Connect with us

PAMEKASAN

Bupati Pamekasan Paparkan Keuntungan Bila Investasi Tebu di Madura

Published

on

Bupati Pamekasan, Baddrut.

Jatimraya.com, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengajak kalangan investor berinvestasi mengembangkan tanaman tebu dan pembangunan pabrik gula di Pulau Madura, Jawa Timur, karena jenis tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan.

“Areal lahan yang potensial di Madura untuk pengembangan tanaman tebu juga cukup luas,” kata Baddrut Tamam di Pamekasan, Sabtu (14/9/2019), dalam pemaparan terkait rencana pengembangan ekonomi Madura yang terintegrasi ke depan.

Ia menjelaskan berdasarkan pemetaan yang dilakukan di empat kabupaten di Pulau Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, luas areal lahan yang potensial untuk ditanami tebu mencapai 120 hektare.

Perkiraan produksi dari luas areal tersebut sekitar 6.600.000 ton atau bisa menghasilkan gula sekitar 495.000 ton.

Menurut Baddrut Tamam, perkiraan jumlah produksi gula ini bisa memenuhi sekitar 24,75 persen dari kebutuhan gula nasional.

Berdasarkan data dari pemerintah pusat, kata dia, kebutuhan gula nasional mencapai 5.700.000 ton, sedangkan produksi nasional gula pada 2018 sebanyak 2.174.400 ton.

“Jika mengacu kepada data ini, maka Indonesia masih kekurangan produksi gula sekitar 3,6 juta ton,” ujar Baddrut Tamam.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini lebih lanjut mengatakan untuk memenuhi kekurangan itu, pemerintah terpaksa melakukan impor gula sebanyak 2,6 juta ton, dan kekurangan 1 juta ton sisanya terpenuhi dengan stok impor tahun sebelumnya.

“Jika di Madura ini dikembangkan tanaman tebu, maka minimal akan mampu membantu memenuhi kebutuhan nasional gula di negeri ini,” ujar Baddrut Tamam.

Hanya saja, sambung dia, yang menjadi kendala selama ini upaya untuk mengembangkan tanaman tebu di pulau berpenduduk sekitar 3,9 juta lebih ini masih menemui kendala.

Selain belum ada kepastian pasar pasokan tanaman tebu hasil panen warga, juga karena di Madura belum ada pabrik gula. Warga di Madura yang menanam tebu, baik di Sumenep, Sampang, Bangkalan, termasuk di Pamekasan adalah petani yang memang telah bekerja sama dengan perusahaan, dalam hal ini adalah PTPN X.

“Maka dari itu, kami bersama para bupati lain di Madura ini sepakat dan berkomitmen untuk pengembangan tanaman tebu dengan cara menggugah investor untuk berinvestasi di Madura ini,” kata Baddrut.

Ia memperkirakan kalangan investor bakal untung apabila berinvestasi tanaman tebu di Madura dan membuat pabrik gula di “Pulau Garam” tersebut.

“Jika investasi terhadap produksi tebu Madura antara 80 hingga 100 ton per hektare saja, maka nilai keuntungan yang akan diperoleh sekitar Rp247,5 miliar lebih dengan asumsi Rp500 per kilogram,” urai Baddrut Tamam.

Ia juga menyebut nilai investasi pembangunan pabrik gula terintegrasi bisa mencapai Rp1 triliun hingga Rp7 triliun.

“Jika misalnya investor bersedia membangun pabrik gula di Pamekasan, daerah yang kami siapkan adalah di Kecamatan Proppo dan Kecamatan Tlanakan dengan luas areal lahan total mencapai 300 hektare,” katanya, menjelaskan.

Menurut Baddrut Tamam, data tentang potensi pengembangan tebu di Pulau Madura ini sebelumnya juga sudah pernah di paparkan di Forum Bisnis Jawa Timur.

“Kami berhadap akan ada gayung bersambut. Karena selain dalam rangka mengurangi kebutuhan impor gula, juga yang kami perjuangkan bersama tiga pemkab lain di Madura adalah peningkatan ekonomi untuk kesejahataan rakyat Madura, termasuk Pamekasan,” kata Badrdrut Tamam. (ada)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JATIM RAYA

Kepala Bakorwil 4 Pamekasan Fatah Yasin melakukan penyemprotan ke Masjid Al Aliim di Kelurahan Kepanjin

Published

on

Foto : Kepala Bakorwil 4 Pamekasan Fatah Yasin melanjutkan penyemprotan ke Masjid Al Aliim di Kelurahan Kepanjin

JatimRaya.Com, Pamekasan – FRPB (Forum Relawan Penanggulangan Bencana) yang tergabung dalam TIC (Tim Imunitas Corona) Bakorwil 4 Pamekasan bersama Kepala Bakorwil Dr.Ir.RB Fatah Yasin, MS berkunjung ke pondok Nurul Bayan desa Kebunagung Sumenep, memberikan sosialisasi kepada 300 santri.

“Hari ini FRPB bersama Bakorwil 4 Pamekasan melakukan sosialisasi antisipasi Covid-19 dan bantuan mie instan dan air kepada santri Ponpes Nurul Bayan di desa Kebunagung Sumenep serta UPT Perlindungan Dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak di jalan Halim Perdana Kusuma Kelurahan Kepanjin Sumenep yang tidak pulang ke rumah masing-masing,” tutur Humas FRPB Wahyudi, Selasa (31/03/2020).

Fatah Yasin menjelaskan, hal tersebut dilakukan agar para putra putri di Dinas Sosial UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak bisa paham dan tahu cara mengantisipasi penyebaran Virus Corona saat berada di rumah masing-masing.

“Para anak asuhan Dinas Sosial diberi penjelasan upaya-upaya dan tim Covid-19 Bakorwil Pamekasan,” ucap Wahyudi.

Sementara Kepala Bakorwil 4 Pamekasan Fatah Yasin melanjutkan penyemprotan ke Masjid Al Aliim di Kelurahan Kepanjin dan berharap agar masyarakat di Sumenep tetap menjaga pola hidup sehat. Sering sering cuci tangan, jaga jarak.(go)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JATIM RAYA

HIMPAUDI dan IGTKI Pamekasan Madura Gelar Lomba Kreatifitas Menghias Sari Roti, Catat Tanggalnya Minggu 22/03/2020

Published

on

Foto : Dok. JatimRaya.Com

JatimRaya.Com,Pamekasan — Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dan Ikatan Guru Taman Kanak (IGTKI) kabupaten Pamekasan, yang didukung Dinas Pendidikan Pamekasan Madura akan menggelar ‘Lomba Kreatifitas Menghias Sari Roti yang akan diadakan pada hari Minggu tanggal 22 Maret 2020 di gedung Karesidenan / Bakorwil Pamekasan.

Kegiatan lomba kreasi sari roti ini merupakan gelaran yang sangat penting dan bertujuan untuk mengasah otak anak-anak, terutama yang masih usia dini.

“Disamping itu, lomba kreatifitas menghias Sari Roti ini guna membentuk konsetrasi dan pembentukan perilaku makan anak” tutur Heriyanto, S.Pd ketua Himpaudi Pamekasan.

Tidak beda jauh dengan apa yang dikatakan Hj. Emmy Uniati, M MPd lomba aneka kreasi Ibu dan anak dalam menyiapkan sarapan pagi berupa sandwich dari sari roti yang dikombinasikan dengan aneka toping dan kreasi tampilan beraneka bentuk.

“Kami berharap lomba kreatifitas menghias Sari Roti ini bisa menambah selera dan tentunya mengambil hati para juri untuk menilai,” terangnya.

Drs. Prama Jaya, M.Si selaku Pj Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan, adanya gelaran ini bisa menambah pengetahuan anak dan pengalaman bersosialisasi.(go)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

PAMEKASAN

Himpaudi Dan IGTKI Pamekasan Gelar Lomba Kreatifitas Menghias Sari Roti, Catat Tanggalnya

Published

on

JatimRaya.com, Pamekasan — Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dan Ikatan Guru Taman Kanak ( IGTKI) Kabupaten Pamekasan, Madura telah menggelar ‘Lomba Kreatifitas Menghias Sari Roti’ yang akan diadakan pada hari Kamis tanggal 22 Maret 2020,di Gedung Bakorwil Pamekasan, Madura mulai pukul 7.30 selesai.

Menurut Ketua Himpaudi Pamekasan Heriyanto, S.Pd, bahwa kegiatan lomba kreasi sari roti ini merupakan gelaran yang sangat penting dan bertujuan untuk mengasah otak anak-anak, terutama yang masih usia dini.

Apalagi dalam lomba ‘Kratifitas Menghias Sari Roti’ ini membuka dua kategori, yakni, kategori KB (anak usia 2-4 tahun) dan kategori TK (usia 5-6 Tahun).

“Disamping itu, lomba kreatifitas menghias Sari Roti ini guna membentuk konsetrasi dan pembentukan perilaku makan anak dan kegiatan yang positifi,” tutur Heriyanto.
Hal senadq juga dikatakan oleh Hj Emmy Uniati,M MPd ketua IGTKI Kabupaten Pamekasan, bahwa, lomba aneka kreasi Ibu dan anak ini guna menyiapkan sarapan pagi berupa sandwich dari sari roti yang dikombinasikan dengan aneka toping dan kreasi tampilan beraneka bentuk.

“Kami berharap lomba kreatifitas menghias Sari Roti ini bisa menambah selera dan tentunya berguna bagi ibu dan ana-anak ketika menyiapkan sarapan atau bekal saat berangkat sekolah,” terang Hj Emmy.

Kadis pendidikan pamekasan : Drs. Prama Jaya, M.Si menjelaskan, adanya gelaran ini bisa menambah pengetahuan anak dan pengalaman bersosialisasi.

“Tujuan utama lomba ini bukan pada hadiahnya, namun memberi kesempatan pada anak didik TK/KB agar bisa bersosialisasi dan berkompetisi dengan anak-anak sebayanya , apalagi kemasannya sangat ramah anak dan tempatnya juga adem jadi kami bisa pulang membawa kepuasan,” terangnya.

Perlu diketahui, untuk biaya pendaftaran sebesar Rp 25 ribu dan pendaftaran paling lambang tanggal 19 maret 2020.
Adapun hadiah dana pembinaan Juara kategori KB dan TK :

– Juara 1 mendapatkan trophy dan uang Rp. 500.000
– Juara 2 mendapatkan trophy dan uang Rp. 400.000
– Juara 3 mendapatkan trophy dan uang Rp. 300.000

Dan dapatkan puluhan Doorprize menarik. Pendaftaran bisa langsung ke IGKTI dan HIMPAUDI Pamekasan dan sekolah masing- masing. (AS)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending