Menko PMK Muhadjir Kunker ke Kadin Kota Berlin Lakukan Kerja sama

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menko PMK Muhadjir bersama Head of Vocational Training Abroad DIHK Tobias Bolle di salah satu pusat Training of Trainer.

Menko PMK Muhadjir bersama Head of Vocational Training Abroad DIHK Tobias Bolle di salah satu pusat Training of Trainer.

JATIMRAYA.COM, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Kamar Dagang dan Industri Kota Berlin, Jerman pada Selasa (10/10).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Muhadjir beserta rombongan disambut baik oleh Head of Vocational Training Abroad DIHK Tobias Bolle di salah satu pusat Training of Trainer yang didirikan oleh Paul Christiani pada tahun 1931 itu. Turut menyambut kedatangan, Area Sales Manager Africa & Central Asia Nadja Parcsami dan Area Sales Manager Sub-Sahara Africa & Central Asia Sule Akarsu.

Muhadjir mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi sebagaimana amanat dari Presiden Joko Widodo.

“Kita mendiskusikan kemungkinan kerja sama yang akan dilakukan dengan lembaga ini untuk mengirim lulusan-lulusan SMK yang akan mencari pengalaman kerja,” ucap Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga menyampaikan kerja sama yang akan dibangun tidak hanya untuk menyediakan tempat bagi para lulusan vokasi untuk mencari pengalaman kerja, melainkan juga disediakan untuk para pekerja yang akan bekerja secara permanen di Jerman.

Dalam kesempatan diskusi tersebut, Tobias Bolle menjelaskan bahwa terdapat tiga kunci utama dari keberhasilan program revitalisasi vokasi di Jerman, yakni partisipasi wajib dunia kerja dan industri dalam membangun vokasi, pelaksanaan pelatihan vokasi di industri (tempat kerja) secara langsung sebesar 60-70 persen, serta dukungan kebijakan penuh dari pemerintah.

Tobias Bolle juga mengatakan bahwa terdapat lebih dari 300.000 kesempatan Ausbildung dalam 400 jenis pekerjaan. Terbuka luas peluang bagi pekerja dari Indonesia yang memiliki sertifikat keterampilan serta pengalaman kerja lebih dari tiga tahun, asalkan memiliki penguasaan bahasa Jerman minimal pada level B1.

Melihat peluang tersebut, Muhadjir berharap kepada pihak LPDP agar dapat membantu pendanaan kursus Bahasa Jerman bagi para calon peserta yang akan mengikuti Ausbildung di Jerman. Persiapan itu perlu didorong dengan melakukan koordinasi dengan Goethe Institute dan pihak perguruan tinggi penyelenggara program bahasa Jerman.

Sebagaimana diketahui, kerja sama serupa telah dilakukan oleh IHK Trier bersama KADIN Jawa Tengah dalam persiapan pengiriman peserta Ausbildung ke Jerman. Muhadjir mendorong kerja sama seperti itu untuk terus ditingkatkan mengingat terdapat 79 IHK di Jerman yang memiliki potensi kerja sama yang besar. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Polresta Sidoarjo Bersama Disperindag Sidak Harga Pangan di Pasar Larangan
Catat Kinerja Positif, Bank Jatim Tebar Dividen Jumbo Rp 816 Miliar
Tingkatkan Taraf Hidup Mitra Driver dan Keluarga, Gojek Kembali Buka Program Beasiswa
P3I Jatim Minta Walikota Surabaya Tidak Gegabah Tetapkan Tarif Baru Reklame
10 Media Rp3 Juta Saja, Jasasiaranpers.com Publikasikan Press Release Berita Khusus Ekonomi dan Bisnis
Indonesia Dapat Lalui 2023 dengan Lebih Baik Dibandingkan Ngara Tetangga Maupun Negara Industri
Penuh Inspirasi, Rektor STIE Bank BPD Jateng Sampaikan Dukungan untuk DPW PROPAMI
Sapu Langit Media Network Luncurkan Media Online 062.live – Portal Berita dengan Konten Khusus Video
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 14:26 WIB

Target Bangun Budaya, KORMI Sidoarjo Serahkan Alat Peraga Tradisional ke Sekolah-sekolah

Selasa, 5 Maret 2024 - 14:05 WIB

Lewat Program Inpres, Perumda Delta Tirta Sidoarjo Ajukan Permohonan Sambungan Gratis

Senin, 4 Maret 2024 - 17:45 WIB

Peringati Haul Buyut Qori ke-IX, Wabup Sidoarjo Apresiasi Pemdes Sidokerto

Senin, 4 Maret 2024 - 12:00 WIB

Konferensi GP Ansor Taman, Wabup Sidoarjo: Siapapun yang Terpilih, Mampu Nakhodai Antara Lembaga Eksekutif dengan Partai

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:19 WIB

Bangga Jadi Jujugan Investor, Wabup Sidoarjo Subandi dan Istri Hadiri Grand Opening Klinik Kecantikan Puspita

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:02 WIB

Cegah Bahaya Kekerasan Terhadap Anak, Unit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo Sosialisasi Program BERLIAN

Sabtu, 2 Maret 2024 - 19:47 WIB

Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif, Polsek Tanggulangin Bersama Forkopimka Gelar Patroli Gabungan

Sabtu, 2 Maret 2024 - 15:32 WIB

Wujudkan Keselamatan Berlalu Lintas, Polresta Sidoarjo Adakan Operasi Keselamatan Semeru 2024

Berita Terbaru