Harapkan Tak Ada Konflik, Pemkot Surabaya Deklarasi Pemilu Damai

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 19 Oktober 2023 - 13:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat hadiri  Rakor Lintas Sektor dan Deklarasi Perdamaian dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Graha Sawunggaling (18/10).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat hadiri Rakor Lintas Sektor dan Deklarasi Perdamaian dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Graha Sawunggaling (18/10).

JATIMRAYA.COM, Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Forkopimda Kota Surabaya, dan seluruh partai politik baru-baru ini menyelenggarakan Rakor Lintas Sektor dan Deklarasi Perdamaian dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Graha Sawunggaling (18/10).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Deklarasi tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan utama antara lain Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya, serta para pimpinan organisasi masyarakat. (Ormas) dan pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Deklarasi yang dilakukan dalam acara ini menandai dimulainya persiapan kegiatan pemilu mendatang, khususnya Pemilu 2024. Hal ini juga sebagai wadah untuk menyikapi tindakan pengamanan yang akan dilakukan dalam Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 di Kota Surabaya.

Dengan ditandatanganinya dokumen deklarasi Damai oleh seluruh pimpinan partai politik Pemkot Surabaya, Eri Cahyadi berharap kelancaran hingga keamanan bisa terwujud di pemilu 2024.

Eri menyatakan tidak sedikit masalah internal dalam partai, ia ingin seluruh ketua parpol tetap mengawasi bawahannya agar tidak menimbulkan konflik.

”Pilihan berbeda itu biasa. Tapi saya berharap kepada seluruh ketua partai politik, yang di bawah ini harus ditenangkan. Biasanya ketua parpol itu tenang, tapi yang bawah ini biasanya umek karepe dewe (bergerak semaunya sendiri),” kata Eri Cahyadi.

Dalam pernyataan kali ini, Eri menghimbau seluruh partai politik untuk aktif mengkoordinasikan para anggotanya dan mendorong pemilu damai di Kota Surabaya. Seruan tersebut muncul di tengah kekhawatiran atas potensi konflik dan ketegangan yang mungkin timbul pada pemilu mendatang. Penting bagi partai politik untuk memahami peran mereka dalam menciptakan lingkungan yang damai dan bersatu selama proses demokrasi yang penting ini.

”Semoga sampai dengan Pilpres dan dilanjut pemilihan kepala daerah berakhir, ketenangan ada di Surabaya,” harap Eri.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Pasma Royce mengumumkan Polri menetapkan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 sebagai kode pengamanan pemilu. Operasi ini akan dimulai besok, bertepatan dengan pembukaan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden. Pasma mengungkapkan, pengamanan termasuk pengawalan dan penjagaan sudah dilakukan di Surabaya.

Ia juga mengapresiasi kota Surabaya khususnya para warga yang membuktikan keadaan yang berbeda dengan kota Jakarta saat pemilu ditahun sebelumnya.

”Pengalaman saya di Jakarta dan Surabaya ini jauh berbeda. Kepatuhan masyarakat di Kota Surabaya itu masih cukup tinggi,” ungkap Pasma.

Muhammad Agil Akbar, Ketua Bawaslu Kota Surabaya, telah melakukan persiapan matang menghadapi pemilu 2024. Untuk memastikan proses yang adil dan transparan, Bawaslu telah mempersiapkan seluruh perangkat dan instrumen yang diperlukan. Selain itu, organisasi ini juga telah melakukan simulasi metode pengawasan berbasis teknologi dan konvensional selama proses pemilu. Pendekatan proaktif ini memungkinkan Bawaslu untuk mengidentifikasi potensi permasalahan atau tantangan yang mungkin timbul dan mengembangkan strategi efektif untuk mengatasinya.

”Jadi, praktik politik terus berlanjut akan tetapi penjagaan ketertiban umum juga harus bisa maksimal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Agil.

Agil juga berharap tidak ada konflik pada pemilu 2024 di Surabaya.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Kalaupun itu ada, saya harap itu tidak berlangsung lama, ” harap Agil. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Preseden Buruk Sang Presiden
VIDEO – Pilkada Serentak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Siap Bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur
Pilkada Serentak 2024, Ketua PWI Jatim Siap Tarung Sebagai Calon Gubernur Jawa Timur
DR Ahmad Basarah Bakal Menduduki Kursi Pertama DPR RI dari Dapil V Malang Raya
Prabowo Kunjungi Rumah Almarhum Jenderal Wismoyo Arismunandar, Usai Ziarah Makam Orangtua
Babak Baru Instabilitas Keris Empu Gandring
Dari Solo, Megawati Soekarnoputri Serukan agar Pendukungnya Tak Gentar Hadapi Berbagai Bentuk Intimidasi
VIDEO – Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:16 WIB

Preseden Buruk Sang Presiden

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:52 WIB

VIDEO – Pilkada Serentak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Siap Bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur

Senin, 19 Februari 2024 - 11:26 WIB

DR Ahmad Basarah Bakal Menduduki Kursi Pertama DPR RI dari Dapil V Malang Raya

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:52 WIB

Prabowo Kunjungi Rumah Almarhum Jenderal Wismoyo Arismunandar, Usai Ziarah Makam Orangtua

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:04 WIB

Babak Baru Instabilitas Keris Empu Gandring

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:06 WIB

Dari Solo, Megawati Soekarnoputri Serukan agar Pendukungnya Tak Gentar Hadapi Berbagai Bentuk Intimidasi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:06 WIB

VIDEO – Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:56 WIB

Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Berita Terbaru

Agung Sapta Adi.

Politik

Preseden Buruk Sang Presiden

Kamis, 22 Feb 2024 - 15:16 WIB