Pondok Ramadhan SMKN 1 Bendo Magetan Dapat Pemaparan dari KUA Setempat

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 22 Maret 2024 - 05:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suasana pondok Ramadhan SMKN 1 Bendo Magetan.

Suasana pondok Ramadhan SMKN 1 Bendo Magetan.

JATIMRAYA.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggelar kegiatan Pondok Ramadhan, yang dimulai Senin (18/3/2024) hingga Jumat (22/3/2024).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolahan setempat, Jl. Raya Bendo, Magetan, itu untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan 1445 H tahun ini.

Bernaung di Masjid Al Ikhlas SMKN 1 Bendo, ratusan siswa siswi kelas X dan XI itu mendapat pemaparan tentang perlu dan pentingnya – bukan sekedar beribadah – melainkan tata cara beribadah yang tepat dan benar sesuai tuntunan Islam.

Materi yang disampaikan dua nara sumber dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, Binti Masruroh, S.HI dan Zaenal Abidin, S.Pd.I, itu menyangkut teori dan praktek thaharah (bersuci), merawat jenazah (memandikan, menyalatkan), pembayaran zakat fitrah serta yang menyangkut pendidikan agama Islam lainnya.

“Dengan menerapkan praktik beribadah Islam secara benar, akan membawa nilai spiritual yang lebih tinggi. Itu yang kami harapkan kepada para siswa, kelak jika berada di tengah-tengah masyarakat,” jelas Drs. Sugiyanto, M.Pd, Kepala Sekolah SMKN 1 Bendo, kepada jurnalis, Kamis (21/3/2024).

Ditambahkannya, para siswa akan kehilangan momentum kesehatan rohani sekaligus jasmani, manakala mengabaikan puasa Ramadhan saat ini.

Kegiatan Pondok Ramadhan, menurutnya, merupakan ruang terbagus guna membentuk sikap taat penuh kepada Allah SWT bagi seluruh siswa pesertanya.

Kecuali itu, lanjutnya, selain faedah rohani juga terdapat manfaat lain yang luar biasa saat seorang Muslim menjalankan puasa secara kontinyu, yakni kesehatan jasmani (tubuh).

“Literasi yang pernah saya pelajari, puasa Ramadhan sebulan penuh secara kontinyu, merupakan proses detoksinasi (membuang racun) yang menumpuk dalam tubuh. Jika tubuh tanpa racun, fungsi otak akan meningkat. Singkatnya, manfaat puasa Ramadhan itu dunia dan akhirat,” jelas Sugiyanto.

Dalam hal praktik, dua pemateri dari KUA Bendo itu meminta satu per satu siswa untuk memperagakan cara berwudhu, cara memandikan dan menyalatkan jenazah dan praktik membayar zakat fitrah.

Kecuali penerapan praktik ibadah, para siswa peserta Pondok Ramadhan juga mengikuti ibadah sholat sunnah, Dhuha, bersama-sama di masjid setempat. Dilanjutkan pembacaan nadhom Asmaul Husna, hingga suasana religius terasa kental.

“Mengikuti kegiatan ini, saya merasa lebih terang tentang ibadah Islam. Karena ditunjang oleh praktik-praktik langsung. Terlebih dibimbing oleh tutor yang kompeten,” ungkap Zaenal Abidin dan Binti Masruroh, dua siswa peserta Pondok Ramadhan, kepada jurnalis.

Kedua pemateri menegaskan, kegiatan itu diharapkan mampu membawa para siswa peserta Pondok Ramadhan, mampu menjalani hidup dalam suasana bagaimana pun.

Terlebih, Ramadhan merupakan bulan – yang di dalamnya – Allah SWT menjanjikan kepada umat Muslim yang menjalankan puasa secara serius berupa rahmat, ampunan dan surga. (Andy Setiawan)***

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Berita Terkait

Polresta Sidoarjo Amankan Pelaku Begal Payudara di Jalan Raya Desa Sambibulu
Kapolresta Sidoarjo Tekankan Anggota di Samsat Agar Tidak Melakukan Pelanggaran
Kasus Pemotongan Intensif Pajak Pegawai, Koalisi Masyarakat Sipil Sidoarjo Siap Bantu KPK
Akan Menambal Ban, Truk Muatan Rongsokan Terperosok dan Terguling di Jalur Madiun
Halal bi Halal Polsek Sukodono Jaga Soliditas Sinergitas Tiga Pilar
Halal bi Halal Forkopimka Balongbendo, Mempererat Tali Silaturahmi dan Sinergitas
Berakhirnya Operasi Ketupat Semeru 2024, Kapolresta Sidoarjo Berikan Apresiasi Kepada Jajaran dan Stake holder
Open House, Ribuan Masyarakat Sidoarjo Bersilaturahmi dengan Bupati Sidoarjo Beserta Istri
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Minggu, 14 April 2024 - 14:06 WIB

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

Sabtu, 13 April 2024 - 17:56 WIB

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Rabu, 20 Maret 2024 - 18:18 WIB

Layanan #EmakHebat Berikan Solusi Terbaik dan Hemat untuk Masyarakat Selama Ramadan

Selasa, 19 Maret 2024 - 01:11 WIB

Konsisten Mengomunikasikan Value Perusahaan, BRI Raih 6 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Kamis, 11 Januari 2024 - 14:42 WIB

Ketua Umum RSI Kacuk Sumarto: Pengembangan Sawit Tidak Hanya Satu Sisi Tapi Menyeluruh

Kamis, 11 Januari 2024 - 14:28 WIB

PTPN IV Beri Dukungan Penuh RSI Jadi Wadah Perusahaan Kelapa Sawit di Indonesia

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:14 WIB

Jasasiaranpers.com Gelar Paket Promo Akhir Tahun 2023, Beli Publikasi 1 Press Release Dapat 1 Publikasi Gratis

Berita Terbaru