Respon Cepat Tim bersih Gunung Bantu Padamkan Kebakaran Gunung Gede

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 18 September 2023 - 19:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

kebakaran hutan terjadi di alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Jawa Barat.

kebakaran hutan terjadi di alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Jawa Barat.

JATIMRAYA.COM, Kebakaran hutan kembali terjadi di musim kemarau ini. Titik lokasi kebakaran hutan terjadi di alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Jawa Barat. Kebakaran terjadi jelang puncak acara Bersih Gunung Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Wibowo mengatakan, sebanyak tiga tim telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. Disebutkan, dugaan kebakaran di kawasan konservasi itu pertama kali terdeteksi berdasarkan tangkapan layar CCTV real time yang terpasang di sekitar kawasan savana.

“Alat itu memberikan sinyal ke kita adanya kepulan asap. Titiknya di alun-alun sebelah barat,” ujar dia.

Dari pengamatan terbaru melalui alat pantau itu, dikatakan Sapto, masih terdeteksi adanya asap di satu titik. “Semoga tidak meluas, personel sedang melakukan penanganan di lapangan,” ujar Sapto.

Info didapat juga dari Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) Anggit Haryoso yang mengatakan kebakaran hutan terpantau dari CCTV shelter emergency di Surya Kencana milik Rei.

“Info kami dapatkan pukul 13.19 WIB bahwa alun-alun gunung gede di Surya Kencana terbakar. Saat ini tim sudah ke lokasi, pihak balai besar tanggap sudah melalukan mobilisasi peralatan dan pasukan, ada gebyok dan jet shutter cairan pemadam api dan garu,” kata Anggit menjelaskan.

Hingga saat ini belum terkonfirmasi besaran luas area kebakaran. Juga penyebab dari kebakaran hutan tersebut. Menurut pantauan Tim Kemenako PMK di lapangan, tim bantuan BBTNGGP tiba pada pukul 15.45 dan memastikan tidak ada bara lagi, sehingga api dapat dipadamkan. Semoga tidak ada lagi titik api yang masih menyala.

Apresiasi respon cepat dari Tim BBTNGGP yang langsung menerjunkan 20 tim pemadam juga dibantu oleh 14 anggota dari tim aksi nyata bersih Gunung Gede-Pangrango Kemenko PMK yang turun langsung membantu memadamkan api dengan peralatan pemadam.

Diketahui aksi bersih gunung Gede Pangrango akan dilaksanakan pada 17-19 September 2023, puncaknya pada Selasa (19/92023) dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang merupakan bagian gerakan Revolusi Mental untuk mengurangi sampah yang berserakan di gunung, juga kesempatan mengedukasi pendaki dan masyarakat umum agar tidak mengotori gunung dengan sampah.

Kegiatan ini didukung sejumlah instansi, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kemenpora, POLRI, Pemprov Jawa Barat, Pemda Kabupaten Bogor. Serta organisasi dan instansi seperti Universitas Negeri Jakarta, Mapala UI, World Clean Up Day dan lembaga swadaya yang mengelola sampah. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim
Cara Nabi SAW Menghadapi Penyakit Menular (Wabah)
Nabi SAW Pun Pernah Kena Santet (sihir)
Nasyrul Quran Malaysia Bersinergi dengan IPB Solo Cetak 1 Juta Alquran
Nasehat Kematian dari Musibah Presiden Ebrahim Raisi
Pengalaman Spiritual Hajji
Orang Yang Terakhir Masuk Surga
Syafaat Nabi SAW
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB