226 Kendaraan R2 dan 2 Unit R4 di Amankan Satlantas Polresta Sidoarjo dalam Aksi Balap Liar

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing didampingi Wakapolresta Sidoarjo dan  Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Humas Polresta Sidoarjo menunjukkan kendaraan yang telah diamankan Satlantas Polresta Sidoarjo dalam aksi balap liar.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing didampingi Wakapolresta Sidoarjo dan Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Humas Polresta Sidoarjo menunjukkan kendaraan yang telah diamankan Satlantas Polresta Sidoarjo dalam aksi balap liar.

JATIMRAYA.COM – Satlantas Polresta Sidoarjo berhasil mengamankan 226 kendaraan bermotor dalam arena balap liar. Aksi Balap Liar di wilayah Kabupaten Sidoarjo sering terjadi di beberapa lokasi di antaranya Jalan Lingkar Mas perbatasan Sidoarjo Surabaya, Jalan Jenggolo, Eks jalan Tol HK Jabon dan Arteri Baru Porong.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Aksi balap liar diindikasi menjadi salah satu pemicu permasalahan konflik sosial atau perkelahian antar kelompok Di Wilayah Kab. Sidoarjo.

Dalam press release, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing didampingi Wakapolresta Sidoarjo dan Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Humas Polresta Sidoarjo mengatakan berdasarkan adanya laporan masyarakat bahwa sering terjadi aksi Balap Liar yang dilakukan oleh sekelompok orang dibeberapa lokasi di wilayah Kab Sidoarjo yakni Jalan Lingkar Mas perbatasan Sidoarjo-Surabaya, Jalan Jenggolo, Eks jalan Tol HK Jabon dan Arteri Baru Porong.

Selanjutnya selama 14 hari mulai Tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024 Polresta Sidoarjo membentuk tim gabungan yang terdiri dari Satlantas, Sat sabhara, Satreskrim, Sat intelkam dan si propam untuk melakukan Patroli harkamtibmas pada jam-jam rawan Aksi kejahatan atau pelanggaran khususnya Aksi Balap Liar dibeberapa lokasi di wilayah Kab. Sidoarjo.

“Dari pelaksanaan patroli dijumpai dan ditemukan Aksi balap liar di beberapa lokasi tersebut, kemudian dilakukan Upaya Hukum berupa Penindakan pelanggaran (Dakgar Tilang) terhadap masyarakat yang didapati melakukan Pelanggaran serta melakukan penyitaan kendaraan bermotor yang digunakan sebagai sarana Balap Liar ataupun ranmor yang tidak sesuai spektek laik jalan sebagai barang bukti,” ungkapnya.

Menurut Kapolresta Sidoarjo, “Dakgar Lantas ini dilakukan dengan tujuan sebagai langkah preventif untuk mencegah permasalahan yang lebih besar berupa konflik sosial atau perkelaian antar kelompok atau tawuran yang dipicu dari aksi balap liar dan atau aksi provokasi dengan penggunaan knalpot bising yang berujung terjadinya ketersinggungan dan gesekan antar kelompok.”

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing menegaskan beberapa pasal yang disangkakan diantaranya:

– Pasal 115 Huruf b Undang Undang No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ “pengemudi kendaraan bermotor di jalan dilarang: b. berbalapan dengan kendaraan bermotor lain.”

– Pasal 285 ayat (1) Undang-undang nomor 22 tahun 2009 “mengendarai kendaraan bermotor yang tidak layak jalan (knalpot Bising, tidak ada TNKB, Tidak Ada kaca Spion)

“Beberapa barang bukti diantaranya : 228 lembar Blanko tilang, bukti penindakan pelanggaran berupa tilang terhadap para pelanggar, Barang Bukti Ranmor dengan rincian sebagai berikut :

226 Kendaraan Roda 2 yang digunakan untuk melaksanakan aksi balap liar maupun penggembira, 2 Unit Kendaraan R4, yang digunakan sebagai sarana angkut Motor yang akan digunakan beradu balap liar.

Masih kata Kapolresta Sidoarjo, beberapa hasil yang dicapai dari pengamanan balap liar yakni terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kab. Sidoarjo, terciptanya budaya tertib berlalulintas dijalan raya sehingga Kamseltibcar lantas dapat terjaga.

“Sebagai tindak lanjut ke depan, pemilik kendaraan bermotor Wajib membawa surat-surat kendaraan Bermotor, mengembalikan kendaraan sesuai Standart, memberikan Surat Tilang untuk dilaksanakan sidang pada tanggal 22 Maret dan 19 April 2024, membuat Surat Pernyataan tidak mengulangi kembali yang diketahui oleh Orang tua dan Kepala Desa,” tandasnya. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Pemkab dan BPS Sidoarjo Dampingi Tiga Desa untuk Pembentukan Desa Cantik
Pemkab Sidoarjo Serahkan Santunan JKM dan Beasiswa pada Keluarga Almarhum Kepala Dusun Simpang
Plt Bupati Subandi Berharap Guru Penggerak Membawa Perubahan Positif Bagi dunia Pendidikan di Sidoarjo
Liga Kemerdekaan Pesawad Old Star Resmi di Buka, Plt Bupati Subandi: Ajang Pererat Tali Silaturahmi Serta Menginspirasi Generasi Muda
KKN Unusida, Plt Bupati Sidoarjo Berpesan Agar Mahasiswa Laksanakan KKN dengan Baik dan Penuh Rasa Tanggung Jawab
Puluhan Wartawan Jatim Desak PWI Pusat Segera Gelar KLB
Sport Tourism Pelaku Usaha Industri Olahraga Jadi Motor Penggerak Ekonomi
Jelang Fajar, Kandang dan Puluhan Ribu Ekor Ayam di Madiun Jadi Sasaran Si Jago Merah
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:57 WIB

Tindak Pidana Perdagangan Orang, 50 WNI Dikirim ke Australia untuk Dijadikan Pekerja Seks Komersial

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:06 WIB

18 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, NTT dan NTB Alami Kekeringan, Kurang Hujan dengan Kategori Ekstrem

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:41 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:17 WIB

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP

Senin, 15 Juli 2024 - 20:31 WIB

Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat

Senin, 15 Juli 2024 - 13:07 WIB

Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi

Senin, 15 Juli 2024 - 09:00 WIB

Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:05 WIB

Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum

Berita Terbaru