Connect with us

NEWS

REFLEKSI INDUSTRI KELAPA SAWIT 2019 DAN PROSPEK 2020

Published

on

Foto : Dari kiri ke kanan: Plt Direktur Kemitraan BPDPKS Muhammad Ferian Ketua Aprobi Paulus Tjakrawan, Ketua Umum Gapki Joko Supriyono, Ketua Apolin Rapolo Hutabarat, Ketua Aimi Adiwisoko

JatimRaya.com, Jakarta —

Refleksi 2019

Tahun 2019 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri sawit Indonesia. Implementasi RED II oleh EU yang menghapuskan penggunaan minyak sawit sebagai bahan baku bioidiesel, perbedaan tariff impor produk minyak sawit Indonesia ke India, kemarau yang berkepanjangan, perang dagang USA dan China dan harga CPO yang terus menurun merupakan tantangan utama yang dihadapi industri sawit hampir sepanjang tahun 2019.
Perang dagang USA dan China menyebabkan ekspor kedelai USA ke China terkendala sehingga petani USA yang biasanya memasok dalam jumlah besar ke China harus mencari pasar baru yang menyebabkan harga oilseed dan juga minyak nabati tertekan.
Ada hal yang menarik pada tahun 2019, tepatnya pada 16 Agustus 2019, Presiden Jokowi menyampaikan dalam pidato kenegaraannya bahwa Indonesia akan lebih banyak mengkonsumsi minyak sawit untuk keperluan dalam negeri, terutama untuk biofuel. Dampaknya, harga CPO rata-rata KPBN terus melonjak menjadi USD 483, 497, 582, dan 651 per ton pada September-Desember 2019.
Produksi minyak sawit 2019 mencapai 51,8 juta ton atau sekitar 10% lebih tinggi dari produksi tahun 2018 sementara konsumsi domestik naik 24% menjadi 16,7 juta ton dengan rincian konsumsi biodiesel nailk 49%, pangan naik 14% dan oleokimia naik 9%. Volume ekspor produk sawit tahun 2019 sebesar 35,7 juta ton naik 4% dari ekspor 2018.
Nilai ekspor produk minyak sawit termasuk oleokimia dan biodiesel 2019 diperkirakan mencapai USD 19 milyar. Nilai ekspor ini sekitar 17% lebih rendah dari ekspor produk minyak sawit tahun 2018 yang nilainya sebesar USD 23 milyar.
Destinasi utama ekspor produk minyak sawit tahun 2019 selain oleokimia dan biodiesel Indonesia adalah China (6 juta ton), India (4,8 juta ton), EU (4.6 juta ton). Khusus untuk produk oleokimia dan biodiesel, ekspor terbesar adalah ke China (825 ribu ton) diikuti oleh EU (513 ribu ton). Ekspor minyak sawit ke Afrika yang naik 11% pada 2019 dari 2,6 juta ton pada 2018 menjadi 2,9 juta ton dan menunjukkan tren meningkat dari tahun ke tahun memberikan sinyal positif bagi untuk pasar produk minyak sawit Indonesia
Tahun 2019 yang penuh tantangan ditutup dengan harga yang melonjak diatas USD 800/ton CIF Rotterdam dan penyamaan tariff impor minyak sawit Indonesia di India. Situasi finansial yang baik ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pekebun terutama untuk membiayai pemulihan tanaman dan infrastruktur yang mungkin pemeliharaannya tertinggal ketika harga rendah. Akhir tahun 2019 mulai dipersiapkan pelaksanaan implementasi B30 yang membuat cemas imprortir terkait dengan kemungkinan akan turunnya ketersediaan minyak sawit Indonesia untuk ekspor.
Prospek Tahun 2020
Memasuki tahun 2020, industri sawit Indonesia dikaruniai dengan kondisi iklim yang membaik dan harga yang cukup tinggi. Menurut BMKG, iklim tahun 2020 akan normal dan lebih baik daripada iklim 2019, musim kemarau diperkirakan akan dimulai pada bulan April-Mei.
Komitmen pemerintah untuk mengimplementasi B30 pada 2020, menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia sangat serius dan dampaknya akan sangat berpengaruh terhadap perdagangan minyak nabati dunia dan perdagangan minyak di dalam negeri. Kebutuhan dalam negeri 2020 diperkirakan mencapai 8,3 juta ton untuk biodiesel yang mungkin akan berpengaruh pada ketersediaan produk minyak sawit untuk ekspor.
Meskipun kondisi ekonomi dunia tahun 2020 masih belum menentu; situasi politik di Timur Tengah masih panas, perang dagang USA-China belum berakhir, masih adanya tuntutan sustainability di EU; peningkatan penggunaan biofuel di dalam negeri, semakin banyaknya perusahaan yang bersrtifikasi ISPO dan terbukanya tujuan-tujuan ekspor baru akan lebih menjamin pasar minyak sawit Indonesia di pasar global, sehingga GAPKI tetap optimis pada tahun 2020 industri sawit Indonesia tetap memiliki prospek yang baik.
Memperhatikan tantangan tantangan peluang pasar ekspor maupun domestik dalam negeri serta adanya iklim usaha yang lebih berpihak kepada peningkatan investasi, maka program kerja seluruh stakeholder sawit tahun 2020 perlu difokuskan pada :
1. Peningkatan produktivitas baik melalui perbaikan teknik produksi maupun replanting.
2. Mendorong percepatan implementasi sustainability/ISPO
3. Mendorong pengembangan ekspor terutama di negara tujuan ekspor baru dan penanganan berbagai hambatan perdagangan di pasar global.
4. Meningkatan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap minyak sawit dan produk turunannya serta memperluas dan mengembangkan kampanye positif sawit yang efektif, baik di dalam negeri maupun di berbagai negara tujuan ekspor utama.
Dengan memperhatikan berbagai peluang dan tantangan yg dihadapi pada tahun 2020 serta dukungan pemerintah yang sangat besar terhadap industri sawit maka GAPKI optimis tahun 2020 industri kelapa sawit akan lebih baik dari tahun 2019.

Statistik minyak sawit Indonesia 2019 (1.000 ton)

Tahun
Produksi
Konsumsi dalam negeri
Ekspor
Stok
Total
CPO
Produk hilir*)

2018
47.437
13.491
34.707
6.561
28.145
3.261
2019
52.184
16.673
36.175
7.065
29.110
4.597
*) produk olahan termasuk oleokimia dan biodiesel. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NEWS

Ariel Noah Termasuk 10 Orang Pertama di Kota Bandung yang Divaksin Covid-19

Published

on

Vokalis band, Ariel Noah. /Instagram.com/@arielnoah.

JATIM RAYA – Vokalis band Noah Ariel termasuk dari 10 orang pertama di Kota Bandung yang menerima vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, Kamis 14 Januari 2021. 

Sebagai publik figur, Ariel diharapkan memberikan pemahaman positif kepada masyarakat terkait pentingnya vaksin untuk melawan pandemic Korona.

Selain Ariel, vaksinasi juga disuntikan kepada Sekda Kota Bandung Ema Sumarma, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. 

Ulung Sampurna Jaya, seorang perwakilan IDI Kota Bandung, Kepala BPJS Kota Bandung, serta penyanyi Risa Saraswati.

Ariel mengatakan tidak ada rasa ragu terhadap kualitas dan keamanan vaksin. 

Ia hanya merasa kebingungan dengan banyaknya informasi yang beredar di masyarakat namun bukan berasal dari para ahli vaksin dan yang dibicarakan bukan sebuah solusi.

“Pertama kali diberi kabar akan divaksinasi, saya tanya duluan kepada ahlinya. Apa sebernanya yang bakal dimasukan ketubuh saya.”

Pages: 1 2 3


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NEWS

Positif Narkoba, Suami Penyanyi Nindy Ayunda Jalani Pemeriksaan di Polres Jakbar

Published

on

Penyanyi dan pemain film, Nindy Ayunda. /Instagram.com/@nindyparasadyharsono.

JATIM RAYA – Suami aktris Nindy Ayunda berinisial APH harus diamankan anggota Polres Jakarta Barat karena terlibat kasus narkoba. 

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo membenarkan penangkapan dari suami Nindy Ayunda. 

Ady menjelaskan, APH diringkus di kediamannya yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan.

“Iya benar (penangkapan) itu. Hari Kamis malam, sekitar pukul 20.00 WIB Satres Narkoba mengamankan tersangka APH.”

“Kami amankan di kediamannya di wilayah Jakarta Selatan,” ungkap Ady di Polres Metro Jakarta Barat, Senin 11 Januari 2021. 

Menurut Ady, saat dibekuk APH tengah seorang diri di dalam rumahnya itu. 

Dikatakan kalau APH tak melakukan perlawanan saat diamankan. Justru APH dinilai kooperatif kepada para penyidik.

Pages: 1 2 3


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NEWS

Polisi Sita Beberapa Butir dari Askara Harsono Suami Nindy Ayunda

Published

on

Penyanyi dan pemain film, Nindy Ayunda. /Instagram.com/@nindyparasadyharsono.

JATIM RAYA – Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, saat ini masih memeriksa Askara Harsono , suami dari penyanyi dan pemain film Nindy Ayunda .

“Nanti kita akan sampaikan pastinya. Yang pasti ada beberapa butir yang diamankan,” ujarnya, Senin 11 Januari 2021..

Meski tak merinci butiran itu apa dan berjenis apa, namun dia memastikan pihaknya masih mendalami kasus ini. 

Penyidikan menyeluruh dilakukan dengan memeriksa Askara yang kini berada di ruang penyidik Unit 1 Satnarkoba Jakbar. 

“Yang bersangkutan sangat kooperatif,” ucap Ady.

Askara Harsono diamankan Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat dari rumahnya di kawasan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis 7 Januari 2021. 

Dia dibawa ke kantor polisi karena diduga terjerat narkoba. (pol)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending