi portofolio nasabah yang berkelanjutan.

Selain itu, Bisnis Wealth Management BRI mengalami lonjakan profitabilitas yang signifikan, dengan Fee-Based Income (FBI) dari Bancassurance meningkat sebesar 34% yoy, dan FBI dari investasi meningkat lebih dari 200% yoy.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan bahwa Wealth Management BRI berdedikasi untuk menyediakan solusi keuangan komprehensif dan layanan yang dipersonalisasi kepada Nasabah Prima.

“BRI terus mengakselerasi kinerja bisnis Wealth Management BRI. Strategi yang dilakukan dengan memperkuat edukasi terkait pentingnya pengelolaan keuangan kepada seluruh lapisan Masyarakat. Misinya dalam hal ini juga membantu nasabah prima (BRI Private dan BRI Prioritas) menjelajahi kompleksitas lanskap keuangan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut Handayani, BRI turut melakukan pendampingan oleh financial advisor berpengalaman yang selalu memastikan penawaran produk sesuai profil risiko nasabah.

Ditambah lagi, Wealth Management BRI didukung oleh ekosistem BRI Group yang terdiri dari perusahaan Asuransi, Sekuritas, dan Manajer Investasi yang terpercaya.

Alhasil, jumlah nasabah Prima Wealth Management BRI juga melonjak menjadi sekitar 148 ribu, menunjukkan kepercayaan dan keyakinan yang ditempatkan pada layanan premier BRI.

Kemudian tercatat juga pendaftaran investor baru BRI melonjak sebesar 60% yoy, menandakan minat dan kepercayaan yang meningkat terhadap penawaran investasi BRI Prioritas.

Adapun penutupan polis asuransi baru di BRI mengalami peningkatan sebesar 65% yoy, menegaskan komitmen kami untuk menyediakan solusi perlindungan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan nasabah.

“BRI optimistis bisnis Wealth Management mampu bertumbuh serta memiliki prospek yang baik. Salah satu faktor pendukung yang dapat terlihat, yakni saat ini muncul rasa kesadaran oleh para nasabah untuk memproteksi diri, keluarga, serta aset mereka yang diharapkan nantinya akan tumbuh secara berkelanjutan,” pungkas Handayani.***

Longsor di Tol Bocimi, Menko PMK Akan Koordinasi dengan Pihak Terkait untuk Pastikan Penanganan

Menko Muhadjir berinteraksi dengan pihak terkait untuk lakukan penanganan longsor di KM 64 Tol Bocimi.

Menko Muhadjir berinteraksi dengan pihak terkait untuk lakukan penanganan longsor di KM 64 Tol Bocimi.

JATIMRAYA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta maaf atas longsor dan amblas di di kilometer 64+600 jalan Tol Bogor- Ciawi- Sukabumi (Bocimi), Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (17/4/2024).

Muhadjir bersama Kepala BNPB Suharyanto menuju lokasi Tol Bocimi menggunakan helikopter dari Jakarta. Tiba di lokasi pada siang hari, Muhadjir melihat progres penanganan yang dilakukan oleh pihak PUPR dan pengelola jalan tol. Ruas jalan tol yang longsor sudah diberikan pasak tiang besi sebagai penyangga agar kokoh.

Kemudian pekerja dan mobil eskavator bekerja menguruk material tanah dan bebatuan untuk menangani jalur yang terputus karena longsor.

“Alhamdulillah sudah ditangani dengan baik. Saya nanti akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan penanganannya,” ujar Muhadjir usai peninjauan.

Menko PMK mengatakan, kejadian longsor di KM 64 Tol Bocimi yang bertepatan dengan padatnya mobilitas pemudik selama lebaran merupakan kejadian yang tidak diduga dan sangat disayangkan. Untuk itu, Muhadjir dengan kerendahan hati meminta maaf atas terjadinya bencana yang tidak bisa dihindari dan di masa mudik Lebaran 2024.

“Karena itu saya juga mohon maaf pada para pemudik yang tidak bisa memanfaatkan fasilitas luar biasa ini karena adanya peristiwa bencana,” ujarnya.

Berkat gerak cepat dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bersama Pemerintah Daerah, dan pengelola jalan tol, ruas Tol Bocimi yang semula ditutup karena jalan yang longsor dan ambles di KM 64 pada Rabu 3 April 2024, akhirnya bisa difungsikan satu jalur khusus kendaraan golongan satu sedan atau minibus selama masa mudik dan balik Lebaran pada Kamis 11 April 2024.

Sehingga kemacetan masa mudik dan balik lebaran di jalur arteri bisa dikurangi.

“Alhamdulillah dari kerja yang dilakukan Pak Menteri PUPR, yang saya perkirakan ruas tol ini bisa digunakan sama sekali untuk mudik dan balik. Karena ada upaya dari PUPR, Waskita Karya, dan Pemerintah Kabupaten untuk membikin penanganan sedemikian rupa sehingga masih ada satu jalur Sukabumi – Jakarta yang bisa dilalui,” jelas Muhadjir Effendy.

Setelah melayani arus mudik dan arus balik lebaran 2024, ruas jalan Tol Bocimi kembali ditutup mulai Senin malam 15 April 2024 untuk fokus pada tahap penanganan perbaikan. Menko Muhadjir mengatakan penanganan akan diupayakan secepatnya dan bisa normal melayani pengendara.

“Mudah-mudahan ini bisa segera selesai. 3-4 bulan akan selesai. Mudah-mudahan tahun baru libur nataru sudah bisa dilewati secara normal,” ujarnya.

Muhadjir menerangkan terjadinya longsor di KM 64 Tol Bocimi merupakan faktor eksternal yang tidak dikehendaki dan bukan dikarenakan faktor teknis dalam pembangunan. Menurutnya, sebelum membangun pihak pengembang dan operator jalan tol pasti sudah menghitung dengan cermat.

Menko PMK menjelaskan pengelola jalan tol, operator jalan tol, bersama pemerintah daerah sudah langsung bergerak cepat dan berkoordinasi untuk menangani supaya kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi. Tentu saja dari berbagai pihak terus mencermati kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di berbagai titik,” ujarnya.

Muhadjir menuturkan, selama arus mudik lebaran 2024 kejadian bencana di jalan tol tidak banyak terjadi dan hanya terjadi di KM 64 Tol Bocimi. Hal tersebut menurutnya sudah banyak diantisipasi dengan adanya banyak jalur tol fungsional lain yang bisa menjadi alternatif selama masa mudik.

“Ini merupakan realitas yang harus kita syukuri bahwa penanganan mudik terus baik dan ini berkat kesigapan kita yang selalu cekatan untuk mengambil langkah-langkah cepat ketika terjadi bencana dan halangan seperti ini,” jelasnya.

Dalam peninjauannya itu, Muhadjir Effendy didampingi oleh Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana (SK) Bogor Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi, Kapolres Sukabumi AKBP. Tony Prasetyo Yudhangkoro, Sekretaris BPJT Apri Artoto beserta jajaran, Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Abdul Hakim, Dirut Trans Jabar beserta jajaran. (Andy Setiawan)***

Berakhirnya Operasi Ketupat Semeru 2024, Kapolresta Sidoarjo Berikan Apresiasi Kepada Jajaran dan Stake holder

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol.Christian Tobing bersama anggota saat cek kendaraan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol.Christian Tobing bersama anggota saat cek kendaraan.

JATIMRAYA.COM – Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol.Christian Tobing mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pelayanan yang profesional serta humanis, kepada seluruh personel termasuk polsek jajaran maupun TNI hingga stake holder terkait dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024.

Disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing saat memimpin apel di Mako Polresta Sidoarjo, Rabu (17/4/2024) dilanjutkan dengan halal bi halal bersama anggota Polresta Sidoarjo dan polsek jajaran.

“Tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai oleh satu orang, melainkan tanpa kerja sama semua orang. Begitu pun di Polresta Sidoarjo, semua personel telah bersama-sama menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas mulai pengamanan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024,” ungkapnya.

Dengan berakhirnya Operasi Ketupat Semeru 2024 pada 16 April 2024, Kapolresta Sidoarjo dihadapan seluruh personelnya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya baik kepada anggota TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan maupun stake holder terkait di wilayahnya yang telah solid bersinergi melaksanakan tugas pelayanan serta pengamanan dalam Operasi Ketupat tahun ini.

“Upaya soliditas, kerja keras, kerja ikhlas dan profesional dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024 di wilayah Kabupaten Sidoarjo ini diharapkan terus diwujudkan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Andy Setiawan)***

Sempat Tembus Rp16.000/ Dolar AS, BI Beber Sejumlah Upaya untuk Jaga Stabilisasi Nilai Tukar Rupiah

Bank Indonesia (BI) akan selalu berada di pasar untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah. (Pixabay.com/IqbalStock)

Bank Indonesia (BI) akan selalu berada di pasar untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah. (Pixabay.com/IqbalStock)

JATIMRAYA.COM – Bank Indonesia (BI) akan selalu berada di pasar untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah, di tengah eskalasi konflik global yang terjadi saat ini.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menekankan pihaknya akan selalu berada di pasar untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah.

“BI selalu berada di pasar dan kami akan pastikan stabilisasi nilai tukar akan terjaga.”

“Kita terus melakukan intervensi baik di spot maupun Non Delivery Forward (NFD),” ujar Perry di Istana Kepresidenan.

Perry menyampaikan BI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah selaku pemangku fiskal, guna menjaga stabilisasi moneter dan fiskal.

“Kami pastikan kami di berada pasar untuk melakukan langkah-langkah stabilisasi,” ujar Perry.

Baca artikel lainnya di sini : Insiden Tanah Longsor Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Tim Gabungan Berhasil Temukan 20 Korban

Diberitakan sebelumnya Bank Indonesia (BI) menyatakan melakukan sejumlah langkah penting untuk menjaga kestabilan rupiah.

Usai libur Lebaran serta di tengah memanasnya konflik di Timur Tengah dan dinamika perkembangan perekonomian Amerika Serikat (AS).

Baca artikel lainnya di sini : Serangan Iran ke Israel akan Dongkrak Inflasi Indonesia, Ekonom Senior Beber 3 Alasan Utamanya

“Selama libur Lebaran, pasar non deliverable forward (NDF) IDR di offshore juga sudah tembus di atas Rp16.000 atau sudah di sekitar Rp16.100.”

“Sehingga rupiah dibuka di sekitar angka tersebut,” kata Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Edi Susianto.

Edi Susianto.pun mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah.

Antara lain dengan menjaga keseimbangan supply-demand valuta asing (valas) di pasar melalui triple intervention khususnya di spot dan domestic non-deliverable forward (DNDF).***

Artikel di atas, sudah dìterbitkan di portal berita nasional ekonomi & bisnis Infofinansial.com

Sempatkan juga untuk membaca berbagai berita dan informasi lainnya di media online Harianinvestor.com  dan Heisport.com

Pastikan juga download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Sedangkan untuk publikasi press release di media online ini, atau pun serentak di puluhan media lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com.

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.

Nasabah KUR BRI, Sate Klathak Pak Pong Jadi Primadona Wisata Kuliner Saat Mudik Lebaran ke Yogyakarta

JATIMRAYA.COM- Bagi yang belum pernah mencicipi sate klathak, nama tersebut mungkin terdengar unik.

Sebenarnya, sate klathak dimasak dengan cara yang sama seperti sate pada umumnya, namun tusuknya tidak terbuat dari bambu melainkan jeruji besi sepeda.

Karena ditusuk dengan besi, panas bara api bisa tersebar lebih cepat dan lebih merata, sehingga dagingnya pun empuk sempurna hingga ke dalam. Alih-alih manis seperti sate biasanya, sate klathak punya rasa yang gurih dan bikin ketagihan.

Sate Klathak Pak Pong termasuk salah satu yang melegenda di Yogyakarta. “Saya merintis usaha ini pertama kali pada tahun 1997 dengan mengontrak sebuah kios kecil pinggir jalan berukuran 6×6 meter di daerah Jejeran, Bantul, Yogyakarta. Kemudian, untuk mengembangkan usaha kuliner ini, pada tahun 2000 saya memberanikan diri pinjam modal usaha ke KUR BRI,” ungkap Zakiron alias Pak Pong selaku pemilik Sate Klathak Pak Pong.

Nama Pak Pong sendiri ternyata berasal dari bahasa Jawa jempong, yaitu sebutan untuk orang yang bangun tidurnya suka molor atau siang-siang.

Saat kecil, Zakiron suka jempong, sehingga sama bapaknya dipanggil Pong. Gara-gara itu juga, banyak masyarakat sekitar yang lebih mengenal Zakiron sebagai Pak Pong, ketimbang nama aslinya. Dari situlah nama Sate Klathak Pak Pong kemudian lahir.

Pasca gempa Yogyakarta pada 2006, nasib baik justru dialami Sate Klathak Pak Pong. Masifnya pembeli membuat nama Sate Klathak Pak Pong melambung.

Banyak media yang gencar memberitakannya, sehingga makin banyak orang yang penasaran buat mencoba.

“Pada tahun 2010, lewat fasilitas KUR BRI, saya meminjam modal usaha lagi untuk membeli tanah dan mendirikan bangunan permanen untuk Sate Klathak Pak Pong pusat yang beroperasi sampai sekarang,” jelasnya.

Pak Pong mengaku jika daging yang digunakan untuk pembuatan sate klathak ini berasal dari kambing yang disembelih sendiri setiap hari.

“Di hari-hari biasa, kami bisa menyembelih 20-30 ekor kambing sehari. Sementara saat akhir pekan maupun momen libur panjang, seperti lebaran, kami bisa menyembelih hingga 40-50 ekor kambing sehari. Dengan jumlah tersebut, kami bisa meraih omzet sekitar Rp35-50 juta per bulan,” imbuhnya.

Tempat makan ini ternyata juga punya menu lain yang difavoritkan pelanggan, yaitu Krenyos dan Tengkleng Kambing. Krenyos sendiri merupakan daging sandung lamur kambing yang digoreng dengan bumbu garam dan disantap dengan sambal bawang mentah atau sambal kecap. Banyak pelanggan yang memesannya, terutama anak-anak muda, sehingga kedua menu tersebut kerap habis duluan.

Pak Pong mengakui jika tempatnya ramai dijadikan tempat buka bersama saat Ramadan, dan semakin membeludak pengunjungnya jelang lebaran, “Mungkin karena di akhir-akhir Ramadan sudah mulai banyak orang yang mudik ke Yogyakarta, sehingga setiap H-5 lebaran Sate Klathak Pak Pong ini selalu ramai sampai H+10 lebaran. Tak jarang, omzetnya bisa mencapai Rp50 juta per bulan”, ungkapnya.

Saking melegendanya, Sate Klathak Pak Pong ini bisa membuat pelanggannya rela mengantre hingga dua jam. Karena tempat duduk yang terbatas, tidak jarang pengunjung harus berdiri sampai ada kursi yang kosong. Apalagi saat lebaran, Sate Klathak Pak Pong juga menyediakan paket hemat untuk beberapa orang yang sudah berisikan Sate Klathak, Tengkleng, Kreyos, Gulai dan menu andalan lainnya, sehingga pelanggan tak perlu ribet lagi pesan menu. Maka dari itu, jangan lupa ajak keluarga maupun orang terdekat lainnya saat mudik atau libur lebaran untuk mampir ke Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa sesuai dengan amanah pemerintah, program KUR bertujuan meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

“BRI mendapatkan kuota penyaluran KUR terbesar pada tahun 2024, yakni sebesar Rp165 triliun. BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp27,2 triliun sepanjang Januari-Februari 2024 kepada 561.000 debitur. Jika dihitung, penyaluran tersebut sekitar 16,5% dari total jatah KUR yang disalurkan BRI tahun ini,” imbuhnya.

Dengan realisasi KUR awal tahun 2024 ini, BRI optimistis bisa mencapai target dari penyaluran KUR tahun ini dengan menerapkan strategi bisnis berkelanjutan. Strategi bisnis mikro BRI di tahun 2024 akan fokus pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan. BRI sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi.***

Menko PMK Muhadjir: Penanganan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Alami Capaian Sangat Baik

Menko Muhadjir didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berikan keterangan terkait evaluasi penanganan arus mudik dan arus balik pada H+4 Idul Fitri di Pos Pantau Cikampek KM 70, pada Senin (15/4).

Menko Muhadjir didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berikan keterangan terkait evaluasi penanganan arus mudik dan arus balik pada H+4 Idul Fitri di Pos Pantau Cikampek KM 70, pada Senin (15/4).

JATIMRAYA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama jajaran terkait melakukan evaluasi penanganan arus mudik dan arus balik pada H+4 Idul Fitri di Pos Pantau Cikampek KM 70, pada Senin (15/4).

Menko PMK menyampaikan, meskipun terjadi beberapa insiden di sejumlah titik ruas tol, secara umum penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 mengalami capaian yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Secara umum capaian-capaiannya sudah sangat baik dari tahun 2023, ada perbaikan, terutama dari sisi angka kecelakaan, karena memang yang kita utamakan adalah keselamatan, bahkan idealnya memang harus zero accident,” ujar Menko PMK.

Muhadjir menerangkan, capaian penanganan mudik tersebut diindikasi dari beberapa hal, di antaranya rata-rata angka kecelakaan yang menurun, angka korban meninggal, hingga penurunan jumlah santunan yang diberikan oleh pihak-pihak terkait.

“Dibanding tahun lalu, rata-rata angka kecelakaan, angka meninggal, dan jumlah santunan yang harus dikeluarkan mengalami penurunan yang cukup signifikan,” jelas Muhadjir.

Dia turut menghimbau para ASN untuk memanfaatkan kebijakan work from home yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, terutama bagi ASN yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk kembali bekerja. Hal itu, lanjut Muhadjir, akan turut membantu mereduksi intensitas kendaraan yang melintasi jalur tol.

“ASN yang tidak punya kepentingan mendesak untuk kembali kerja, silakan memanfaatkan kebijakan work from home. Kalau ada ASN mengambil keputusan itu, itu berarti membantu kami, membantu meringankan beban kami, sehingga kemungkinan puncak arus balik malam nanti bisa kita reduksi, untuk kita ratakan untuk dua tiga hari ke depan,” imbau Muhadjir.

Selain itu, Menko PMK juga menginformasikan  kepada pemudik bahwa ruas Tol Bocimi telah dapat digunakan untuk arus balik dengan satu lajur pasca terjadi tanah longsor di KM 64. Sementara, ruas Tol Japek II Selatan juga dapat digunakan oleh pemudik selama 24 jam dengan penerangan jalan yang sudah memadai.

“Ruas tol Bocimi bisa digunakan satu jalur dan kemudian jalur Japek II Selatan yang semula hanya bisa digunakan untuk siang hari sekarang bisa 24 jam, sehingga nanti kalau ada kemacetan, bisa dijadikan pintu keluar salah satu alternatif,” ujar Menko PMK.

Turut hadir dalam evaluasi penanganan arus mudik dan arus balik tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta perwakilan dari jajaran kementerian dan lembaga terkait. (Andy Setiawan)***

Oleh-oleh Khas Keripik Tempe Rohani Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pinjaman BRI

JATIMRAYA.COM – Bagi wisatawan yang datang ke Kota Malang dan sedang mencari oleh-oleh, kawasan Sanan yang berada di kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, selalu menjadi destinasi yang tak pernah ketinggalan.

Di sinilah pusat dari Sentra Industri Keripik Tempe Khas Malang yang selalu ramai oleh pengunjung, terutama di bulan Ramadan hingga musim mudik Lebaran setiap tahunnya.

Sebagai kawasan sentra industri, deretan usaha rumahan yang berada di dalam gang hingga outlet berjejeran di pinggir jalan bisa dijumpai di kawasan tersebut.

Salah satu yang jadi favorit dan selalu dipenuhi pengunjung adalah Keripik Tempe Rohani yang saat ini dijalankan oleh Maria Ulfa. Berawal dari industri rumahan hingga saat ini menjadi salah satu merek pilihan oleh-oleh khas Malang.

Maria bercerita bahwa usaha keripik tempe ini awalnya dibangun oleh kedua orang tuanya sejak tahun 1988. Nama Rohani sendiri dipilih karena merupakan nama sang ayah.

“Awalnya dulu kita belum ada outlet, masih usaha rumahan. Jadi, mulai dari proses produksi sampai pemasaran semuanya dari rumah. Alhamdulillah dari tahun ke tahun semakin meningkat, sampai di tahun 2011 itu kami ada kesempatan dan rezeki untuk punya outlet di pinggir jalan raya. Dari situ Alhamdulillah Rohani semakin dikenal,” ceritanya.

Industri keripik tempe sebagai oleh-oleh khas yang dikelolanya ini bukan berarti tanpa tantangan. Banyaknya pelaku usaha serupa di kawasan Sanan yang membuat Maria harus terus memikirkan strategi bisnis yang tepat agar Keripik Tempe Rohani punya ciri khas tersendiri.

“Strategi yang kita lakukan ada di peningkatan pelayanan, mempertahankan kualitas produk, dan juga melakukan inovasi. Jadi selain memproduksi keripik tempe, kami juga punya produk inovasi, seperti brownies tempe, spiku tempe dan cookies tempe. Selain itu, kami mengikuti perkembangan zaman. Kalau dulu pemasaran hanya offline, sekarang ada online juga. Di channel-channel penjualan online kami ada semua. Supaya kita nggak ketinggalan zaman dengan anak muda sekarang,” lanjutnya.

Pada tahun 2011, Keripik Tempe Rohani ingin mengembangkan bisnisnya dan membutuhkan modal cukup besar. Saat itulah pinjaman KUR dari BRI yang diajukan oleh ibunya membantu proses tersebut.

“Pinjaman KUR dari BRI ini sebenarnya kami terima waktu awal kami mulai punya outlet. Waktu itu kan butuh modal untuk mengisi toko, karena dari yang tadinya hanya di rumah pindah ke outlet pasti butuh banyak biaya seperti untuk display dan untuk barang-barang lain selain keripik tempe. Alhamdulillah kami mendapat pinjaman dari BRI yang membantu kami untuk muter usaha juga dan semakin berkembang sampai sekarang,” kenang Maria.

Keripik Tempe Rohani sendiri juga merupakan UKM binaan Rumah BUMN. Maria menilai banyak kegiatan positif dari Rumah BUMN yang membantu kemajuan usahanya. “Kalau untuk pendampingan, kami juga UKM binaan Rumah BUMN. Nah itu kami ada kesempatan bisa diajak pameran, kami sempat ikut event Pesta Rakyat Simpedes BRI.

Sempat juga produk kami dibawa BRI ekspor ke Meksiko kalau nggak salah. Selain itu kalau ada kelas-kelas bisnis dari Rumah BUMN, diundang juga supaya bisa lebih upgrade dengan ilmu bisnis,” lanjutnya.

Tingginya Permintaan di Bulan Ramadan

Di musim high season seperti Ramadan hingga mudik Lebaran, Maria mengaku permintaan produk Keripik Tempe Rohani juga ikut meningkat. “Jadi kalau misal penjualan harian biasanya hanya 1 digit, sekarang bisa sampai 2 digit. Untuk peningkatannya bisa sekitar 50-60%, bahkan sebelum pandemi itu sampai 100% per hari,” ungkapnya.

Ia pun melakukan antisipasi dengan menyiapkan stok produksi yang sudah dijadwalkan sejak H-7 puasa. Bahkan selama Ramadan hampir tidak ada libur karena tingginya permintaan yang tidak hanya datang dari wisatawan, tapi juga dari reseller, toko oleh-oleh, hingga instansi yang sudah berlangganan.

“Sebelum H-7 itu sudah kami tuntaskan pesanan reseller dan kami distribusikan, setelah itu kami bisa fokus di penjualan retail di toko. Jumlah pengunjung mulai meningkat di toko H-7 Lebaran. Kalau masih awal-awal puasa masih sepi, jadi bisa kita fokuskan pada orderan reseller itu”, lanjut Maria.

Ke depannya, Maria berharap agar ia dan usahanya Keripik Tempe Rohani bisa semakin aktif lagi diajak mengikuti event-event BRI, baik itu pameran maupun pembinaan dari Rumah BUMN. Bagi yang sedang atau akan merencanakan mudik ke kota Malang, Keripik Tempe Rohani bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh khas daerah yang tak pernah ketinggalan zaman.

Selain bisa mencicipi keripik tempe original yang gurih dan kaya rempah, ada juga produk inovasi olahan tempe lainnya yang tak kalah menarik untuk jadi buah tangan keluarga atau kerabat. Jangan lupa mampir ya, outlet Keripik Tempe Rohani berada di sentra industri Sanan, tepatnya di Jalan Tumenggung Suryo No 90, Purwantoro, Blimbing, Malang.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menambahkan bahwa penyaluran pembiayan kepada UMKM oleh BRI selalu mengedepankan pendampingan dan pemberdayaan yang secara langsung membantu dan mendorong peningkatan kapabilitas pelaku usaha tersebut.

“BRI selalu konsisten dalam memberikan dukungan permodalan bagi pelaku UMKM dan memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada nasabah. Cerita produsen sekaligus pelaku UMKM Keripik Tempe Rohani Malang ini menjadi salah satu contoh bagaimana pendampingan dan pemberdayaan yang kami berikan dapat mendorong pelaku UMKM naik kelas”, tegasnya.***

Arus Balik 2024, Menko Muhadjir Lakukan Peninjauan di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy saat tinjau di Pelabuhan Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy saat tinjau di Pelabuhan Bakauheni.

JATIMRAYA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau para pemudik dari arah Pulau Sumatera yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa untuk memaksimalkan keberadaan Pelabuhan Panjang yang telah dijadikan sebagai alternatif penyeberangan Sumatera-Jawa.

“Kita harus betul-betul memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan Pelabuhan Panjang, karena ini sebetulnya sangat strategis dan membuat para pemudik lebih efisien, menghemat waktu, menghemat BBM, dan tentu saja tingkat kelelahannya juga bisa dikurangii. Khususnya untuk pemudik dari atau yang melewati Bandar Lampung,” ujar Menko Muhadjir usai melakukan koordinasi dan meninjau Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, pada Minggu (14/4).

Menko Muhadjir menjelaskan, pemudik dari arah Bandar Lampung akan memakan waktu lebih singkat untuk menuju ke Pelabuhan Panjang dibandingkan dengan Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan BBJ. Meskipun waktu tempuh penyeberangan ke Pulau Jawa akan relatif lebih lama, pemudik dapat memanfaatkannya untuk beristirahat selama berada di kapal dan menikmati perjalanan dengan lebih santai.

“Memang ada waktu yang lebih panjang di perjalanan lautnya, tetapi kan itu justru malah bagus untuk santai-santai, untuk menikmati suasana arus balik daripada capek-capek di jalan, saya kira lebih bagus beristirahat di kapal,” jelas Menko PMK.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Pelabuhan Panjang telah dibuka sebagai opsi penyeberangan alternatif yang nantinya akan bersandar di Pelabuhan Merak maupun Ciwandan. Di pelabuhan tersebut, terdapat tiga opsi penyeberangan yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik roda dua dan kendaraan kecil lain dengan waktu operasional pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Selain itu, Menko Muhadjir juga menyebut secara terus telah dilakukan berbagai macam perbaikan dan optimalisasi melalui koordinasi antara Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Lampung, TNI-Polri, PT ASDP, Pelindo serta seluruh pemangku kepentingan terkait yang ada di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. Termasuk dalam mengantisipasi cuaca dan gelombang yang diprediksi masih akan terjadi di Selat Sunda.

“Mudah-murahan cuaca dan gelombang pada saat arus mudik ini baik-baik saja, sehingga tidak akan menggangu timeline yang telah disepakati oleh semua stakeholder yang tadi dipimpin oleh Bapak Menteri Perhubungan,” ujar Muhadjir.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi, serta Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito.(Andy Setiawan)***

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

JATIMRAYA.COM – Momen bahagia mudik bersama keluarga menjadi rutinitas masyarakat setiap tahunnya, terutama pada libur Hari Raya.

Untuk menemani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan aktivitas selama mudik maupun arus balik libur lebaran, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyediakan Posko Mudik BRImo di titik-titik strategis rute mudik hingga 16 April 2024.

Posko tersebut disediakan dengan berbagai aktivitas untuk membantu kenyaman transaksi, seperti membeli maupun top up BRIZZI, buka dan mendaftar BRImo, serta games seru lainnya.

Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto mengatakan bahwa BRI memberikan beragam fasilitas menarik dan tentunya dapat dinikmati para pemudik di posko strategis.

“Ini menjadi Upaya BRI terus memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur lebaran,” ungkap Andrijanto.

Sebagai informasi, Super Apps BRImo pun memang dirancang untuk memudahkan nasabah memenuhi kebutuhan transaksi.

Tak terkecuali dalam mengalokasikan uangnya dalam bentuk zakat, infaq dan sedekah untuk orang-orang yang membutuhkan.

Atas keunggulan BRImo, aplikasi serba bisa ini tercatat per Desember 2023 telah digunakan sebanyak 31,6 juta user, meningkat 32,5% year-on-year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di samping itu, jumlah transaksi super app BRImo mencapai 3 miliar kali transaksi atau bertumbuh 69,2% yoy.

Adapun untuk volume transaksi mencapai Rp4.158 triliun atau naik 55,8% yoy. Hal ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi terhadap mobile banking tersebut.

Adapun berikut daftar Posko Mudik BRImo:

1. Rest Area KM 14 B Jakarta-Tanggerang

2. ⁠Rest Area KM 45 A Jagorawi

3. ⁠Rest Area KM 57 A Jakarta-Cikampek

4. ⁠Rest Area KM 62 B Jakarta-Cikampek

5. ⁠Rest Area KM 72 A Purbaleunyi

6. ⁠Rest Area KM 102 A Cipali

7. ⁠Rest Area KM 260 B Pejagan-Pemalang

8. ⁠Rest Area KM 519 A Solo-Ngawi

Info selengkapnya dapat dilihat di laman http://bbri.id/mudikbersamabrimo.***

Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Pemerintah Terapkan Skema One Way di Tol Trans Jawa

Menko Muhadjir menyempatkan mampir ke stand UMKM khas Brebes di Rest Area KM 260 B Brebes.

Menko Muhadjir menyempatkan mampir ke stand UMKM khas Brebes di Rest Area KM 260 B Brebes.

JATIMRAYA.COM – Pemerintah dan PT Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas one way pada periode arus balik Lebaran di Tol Trans Jawa.

One way diterapkan dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Km 72 GT Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Skema one way berlaku di Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Semarang hingga Cikampek pada hari ini, Sabtu (13/4/2024) mulai pukul 15.00 WIB.

Penerapan skema one way dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya. Mengingat bahwa saat ini sudah memasuki puncak arus balik yang ditandai dengan peningkatan volume kendaraan.

“Kita sepakati bahwa mulai hari ini akan kita berlakukan one way, satu jalur dari arah timur Kalikangkung ke Jakarta. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat membuka secara resmi penerapan rekayasa arus lalu lintas skema satu arah atau one way di Gerbang Tol Kalikangkung, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (13/4/2024).

Menko Muhadjir menyampaikan, upaya satu jalur ini diterapkan untuk memperlancar arus balik, dan menghindari penumpukan kendaraan. Sehingga, Muhadjir meminta kepada seluruh masyarakat yang menggunakan jalan untuk arus balik dapat mematuhi semua aturan yang ada.

“Saya mohon semua pemudik betul-betul mematuhi apa yang sudah ditetapkan, cek dulu e-tol, BBM nya. Manfaatkan rest area sepanjang perlu dan jangan berlama-lama,” ungkapnya.

Selain itu, Muhadjir meminta masyarakat supaya tidak memaksakan untuk masuk ke rest area bila penuh. Bila terdesak untuk beristirahat, dia meminta supaya masyarakat bisa ke luar jalan tol untuk beristirahat di kawasan sekitar, dan tidak membahayakan diri dengan berisitirahat di bahu jalan.

“Sekali lagi jangan sampai parkir di bahu jalan. Kalau rest area sudah penuh sebaiknya keluar ke pintu tol terdekat. Untuk putar-putar sebentar, bisa cari oleh-oleh di sekitar tol, di jalur arteri,” jelasnya.

Pembukaan penerapan skema one way dilakukan secara simbolis dengan mengangkat bendera oleh Menko PMK, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Kakorlantas Irjen Aan Suhanan, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Setelahnya, barisan mobil langsung start dan melintasi jalur one way menuju Jakarta dan sekitarnya. Muhadjir juga sempat berinteraksi dengan para pengendara yang akan melakukan perjalanan balik. Dia memberikan pesan supaya berhati-hati dalam perjalanan, dan memberikan bingkisan pada anak-anak dan bunga.

Kemudian, Menko PMK bersama Menhub langsung menyusuri penerapan jalur one way Start dari Gerbang Tol Kalikangkung menuju ke Jakarta.

Dalam perjalanannya, Menko PMK masih melihat adanya pelambatan jalur yang menuju rest area.

“Saya dengan Pak Menhub ini membersamai para pemudik yang mengambill jalur satu, one way dari Kalikangkung Semarang. Dalam perjalanan lancar, ada melambat ketika depan rest area saya rasa masih sangat wajar,” ucapnya.

Menko Muhadjir juga menyempatkan mampir di Rest Area KM 260 B Brebes. Muhadjir mampir ke stand UMKM oleh-oleh khas Brebes, dan berinteraksi dengan masyarakat yang sedang beristirahat. Dia juga mampir ke stand penjual lukisan yang kemudian membeli beberapa buah lukisan untuk dikoleksi.

“Yang terpenting mudah-mudahan dengan kebijakan one way penanganan arus balik bisa berjalan dengan baik,” ujar Muhadjir Effendy.

Dalam perjalanan, Muhadjir juga mampir meninjau rest area KM 130 A. Di sana, dia melihat masih terdapat permasalahan antrian panjang toilet perempuan. Dalam kesempatan itu dia langsung menelpon pengelola rest area dan meminta supaya segera ditindaklanjuti ditambahkan toilet fungsional yang belum berfungsi dan juga tambahan air bersih dari PDAM. Menko Muhadjir juga menghubungi Bupati Indramayu agar mengirimkan bantuan mobil tangki air. (Andy Setiawan)***

Open House, Ribuan Masyarakat Sidoarjo Bersilaturahmi dengan Bupati Sidoarjo Beserta Istri

Open house halal bihalal Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan istri bersilaturahmi dengan masyarakat di Pendopo Delta Wibawa.

Open house halal bihalal Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan istri bersilaturahmi dengan masyarakat di Pendopo Delta Wibawa.

JATIMRAYA.COM – Hari pertama open house halal bi halal bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali beserta istri Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor disambut antusiasme yang luar biasa oleh masyarakat Sidoarjo, Sabtu, (13/4/2024).

Ribuan masyarakat Sidoarjo beramai-ramai datang di Pendopo Delta Wibawa untuk bersilaturahmi langsung dengan Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo. Masyarakat yang datang juga berjajar rapi untuk antri bersilaturahmi sekaligus foto bersama dengan Gus Muhdlor.

Di sela-sela waktunya, Gus Muhdlor menyampaikan, bahwa silaturahmi saat momen lebaran ini merupakan hal yang baik bagi umat muslim untuk lebih mempererat tali persaudaraan.

“Tentunya, Pendopo ini terbuka lebar dan seluas-luasnya bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Semoga dalam momentum yang baik ini membawa keberkahan dan membuka pintu rezeki, serta menjadikan kita semua pribadi yang lebih baik lagi dalam memaknai kehidupan,” tuturnya.

Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kerjasama yang baik dalam menjadikan Sidoarjo lebih berkembang dan maju. Tak lupa, ia juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah serta mohon maaf lahir dan batin.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, semoga ditahun ini Sidoarjo menjadi lebih baik lagi serta kita semua menjadi pribadi yang baik yang mampu berkontribusi untuk Sidoarjo,” ucapnya.

Sementara itu warga Kecamatan Sidoarjo, Ariani rela antri setengah jam agar keinginannya bisa salaman dengan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor dan Ning Sasha sapaan akrab Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor terwujud.

Ia juga mengaku senang karena baru pertama kali mengikuti open house dengan Bupati Sidoarjo.

“Senang sekali bisa salaman dengan Pak Bupati dan Ibu Bupati, ini pertama kalinya saya masuk ke pendopo ikut halal bi halal. Tadi antri kurang lebih setengah jam. Makanan juga banyak pilihan langsung ambil sendiri di rombong-rombong ada bakso, soto, mie ayam, sate batagor, jajanan dan minuman juga banyak tersedia,” ujar Ariani.

Pada kesempatan yang baik itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali juga didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Usman beserta istrinya, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing, Dandim 0816 Letkol Inf. Guntung Dwi Prasetyo, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sidoarjo Noer Rachmawati, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo Rudi Setiawan.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Heni Kristiani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA), Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Yudhi Irianto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Tirto Adi, Asisten II Makhmud, serta jajaran pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Sidoarjo lainnya. (Andy Setiawan)***

Ekonom Senior Beber 3 Alasan Utama Serangan Iran ke Israel akan Dongkrak Inflasi Indonesia

Ekonom senior Bambang Brodjonegoro. (Dok. Setkab.go.id)

Ekonom senior Bambang Brodjonegoro. (Dok. Setkab.go.id)

JATIMRAYA.COM – Serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam, dapat menimbulkan adanya potensi peningkatan inflasi Indonesia.

Hal ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama baik secara internal maupun eksternal.

Pertama, tingginya inflasi harga pangan bergejolak (volatile food) yang masih menjadi faktor utama terhadap inflasi Indonesia.

Kedua, inflasi pada harga barang yang diatur pemerintah seperti bahan bakar minyak (BBM) serta liquefied petroleum gas (LPG).

Ketiga, inflasi yang berasal dari luar negeri atau imported inflation akibst kenaikan harga-harga di luar negeri, pelemahan rupiah serta gangguan distribusi global.

Hal tersebut disampaikan oleh ekonom senior Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin.(15/4/2024).

Baca artikel lainnya di sini : Mayoritas Pelajar, Kemlu Pastikan Terus Monitor Sebanyak 376 orang WNI Pasca Israel – Iran Saling Serang

Kekhawatiran akan peningkatan inflasi ini utamanya disebabkan oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebagai imbas dari eskalasi konflik di Timur Tengah.

“Saat ini kita punya inflasi agak sedikit di atas target, terutama karena inflasi harga pangan bergejolak, terutama harga beras.”

Baca artikel lainnya di sini : Mengenai Penyusunan Kabinet Presiden Terpilih Prabowo, Budiman Sudjatmiko Ungkap Perkembangan Terbaru

“Dengan adanya kejadian (konflik) Iran-Israel ini, tentunya bergantung pada seberapa jauh harga minyak akan melonjak,” kata Bambang.

“Perkiraan saya kalau mengenai inflasi, ada tekanan inflasi yang akan lebih tinggi,” ujarnya.

Bambang menyampaikan dalam diskusi “Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI” yang diselenggarakan oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan tingkat inflasi tahunan (year on year/yoy) terakhir pada Maret 2024 sebesar 3,05 persen.

Atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 102,99 pada Maret 2023 menjadi 106,13 pada Maret 2024.***

Artikel di atas, sudah dìterbitkan di portal berita Bisnis Infofinansial.com

Sempatkan juga untuk membaca berbagai berita dan informasi lainnya di media online Apakabarnews.com  dan Harianekonomi.com   

Pastikan juga download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Sedangkan untuk publikasi press release di media online ini, atau pun serentak di puluhan media lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com.

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.

Israel – Iran Saling Serang, Kemlu Pastikan Terus Monitor Sebanyak 376 orang WNI Mayoritas Pelajar di Iran

Direktorat Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha. (Dok. Kemlu.go.id)

Direktorat Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha. (Dok. Kemlu.go.id)

JATIMRAYA.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI bersama KBRI Teheran dan perwakilan RI di Timur Tengah terus memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI).

Hal tersebut dilakukan Kemlu seiring ketegangan antara Israel dan Iran dan terjadinya saling serang di antara kedua negara.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI, Judha Nugraha menyampaikan hal itu dalam keterangannya, Sabtu (13/4/2024).

Sebagai informasi, ketegangan antara Israel dan Iran kian memanas pasca-serangan udara yang menewaskan para komandan senior Iran.

Terkait peristiwa ini, Iran telah mengancam akan membalas Israel atas serangan di Damaskus, Suriah, 1 April lalu.

“Sesuai SOP, setiap perwakilan RI wajib memiliki rencana kontingensi untuk antisipasi situasi kedaruratan bagi perlindungan WNI,” ujar Judha Nugraha.

Baca artikel lainnya di sini : Mengenai Penyusunan Kabinet Presiden Terpilih Prabowo, Budiman Sudjatmiko Ungkap Perkembangan Terbaru

“Kemlu bersama KBRI Teheran dan perwakilan RI di Timur Tengah terus memonitor situasi di kawasan,” sambungnya.

Lebih lanjut Judha mengatakan, saat ini jumlah WNI di Iran tercatat sebanyak 376 orang.

Baca artikel lainnya di sini : Bamsoet Dukung Pemisahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sebagian besar dari mereka adalah pelajar atau mahasiswa dan bertempat tinggal di Kota Qom.

“Jumlah WNI di Iran sebanyak 376 orang dan mayoritas adalah pelajar/mahasiswa yang bertempat tinggal di Kota Qom,” ujarnya.

Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia mempunyai tugas merumuskan, melaksanakan dan mengoordinasikan kebijakan di bidang penyelenggaraan hubungan luar negeri dan politik luar negeri.

Dalam lingkup pelayanan dan pelindungan warga negara Indonesia di luar negeti.

Meliputi penyelesaian kasus, penguatan kelembagaan, pengembangan kerja sama, dan penyelenggaraan sistem dan teknologi informasi.

Hal itu sesuai dengan Pasal 430 huruf e, Peraturan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia No. 6 tahun 2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Luar Negeri.***

Artikel di atas, sudah dìterbitkan di portal berita nasional Terkinipost.com

Sempatkan juga untuk membaca berbagai berita dan informasi lainnya di media online Topiktop.com  dan Harianinvestor.com   

Pastikan juga download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Sedangkan untuk publikasi press release di media online ini, atau pun serentak di puluhan media lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com.

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

JATIMRAYA.COM – Jika ada yang bilang ide usaha bisa datang dari mana saja, tampaknya tidak berlebihan. Sebab, hal tersebut juga dialami oleh perempuan bernama Tatiek Indah Purwanti Handayani.

Bermula dari dirinya yang kerepotan menyiapkan makanan sehat tanpa MSG untuk keluarganya, karena kesibukan bekerja sebagai tenaga kesehatan, Tatiek lantas tercetus ide membuat usaha ayam dan bebek ungkep bernama Ummu Ayya.

Adapun nama Ummu Ayya sendiri diambil dari nama sang anak dan punya arti Ibunya Ayya. Usaha ini berlokasi di Tengengwetan, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

“Makanan itu bisa disimpan lama, dan jika ingin menyajikannya tinggal digoreng, dibakar, dimasak semur, opor dan lainnya, tanpa butuh waktu lama. Rupanya, banyak teman-teman yang penasaran dengan ayam dan bebek ungkep buatan saya. Mereka coba pesan dan ternyata menyukainya. Dari situlah saya kemudian membuka usaha Ummu Ayya ini pada November 2016,” ungkap Tatiek.

Diakui Tatiek jika usahanya membutuhkan peralatan yang memadai, sehingga ia akhirnya memutuskan untuk mencari pinjaman modal usaha lewat KUR BRI.

“Untuk membuat ayam dan bebek ungkep frozen yang berkualitas dan higienis, diperlukan alat khusus yang tidak murah. Saya dan suami yang mengawali usaha ini bersama, akhirnya memutuskan pinjam KUR BRI secara bertahap pada tahun 2017” imbuhnya.

Modal tersebut digunakan untuk membeli alat vakum yang berkualitas, freezer, di samping juga untuk membeli bahan baku.

Dengan fasilitas tersebut, dari yang tadinya hanya menjual 3 ekor/pack saja, kini Ummu Ayya bisa ratusan bahkan ribuan ekor/pack tiap bulan.

Lebih lanjut, Tatiek menjelaskan jika di awal-awal usahanya dilakukan di dapur rumah. Namun, seiring dengan berkembangnya usaha Ummu Ayya, Tatiek kemudian mendirikan rumah produksi sendiri dan mempekerjakan beberapa orang pegawai.

Produk Ummu Ayya punya keunggulan tanpa tambahan kimia 5P, yaitu pengawet, pewarna pengenyal, pemanis dan perasa kimia (MSG) buatan. Meski begitu, cita rasanya tetap lezat dan gurih. Setiap satu pack berisi satu ekor ayam dan bebek ungkep dalam kemasan frozen yang bisa bertahan hingga 6 bulan penyimpanan. Kualitasnya pun semakin terjamin, karena produk Ummu Ayya telah mengantongi izin edar MD BPOM dan sertifikat halal.

“Dalam sehari Ummu Ayya bisa menjual sekitar 35 ekor/pack ayam dan bebek ungkep frozen. Namun, penjualannya bisa mencapai ribuan ekor/pack saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran seperti sekarang. Bahkan, ada beberapa pelanggan yang pesan juga sebagai hampers Lebaran. Sementara kalau dari sisi omzet, Ummu Ayya bisa menghasilkan Rp30 juta sampai Rp40 juta per bulan. Omzet tersebut bisa naik 4-5 kali lipat di bulan Ramadan,” jelas Tatiek.

Selain Bebek dan Ayam Ungkep sebagai produk utamanya, Ummu Ayya juga menjual Ayam Broiler Ungkep, Ayam Kota Ungkep, dan Ayam Crispy. Adapun harga Ayam Ungkep per pack/ekornya mulai dari Rp40 ribu dan untuk Bebek Ungkep mulai dari Rp75 ribu. Semua dijual dalam kemasan frozen.

Walau tanpa tambahan MSG, Tatiek menjamin kini Ummu Ayya sudah memilih 70 agen dan reseller yang tersebar di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Batang, Pemalang, Brebes, Tegal, Semarang, kemudian ada juga agen dan reseller di Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan lainnya.

Tatiek berharap ke depan usahanya dapat dukungan pelatihan dan pendampingan usaha, serta bantuan pemasaran dengan skala yang lebih luas, sehingga Ummu Ayya semakin berkembang dan produknya makin banyak dinikmati pelanggan di luar Jawa Tengah.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa disamping memberikan dukungan permodalan bagi pelaku UMKM, BRI juga terus memberikan pendampingan kepada nasabah dalam pengembangan produk hingga upaya digitalisasi pelaku UMKM.

“Kisah Ibu Tatiek ini menjadi salah satu contoh bagaimana pembiayaan yang diberikan serta pendampingan usaha yang BRI berikan dapat mendorong dan manaikkelaskan kapasitas usaha pelaku UMKM”, tegasnya.***

Menko PMK Muhadjir: Skema Penanganan Penyeberangan dari Sejumlah Titik Sudah Disiapkan

Gubernur Lampung Arimal Djunaidi, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di Markas Besar Polda Lampung, pada Jumat (12/4).

Gubernur Lampung Arimal Djunaidi, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di Markas Besar Polda Lampung, pada Jumat (12/4).

JATIMRAYA.COM – “Mudah-murahan di dalam penanganan arus balik nanti berjalan lancar, tidak ada halangan, tidak ada kecelakaan, dan tentu saja semuanya bisa kembali ke tempat kerja, kembali ke tempat semula dengan bahagia, ceria, dan penuh makna,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Dia mengatakan hal itu usai melakukan rapat koordinasi penanganan sejumlah titik penyeberangan dari Lampung menuju Banten di Markas Besar Polda Lampung, pada Jumat (12/4).

Sejumlah titik penyeberangan yang disiapkan oleh jajaran terkait dalam menyambut arus balik lebaran 2024 di antaranya, Pelabuhan Bakauheni, Panjang, dan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Provinsi Lampung menuju ke Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara di Provinsi Banten.

Termasuk berbagai skenario delay system dan kesiapan buffer zone di rest area. Pengangkutan roda dua dilaksanakan penurunan di pelabuhan Ciwandan, yang nantinya dilakukan pengawalan oleh Polda Banten.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, skema penanganan penyeberangan dari sejumlah titik pelabuhan dari Provinsi Lampung telah menemui titik temu dan diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik di lapangan.

“Ada beberapa hal yang sudah kita putuskan (dalam rapat), tinggal bagaimana kita bisa menegakkan dan mengawal implementasinya di lapangan,” ucap Muhadjir.

Secara teknis, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, telah dibuka opsi penyeberangan alternatif melalui Pelabuhan Panjang menuju ke Pelabuhan Merak atau Ciwandan dengan akses lebih dekat dengan Kota Bandar Lampung yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik.

“Tentunya lebih efisien lewat Panjang dan tidak perlu ke Bakauheni untuk warga Bandar Lampung khususnya. Ini harus disampaikan ke masyarakat secara masif,” ujar Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi menyebut terdapat tiga opsi kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Panjang dengan waktu keberangkatan pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB. Kendati demikian, Pelabuhan Bakauheni dan BBJ ditetapkan sebagai pelabuhan penyeberangan utama, sedangkan Pelabuhan Panjang hanya akan diperuntukan kepada kendaraan roda dua dan kendaraan kecil.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Gubernur Lampung Arimal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Helmy, Kapolda Banten, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno, Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi, serta Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito. (Andy Setiawan)***

Di Perlintasan Madiun, Sebuah Minibus Tertabrak KA Cepat Argo Semeru

Kereta api cepat Argo Semeru tabrak minibus penumpang di Perlintasan.

Kereta api cepat Argo Semeru tabrak minibus penumpang di Perlintasan.

JATIMRAYA.COM – Sebuah minibus berpenumpang 4 orang pemudik asal Pasuruan mengalami kecelakaan, ditabrak Kereta Api Cepat Argo Semeru di perlintasan tanpa palang pintu Desa Wonoasri, Kecamatan Wonoasri, Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/4/2024).

Beruntung para penumpang lekas menghambur keluar mobil untuk menyelamatkan diri, sebelum minibus butut tumpangannya dihajar si naga besi.

Para penumpang minibus termasuk pengemudinya yang sudah menjauh, mengetahui persis detik-detik kereta api itu menghancurkan kendaraannya.

Minibus warna merah tua itu terbanting dan berkali-kali terguling, sesaat setelah sisi depan mobil itu dihantam keras moncong lokomotif.

“Iya, mobil ditabrak kerata api cepat di perlintasan kereta api. Infonya mobil pemudik yang disopiri orang Pasuruan,” tutur Warsito, warga yang menonton kecelakaan itu, kepada jurnalis.

Kapolsek Wonoasri, AKP Eko Hariyanto, memberikan keterangan ihwal insiden tersebut, minibus Suzuki Carry bernomor polisi N 1157 XL yang dikemudikan Tarmuji meluncur dari arah Barat ke Timur.

Minibus itu, lanjut Eko Hariyanto, membawa 4 penumpang termasuk pengemudinya. Saat berada diperlintasan kereta api, mobil sempat berhenti untuk memastikan keamanan.

“Sopir meminta anaknya turun untuk melihat apakah ada kereta api. Karena aman, mobil beranjak jalan. Namun saat masuk rel, istrinya melihat kereta api bergerak dari kejauhan. Para penumpang langsung berhamburan,” jelas Eko Hariyanto.

Kereta Api Cepat Argo Semeru yang melintas dari arah Utara ke Selatan itu tak bergeming, dan terus meluncur melanjutkan misi perjalanannya.

Sementara kondisi minibus mengalami kerusakan berat di berbagai sisi kendaraannya. Hampir semua kacanya rontok, termasuk berbagai body kendaraan dedel duel.

Beberapa saat kemudian bangkai minibus dievakuasi petugas kepolisian setempat, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Andy Setiawan)***

Bupati Sidoarjo Gerak Cepat Tangani Banjir di Desa Semampir Sidoarjo

Warga terdampak banjir di Desa Semampir terima bantuan beras dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Warga terdampak banjir di Desa Semampir terima bantuan beras dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

JATIMRAYA.COM – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak jajaran Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda) serta stakeholder memberikan bantuan beras masing-masing 5kg kepada 500 warga terdampak banjir di Desa Semampir dan 200 warga di Desa Sedati Agung, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Dalam aksinya tersebut, Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo memastikan apa yang dibutuhkan warga terdampak banjir.

“Gerak cepat tanggap darurat ini adalah hal utama yang diperlukan warga, selain bantuan berupa sembako peran aktif puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada warga terdampak banjir juga sangat diperlukan,” katanya

saat membagikan bantuan berupa beras kepada warga terdampak banjir di Balai Desa Semampir, Kamis (11/4/2024).

“Sebab, jika banjir seperti ini mulai banyak warga yang terkena penyakit kulit yaitu gatal-gatal serta diare,” tambahnya.

Selain itu, perhatian Gus Muhdlor juga tertuju pada balita dan lansia. Dirinya memastikan pasokan bantuan biskuit serta susu untuk balita dan susu bagi lansia, serta ketersediaan air bersih.

“Hari ini saya merasa bangga sekali, bahwa mulai H+1 hari raya Idul Fitri mulai dari Bupati, Dandim, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Dinas, Camat serta Kades dengan semua jajarannya mau dan siap melayani masyarakat,” ucapnya.

Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo tersebut juga menyampaikan kepada semua warga untuk selalu bersyukur karena mempunyai Kepala Desa peduli terhadap warganya.

“Kepedulian Kepala Desa terhadap masyarakat akan sangat berarti untuk masyarakatnya. Kalau nanti BPBD sudah membuat SK tanggap bencana, maka bantuan yang datang akan lebih banyak lagi, termasuk dengan hadirnya Ketua DPRD yang melihat secara langsung dampak bencana sehingga pemerintah bisa dengan mudah menggelontorkan bantuan bagi warga terdampak banjir,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Semampir Luqman Mualim mengatakan terimakasih atas kehadiran rombongan Bupati untuk menyampaikan bantuan berupa beras kepada warga terdampak banjir Desa Semampir dan Desa Sedati Agung.

“Saya selaku kepala desa mohon maaf apabila belum bisa maksimal dalam menangani banjir, banjir kali ini merupakan banjir terparah sepanjang 10 tahun terakhir, dan pemerintah desa akan selalu berupaya dalam memperhatikan warga terdampak banjir,” jelasnya.

“Kami hampir tiap hari keliling untuk memastikan kondisi warga, apakah ada yang butuh perawatan atau bantuan dan harapan saya nanti ada bantuan tambahan berupa sembako kepada warga yang beberapa hari terendam banjir hampir 60 cm kedalamannya” tutupnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati beserta rombongan juga meninjau secara langsung banjir yang melanda selama beberapa hari menggenangi beberapa bagian desa dan secara langsung berdialog kepada warga terdampak. (Andy Setiawan)***

Muhadjir Minta Pada Masyarakat Agar Tertib dan Disiplin Ketika Lakukan Arus Balik 2024

Menko Muhadjir didampingi Menhub Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2024, di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek,pada Kamis (11/4/2024).

Menko Muhadjir didampingi Menhub Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2024, di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek,pada Kamis (11/4/2024).

JATIMRAYA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, penanganan arus mudik Lebaran tahun 2024 telah berlangsung lancar. Semua skema yang dipersiapkan pemerintah telah cukup berhasil dalam menangani lonjakan pemudik yang besar.

“Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum penanganan mudik tahun ini lancar,” ujarnya usai melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2024, di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek,pada Kamis (11/4/2024).

Muhadjir menyampaikan, keberhasilan ini berdasarkan indikator kecelakaan lalu lintas yang menurun dibandingkan tahun sebelumnya. “Ini indikator utama kita, sesuai dengan tema mudik tahun ini, yaitu ‘Mudik Ceria Penuh Makna’. Target kita sebetulnya idealnya adalah zero accident. Semakin mendekati zero semakin bagus,” ungkapnya.

Kemudian, dalam penanganan arus balik, Menko PMK menyatakan bahwa penanganan arus balik akan lebih menantang. Pasalnya akan ada peningkatan besar masyarakat yang akan memasuki wilayah Jakarta dan sekitarnya dari arah Jawa Tengah dan Timur.

“Karena kalau berangkat mudik itu pergerakannya sentrifugal menyebar. Itu relatif mudah. Ketika balik itu sentripetal. Semua mengerucut ke satu titik yaitu Jakarta dan sekitarnya,” jelasnya.

Menko Muhadjir menyatakan, akan dilakukan siasat khusus dalam dalam menangani arus balik. Terutama dalam peningkatan layanan di jalan tol, dan juga akan dilakukan skema arus lalu lintas supaya tidak terjadi hambatan dan penumpukan kendaraan.

“Kemungkinan akan ada peningkatan masyarakat pada arus balik. Supaya bisa diatur sedemikian rupa. Kita harapkan nanti mereka yang arus balik itu tidak akan mengalami hambatan ketika akan masuk wilayah Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Muhadjir pun meminta pada masyarakat agar dapat tertib dan disiplin terhadap semua peraturan lalu lintas, dan mematuhi imbauan yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri, Kemenhub, dan pihak penyedia jasa layanan jalan tol.

“Karena itu saya mohon kesadarannya para pemudik agar betul-betul mematuhi kedisiplinan agar semua yang akan masuk kembali bekerja di jakarta dan sekitarnya itu bisa dilayani dengan baik oleh Korlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan kementerian lembaga lain,” ungkapnya.

Selain itu, untuk arus balik penyeberangan, Menko Muhadjir meminta pada masyarakat yang akan kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera dan pulau lainnya agar bisa mempersiapkan tiket menyebrang sejak jauh-jauh hari.

Menurutnya, masih banyak kasus pemudik yang tidak tertib karena tidak memiliki tiket, membeli tiket pada hari keberangkatan, dan tidak menggunakan tiket sesuai dengan hari keberangkatan.

Muhadjir menyebut, bila masyarakat yang akan balik ke daerah asalnya bisa tertib dan disiplin dalam mematuhi urusan tiket dan penyeberangan, maka urusan penyeberangan akan bisa selesai.

“Jadi kalau itu semua yang akan balik melakukan itu, 30 persen urusan penyeberangan bisa selesai,” ucapnya.

“Mudah-mudahan dan saya berharap betul pada para pemudik yang akan kembali arus balik terutama dari Pelabuhan Bakauheni mohon untuk jangan datang sebelum punya tiket,” imbuh Muhadjir Effendy.

Rapat koordinasi turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, Dirut PT Jasa Raharja, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Dirut PT. Jasa Marga Subakti Syukur, Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto, Asops Kapolri Irjen Pol Verdianto dan para Direktur Lalu Lintas Polda Jaya, Lampung, Banten, Jabar, Jateng. (Andy Setiawan)***

Hujan Deras di Trenggalek Hanyutkan Sebagian Rumah dan Amblas Terbawa Arus

Sebuah rumah sebagian hanyut terbawa arus.

Sebuah rumah sebagian hanyut terbawa arus.

JATIMRAYA.COM – Di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sebuah rumah yang berdiri di bibir sungai amblas terbawa arus banjir, Kamis (11/4/2024). Dampak lain banjir, pemotor suami istri yang berboncengan terperosok tanah amblas yang tertutup genangan air.

Dampak buruk bencana hidrometeorologi itu diawali hujan intensitas sedang hingga deras, berlangsung selama 5 jam sejak Rabu (10/4/2024) pukul 22.00 hingga Kamis (11/4/2024) pukul 03.00 di wilayah Kecamatan Munjungan.

Air hujan yang tertampung Sungai Bungur, Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, berakibat banjir dan mengalir deras. Sedangkan rumah kosong milik almarhum Soimah berdiri persis di bibir sungai tersebut.

“Air sungai yang mengalir deras menggerus tebing sungai. Hingga menghanyutkan sebagian rumah tersebut, dan amblas terbawa arus,” kata sumber BPBD Trenggalek kepada jurnalis.

Kecuali itu, di lokasi lain desa yang sama terjadi pemotor suami istri yang sedang berboncengan, terperosok tanah amblas akibat ‘kamuflase’ genangan air. Sepeda motor berikut penumpangnya ‘termakan’ lobang sedalam tak kurang 5 meter, keduanya mengalami luka-luka di dada, tangan dan kaki.

Sebelum terperosok lobang, Suyitno mengendarai motor memboncengkan istrinya, Solikatun, bermaksud menuju Dusun Pucung, Desa Munjungan. Tiba di lokasi kejadian, Solikun menerjang genangan air yang ternyata di bawahnya berupa tanah amblas.

“Kedua korban berhasil ditolong dan diselamatkan warga masyarakat sekitar. Dibawa berobat ke Puskesmas terdekat,” tutur Sardimas, warga setempat.

Evakuasi sepeda motor milik korban dilakukan aparat penanggulangan bencana bersama warga desa setempat. Menggunakan tangga dan tali, motor korban berhasil ditarik dan diamankan.

Aparat keamanan setempat menghimbau, agar masyarakat senantiasa mewaspadai segala kemungkinan akibat cuaca buruk. (Andy Setiawan)***