DR Ahmad Basarah Bakal Menduduki Kursi Pertama DPR RI dari Dapil V Malang Raya

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 19 Februari 2024 - 11:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wakil Ketua MPR RI, DR Ahmad Basarah seusai memberikan hak suaranya di Dapil  Jatim V, Malang Raya.

Wakil Ketua MPR RI, DR Ahmad Basarah seusai memberikan hak suaranya di Dapil Jatim V, Malang Raya.

JATIMRAYA.COM – DR Ahmad Basarah bakal berjalan mulus meraih kursi pertama DPR RI dari Dapil Jatim V, Malang Raya.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Perolehan suara Wakil Ketua  MPR RI saat ini mencapai sekitar 96 ribu. Jumlah tersebut lebih kecil dibanding perolehannya dalam Pemilu 2019 lalu atau sebesar 104.914.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Riandiana Kartika, membenarkan perolehan suara Ahmad Basarah diprediksi mampu mengantarkannya meraih kursi pertama DPR RI dari Dapil Jatim V.

Perolehan suara Ahmad Basarah masih berpeluang bertambah, karena masih ada beberapa tempat pemungutan suara (TPS) yang belum terekapitulasi.

“Kami tetap optimis PDI Perjuangan bisa mempertahankan posisi sebagai partai pemenang Pemilu, termasuk di Dapil Jatim V. Kami optimis bakal mengirimkan wakil-wakil ke DPR RI, minimal sama seperti Pemilu 2019,” kata Made.

Seperti diketahui, Pemilu 2019, dari Daerah Pemilihan Jawa Timur V, PDI Perjuangan mendudukkan tiga wakilnya, yakni Ahmad Basarah, Krisdayanti dan Andreas Eddy Susetyo.

Melihat perkembangan perhitungan internal partai, Ketua DPRD Kota Malang ini yakin ketiga nama tersebut bakal kembali ke Senayan, terutama Ahmad Basarah.

Made tetap mengingatkan kepada seluruh kader dan simpatisan PDI Perjuangan, untuk bersama-sama menjaga setiap suara yang didapatkan, terutama dengan mengawal penghitungan suara mulai dari tingkat TPS hingga KPU.

“Di tengah gempuran kecurangan di Pemilu 2024 ini, kami tetap optimis untuk PDI Perjuangan, akan bisa mempertahankan posisi sebagai partai pemenang Pemilu.” tutur Made.

Untuk perhitungan pemilihan calon anggota legislatif dari berbagai tingkatan, terus berlangsung di seluruh versi perhitungan. Baik perhitungan real count KPU lewat laman pemilu2024.kpu.go.id., ataupun perhitungan berjenjang secara manual. Termasuk juga perhitungan di internal masing-masing partai politik peserta Pemilu 2024.

PDI Perjuangan di Malang Raya, yang termasuk dalam Dapil Jatim V, juga hampir menyelesaikan perhitungan perolehan suara di internal partai.

Hasilnya, diprediksi Dr. Ahmad Basarah, caleg DPR RI dengan nomor urut 1 PDIP, bakal menduduki kursi pertama DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur V (Malang Raya).

Sementara, Direktur Center for Election and Political Party, Prof. Dr. Asep Nurjaman, M.Si., menegaskan, pada Pemilu 2024 ini, tetap akan dikuasai dua kekuatan besar. Yakni dari afiliansi partai nasionalis yang diwakili PDI Perjuangan dan partai Islam lewat PKB.

Bahkan perolehan suara keduanya, yang juga bisa disebut sebagai partai mapan, diprediksi tidak banyak berubah dibandingkan Pemilu 2019 lalu.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Meski ada juga partai lainya di luar PDI Perjuangan dan PKB, yang biasanya akan mengambil suara dari foating mass, tetap harus diperhitungkan,” terangnya.

“Tetapi pada partai-partai mapan itu, akan sulit untuk diganggu gugat. Saya memprediksi, PDI Perjuangan dan PKB, akan relatif stabil di Pemilu 2024 ini. Mereka masih sulit untuk diganggu gugat,” tandas dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sekalipun demikian, Prof. Asep tetap meminta semua pihak menunggu hasil resmi perhitungan suara, yang akan dikeluarkan oleh KPU. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Berikut 3 Nama Calon Kuat Wali Kota Solo Menurut Versi Solo Polling Center, Termasuk Kaesang Pangarep
Dialektika Gombal Mukiyo
Kekuasaan Itu Fana
Analisis Politik: Terseok dan Rapuh
Glaukoma Demokrasi
Preseden Buruk Sang Presiden
VIDEO – Pilkada Serentak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Siap Bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur
Pilkada Serentak 2024, Ketua PWI Jatim Siap Tarung Sebagai Calon Gubernur Jawa Timur
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 08:34 WIB

Di Perlintasan Madiun, Sebuah Minibus Tertabrak KA Cepat Argo Semeru

Jumat, 12 April 2024 - 13:41 WIB

Bupati Sidoarjo Gerak Cepat Tangani Banjir di Desa Semampir Sidoarjo

Jumat, 12 April 2024 - 08:01 WIB

Hujan Deras di Trenggalek Hanyutkan Sebagian Rumah dan Amblas Terbawa Arus

Selasa, 9 April 2024 - 19:41 WIB

Jelang Idul Fitri 1445 H, Tim Satgas Sidoarjo Lakukan Pengecekan Bahan Pokok

Selasa, 9 April 2024 - 19:06 WIB

Antisipasi Bahaya Kriminal, Polresta Sidoarjo Imbau Agar Menitipkan Barang di Mako

Senin, 8 April 2024 - 23:47 WIB

Kapolres Pamekasan dan Pengurus Bhayangkari Berikan Tali Asih Kepada Petugas Operasi Ketupat Semeru 2024

Senin, 8 April 2024 - 23:16 WIB

PIJP Salurkan Bantuan Hingga Santuni Anak Yatim Jelang Idul Fitri 1445 H

Minggu, 7 April 2024 - 15:57 WIB

Para Pengurus PAC Gerindra Sidoarjo Sepakat Dukung Mimik Idayana Bersaing Dalam Pilkada 2024

Berita Terbaru