Bupati Sidoarjo Terima Penghargaan dari Baznas Republik Indonesia

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 1 Maret 2024 - 20:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad serahkan penghargaan Baznas Awards 2024 kepada Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad serahkan penghargaan Baznas Awards 2024 kepada Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

JATIMRAYA.COM – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Tahun 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Kamis (29/2/2024).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung pada Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali oleh Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad dalam acara Baznas Awards 2024, yang dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan bahwa penghargaan tersebut tak lepas dari dukungan dari para aparatur sipil negera (ASN) di Kabupaten Sidoarjo yang telah mengumpulkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) melalui Baznas Kabupaten Sidoarjo.

“Semoga apa yang telah kita lakukan menjadi bagian dari ibadah kepada Allah SWT,” ucapnya.

Dikatakan Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati muda tersebut, upaya pengumpulan ZIS meningkat sebesar 4 kali lipat dari sebelumnya sebesar Rp 250 juta menjadi rata-rata Rp 1 miliar perbulannya.

“Peningkatan ini berkat adanya Surat Edaran (SE) Bupati tahun 2022 tentang optimalisasi ZIS,” ucapnya.

Ia juga menambahkan dengan begitu, BAZNAS Kabupaten Sidoarjo dapat menyalurkan program semakin banyak untuk kemaslahatan masyarakat Sidoarjo yang membutuhkan.

“Progam itu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, dengan mengentaskan kemiskinan, mengatasi keterbelakangan pendidikan dan menjamin kehidupan layak,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Baznas memiliki peran besar bagi masyarakat yaitu dari berbagai sisi, diantaranya infrastruktur, pendidikan, dan ekonomi masyarakat sehingga cita-cita mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

“Penghargaan ini menjadi sebuah kehormatan bagi mereka yang berhasil mengembangkan inovasi, meningkatkan efektivitas pengelolaan zakat, serta memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui dana zakat, infak, dan sedekah,” ujar Menag Yaqut.

Yaqut menyebut, potensi zakat setiap tahun terus mengalami kenaikan sebesar 30 persen. Tahun 2023 Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia berhasil mengumpulkan Rp 33 miliar.

“Tahun 2024, kita targetkan Rp 41 triliun untuk Baznas dan LAZ se-Indonesia, dari target ini Baznas dan LAZ sebenarnya memiliki potensi sebesar Rp 320 triliun,” ungkapnya.

Sekedar informasi, ada 389 pihak yang menerima anugerah BAZNAS Awards 2024. Beberapa kategori penghargaan yang disematkan dalam BAZNAS Awards 2024 antara lain kategori Kepala Daerah Pendukung Zakat, Kategori Muzaki Pendukung Zakat, Kategori Perusahaan Pendukung Zakat, kategori BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Kategori LAZ. Pemenang dipilih melalui proses seleksi yang ketat berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia.

Turut hadir Ketua BAZNAS RI KH. Noor Achmad, Duta Besar Arab Mesir untuk Indonesia Yasser Hassan Farag Elshemy, Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Wa As Shadaqat Mesir Prof. Dr. Sahr Nasr, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Anwar Iskandar, serta jajaran Pimpinan BAZNAS RI, perwakilan BAZNAS se-Indonesia, serta para penerima penghargaan. (Andy Setiawan)***

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Berita Terkait

Pemkab dan BPS Sidoarjo Dampingi Tiga Desa untuk Pembentukan Desa Cantik
Pemkab Sidoarjo Serahkan Santunan JKM dan Beasiswa pada Keluarga Almarhum Kepala Dusun Simpang
Plt Bupati Subandi Berharap Guru Penggerak Membawa Perubahan Positif Bagi dunia Pendidikan di Sidoarjo
Liga Kemerdekaan Pesawad Old Star Resmi di Buka, Plt Bupati Subandi: Ajang Pererat Tali Silaturahmi Serta Menginspirasi Generasi Muda
KKN Unusida, Plt Bupati Sidoarjo Berpesan Agar Mahasiswa Laksanakan KKN dengan Baik dan Penuh Rasa Tanggung Jawab
Puluhan Wartawan Jatim Desak PWI Pusat Segera Gelar KLB
Sport Tourism Pelaku Usaha Industri Olahraga Jadi Motor Penggerak Ekonomi
Jelang Fajar, Kandang dan Puluhan Ribu Ekor Ayam di Madiun Jadi Sasaran Si Jago Merah
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:57 WIB

Tindak Pidana Perdagangan Orang, 50 WNI Dikirim ke Australia untuk Dijadikan Pekerja Seks Komersial

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:06 WIB

18 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, NTT dan NTB Alami Kekeringan, Kurang Hujan dengan Kategori Ekstrem

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:41 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:17 WIB

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP

Senin, 15 Juli 2024 - 20:31 WIB

Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat

Senin, 15 Juli 2024 - 13:07 WIB

Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi

Senin, 15 Juli 2024 - 09:00 WIB

Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:05 WIB

Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum

Berita Terbaru