Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan dan Jaga Kualitas Ikan Hasil Tangkapan

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Revitalisasi Pelabuhan Nusantara Brondong dan Paciran, yang diselenggarakan di Kantor Kemenko PMK, pada Selasa (30/01/2024).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Revitalisasi Pelabuhan Nusantara Brondong dan Paciran, yang diselenggarakan di Kantor Kemenko PMK, pada Selasa (30/01/2024).

JATIMRAYA.COM, Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan wilayah pantai dan nelayan merupakan kawasan penyumbang kemiskinan yang cukup tinggi. Karena itu, pemerintah terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan nelayan.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Hal tersebut disampaikan Menko PMK dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Revitalisasi Pelabuhan Nusantara Brondong dan Paciran, yang diselenggarakan di Kantor Kemenko PMK, pada Selasa (30/01/2024).

“Kenapa ini Menko PMK yang koordinasikan masalah nelayan? karena ini intinya masalah kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan. Jadi wilayah-wilayah pantai sumbangan kemiskinan rata-rata di atas 50 persen,” ujar Menko PMK.

Dalam kesempatan itu hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono,  Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Pemda Provinsi Jawa Timur, Pemda Kab. Lamongan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), serta perwakilan Kementerian/Lembaga lainnya.

Muhadjir menyampaikan, bahwa salah satu pusat perikanan terbesar di Pulau Jawa adalah di Pelabuhan Kecamatan Brondong dan Paciran, di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Terdapat beberapa persoalan di sekitar Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong dan Paciran yaitu: Peningkatan kesejahteraan nelayan (peningkatan operasionalisasi kerja para nelayan dan menjaga kualitas ikan hasil tangkapan), dan belum terlaksananya pengerukan lumpur di kolam tambat labuh Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN).

Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan meningkatkan operasional kerja para nelayan dan menjaga kualitas ikan hasil tangkapan. Untuk menjaga kualitas hasil tangkapan, maka pemerintah akan mengadakan cold storage dan pabrik es. Berdasarkan paparan Menteri KKP bahwa saat ini di kawasan Brondong dan Paciran sudah ada cold strorage kapasitas 600 ton dan pabrik es 100 ton.

“Mohon Menteri Kelautan dan Perikanan untuk segera melakukan evaluasi dan membangun, menambah ketersediaan cold storage di kawasan pelabuhan. Prioritaskan juga untuk pembangunan pabrik es,” ujar Menko PMK.

Cantrang

Saat ini, di Pelabuhan Brondong masih banyak nelayan menggunakan cantrang. Hal ini menjadi persoalan karena kurang ramah lingkungan dan dari sisi kualitas ikan sulit terjaga. Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan sosialisasi supaya tidak menggunakan cantrang dan menjemput bola untuk perijinan.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono memberikan pendapat bahwa penanganan nelayan cantrang harus segera dilakukan. Saat ini terdapat 5 kapal sitaan atas nelayan yang melanggar batas dan bisa disumbangkan kepada nelayan di Brondong dan masih ada beberapa kasus kapal sitaan yang masih masuk persidangan nantinya dapat disumbangkan ke nelayan.

Menurut Muhadjir, perlu penanganan kusus untuk nelayan cantrang agar Menteri KKP segera merancang khusus penertibannya.

Kemudian, penyerahan 5 kapal agar segera Menteri KKP berkoordinasi dengan Bupati Lamongan, penyampaian dapat dilaksanakan pada acara petik laut.

Selanjutnya, problema yang dihadapi para nelayan di Kecamatan Brondong dan Paciran adalah sedimentasi yang ada di kawasan dermaga pelabuhan. Untuk penanganan pengerukan lumpur di kolam tambat labuh akan dilakukan Menteri Perhubungan, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemda Kabupaten Lamongan dilakukan secara bergotong-royong dan akan dilakukan upaya percepatan.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Untuk sedimentasi, maka akan dilakukan pengerukan di Kali Asinan Brondong. Telah dibangun Break water di Kecamatan Brondong oleh Kemen PUPR pada tahun 2021-2022 yang dimaksudkan agar gelombang menuju pelabuhan dapat direduksi 70 persen dengan demikian dapat membantu nelayan melakukan bongkar muat. Selain itu, sedimentasi dapat dicegah pada pelabuhan.

Normalisasi Kali Asinan

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kementerian PUPR telah mengarahkan Balai Besar Wilayah Sungai setempat untuk melakukan normalisasi di Kali Asinan sepanjang 6.355 m dan saat ini proses pengerukan tengah berlangsung. Menteri KKP menyampaikan bahwa proses pengerukan harus berlanjut dan perlu dibangun waduk yang juga dapat ditanami mangrove.

“Saya minta Pelindo untuk tetap turut serta dalam upaya revitasilasi, saya mohon Bapak Menteri Perhubungan untuk mengkoordinir peran para stakeholder sehingga pengerukan dapat diselesaikan,” ucapnya.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Dalam hal pembangunan, ada dua bendungan dihulu dan juga waduk untuk membendung yang dialirkan ke laut. Terhadap Pembangunan waduk, Menko PMK meminta agar Kementerian PUPR dapat segera berkoordinasi dengan Pemerintah daerah.

Menko PMK juga meminta kepada Bupati Lamongan supaya melakukan edukasi pembuangan sampah pada tempatnya agar tidak kembali terjadi sedimentasi. Juga secara serius menanvani sisi kekumuhan agar segera ditangani dengan rumah susun. Selain itu, supaya para istri nelayan agar diperhatikan status pekerjaannya di KTP untuk diubah menjadi nelayan agat bisa melakukan akses permodalan.

Dalam kesempatan itu, Menteri KKP juga mengatakan, penanganan kekumuhan di lingkungan nelayan dapat merujuk Kampung Nelayan Modern di Kabupaten Biak, Provinsi Papua. Brondong dapat dijadikan sebagai salah satu pilot project. Kedepan dapat dibuatkan Inpres untuk penanganannya agar melibatkan multisektor. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI
Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial
Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI
Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus
Penyerahan Kunci Huntap di Sulawesi tengah, Menko PMK: Jaga Kelestarian Serta Kebersihan Lingkungan
Inilah Momen Pertemuan Prabowo Subianto dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di KTT Gaza
Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Menko PMK: Kita Harus Kerja Keras
Kasus Buronan Harun Masiko, KPK Dalami Isi Telepon Seluler Milik Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:41 WIB

2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing

Senin, 17 Juni 2024 - 19:52 WIB

Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo

Senin, 17 Juni 2024 - 17:44 WIB

Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat

Minggu, 16 Juni 2024 - 21:37 WIB

Menko Muhadjir Berharap Pesantren Ar Roudhotul Ilmiyah Mampu Transformasi Menuju Keseimbangan

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Berikan Pembelajaran Inklusif, Menko Muhadjir Apresiasi Pondok Pesantren Al Ubaidah Kertosono

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36 WIB

Bacawalkot Malang Dwi Hari Cahyono Terapkan Program Pembuatan Sumur Resapan Setiap IMB Baru

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:18 WIB

Anggota Samapta Polresta Sidoarjo Laksanakan Patroli Kamtibmas Sekaligus Bagikan Makanan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:13 WIB

Serah Terima Kepala Kanim Tanjung Perak, I Gusti Tertantang Pertahankan Predikat WBBM dan WBK

Berita Terbaru

Menaker Ida Fauziyah. (foto: Humas Kemnaker RI)

Nasional

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Selasa, 18 Jun 2024 - 16:27 WIB