Capai Nilai Realisasi 79 Persen, Komitmen Kolaborasi P3DN dan PDN Jatim Semakin Terlihat Jelas

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 15 September 2023 - 22:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim ketika melakukan pengecekan terhadap produk P3DN dan PDN.

Gubernur Jatim ketika melakukan pengecekan terhadap produk P3DN dan PDN.

JATIMRAYA.COM, Dalam upayanya mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa fokus pada peningkatan pemanfaatan produk dalam negeri (P3DN) untuk belanja pemerintah. Hingga September 2023, realisasi belanja Produk Dalam Negeri (PDN) seluruh instansi pemerintah di lingkungan Pemprov Jatim mencapai 79 persen. Lebih lanjut, selama periode tersebut Pemprov Jatim telah melakukan transaksi belanja produk dalam negeri melalui e-katalog sebesar Rp 1,58 triliun.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Komitmen Gubernur Khofifah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah terlihat dari berbagai inisiatif tersebut. Dengan memprioritaskan produk dalam negeri, ia bertujuan untuk memperkuat industri lokal dan mendukung bisnis dalam negeri. Upaya tersebut tidak hanya berkontribusi dalam mendongkrak perekonomian tetapi juga menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri di kalangan produsen lokal.

Kemajuan signifikan yang dicapai dalam peningkatan belanja PDN mencerminkan dedikasi dan kepemimpinan efektif Gubernur Khofifah. Melalui kemitraan strategis dan proses pengadaan yang disederhanakan, beliau secara aktif berupaya mencapai perekonomian yang berkelanjutan dan berkembang di provinsi Jawa Timur.

Secara keseluruhan, tekad Gubernur Khofifah untuk memprioritaskan produk dalam negeri dalam belanja pemerintah menunjukkan komitmennya yang teguh dalam meningkatkan perekonomian daerah dan memberdayakan masyarakat lokal di Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah realisasi belanja PDN di Jatim per September 2023 mencapai 79 persen.Kami berharap dengan memaksimalkan belanja PDN, akan turut mengungkit ekonomi Jatim mulai dari mikro kecil menengah hingga yang sudah skala industri,” urai Khofifah

Menurut penuturannya, total nilai transaksi yang dilakukan melalui e-katalog hingga September 2023 mencapai Rp 1,58 triliun. Transaksi tersebut melibatkan 106.385 produk dalam negeri yang bersumber dari 5.573 penyedia.

Khofifah juga mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan sektor hilir. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempercepat proses sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada usaha industri di Jawa Timur.

“Pada tahun 2023 ini tercatat sudah ada 763 perusahaan dan industri di Jatim yang telah memiliki sertifikat TKDN. Dimana saat ini terdapat 7.553 sertifikat TKDN yang masih berlaku. Pencapaian ini mencatatkan Jatim di posisi tiga tertinggi nasional,” kata Khofifah.

Guna mendorong pertumbuhan industri lokal dan pemanfaatan barang dalam negeri, Khofifah menegaskan Pemprov Jatim tengah mempercepat proses pengadaan produk dan jasa dalam negeri. Hal ini antara lain membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengikuti e-katalog, mendesak instansi daerah untuk memprioritaskan anggaran belanja produk dalam negeri, dan mempercepat sertifikasi TKDN bagi pelaku industri, khususnya UKM dan IKM.

“Dengan upaya-upaya itu kita berharap dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan utilisasi industri nasional, meningkatkan kesempatan kerja, dan mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri,” tutup Khofifah. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Ekosistem Pangan Nasional Harus Dibangun Terintegrasi dan Komprehensif, Mulai dari Aspek Hulu hingga Hilir
Pemkot Surabaya Imbau Masyarakat Mampu Beli LPG 12 Kilogram
Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Liburan Hari Raya Idul Adha, KAI Tambah Belasan Kereta Tambahan
Ingin Tetap di Hati Masyarakat Surabaya, Happy Puppy Bagikan 6 Ton Beras Kepada Warga
Upacara Harlah Pancasila di Riau, Ketua DPD RI Apresiasi Upaya Pemerintah Jaga Ketahanan Energi
BRI Himbau Masyarakat Tidak Mudah Terpancing Isu Uang Hilang di Sosial Media, Ini Fakta-Faktanya!
Rakernas IMA 2024, Mendag Minta IMA Terus Kontribusi dan Berikan Dampak Signifikan Bagi Ekonomi Indonesia
Pelatihan Budidaya Bebek, 30 Anggota Gapoktan Sekar Jaya Terima 100 Bibit Bebek Peking Gratis
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB