Menimang “Pulung” Rekomendasi dari PKB untuk Abah Bandi atau Mas Iin

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 4 Juni 2024 - 14:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

H. S. Makin Rahmat

H. S. Makin Rahmat

Oleh: H. S. Makin Rahmat, Ketua SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Jatim & mantan Ketua LPBH NU Sidoarjo 2 Periode.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

JATIMRAYA.COM – Sebagai warga Nahdliyyin (Nahdlatul Ulama) ikut tergerak mengikuti perkembangan politik Sidoarjo, khususnya menjelang Pemilukada serentak 27 November 2024.

Bagi Al faqir persoalan hukum yang menjerat mantan Kepala Daerah/ Bupati Sidoarjo Drs. H. Wien Hendraso dan H. Saiful Ilah, SH, MHum serta Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor merupakan rangkaian puzzle politik yang tidak bisa terpisahkan begitu saja, termasuk ikhtiar memperebutkan rekomendasi.

Siapa pun yang ikut bersaing dan bermain politik di Sidoarjo, sebetulnya kuncinya bagaimana bisa menguasai suara mayoritas Nahdliyyin yang telah memaklumatkan secara riil didominasi partai kebangkitan Bangsa (PKB), memperoleh 15 kursi.

Walau mengalami penurunan, PKB Sidoarjo dibawah komando Abah Bandi patut bersyukur karena bersamaan dengan badai tsunami yang begitu dahsyat. Hal membuktikan, peran ulama masih mempunyai basis massa kuat untuk memilih dan memilah antara Pilpres dan Pileg.

Tanpa mengesampingkan kepentingan parpol yang lain, terutama Gerindra kian menggeliat, sosok madzhab pribadi tidak bisa terpisahkan. Jujur, Abah Ipul, mantan Wabup dan Bupati dua periode masih menyimpan mesiu dan loyalis serta bargaining dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Begitu pula kubu Bumi Sholawat (BS) dengan kharisma KH Agoes Ali Masyhuri. Walau mengalami kerenggangan komunikasi di internal PKB, pasca Deklarasi dukungan ke Paslon Pilpres 02 Prabowo-Gibran, fanatisme, strategi dan suwuk Gus Ali tidak bisa dianggap sembarangan.

Hasil Rukyatul tim survei politik untuk mangapling elektabilitas, bagi saya merupakan dirigen arasemen politik pendukung, penyokong turunnya rekomendasi. Secara kalkulasi, koalisi besar yang dibangun PKB dengan tim desk Pilkada menjadi jejaring awal melapangkan jalan demi suksesnya Pilkada Sidoarjo yang belum bisa lepas dari patron ulama, NU dan Nahdliyyin.

Bahkan untuk mengunci, Abah Bandi sudah menghitung sebanyak 41 kursi hampir pasti berada di barisannya. Selain PKB, ada Gerindra, Golkar, Nasdem, Demokrat, PKS , PAN dan PPP siap  membentuk koalisi besar membangun Sidoarjo.

Kembali ke estimasi, hanya PDIP yang aktif menjaring bacabup dan bacawabup. Itupun dengan catatan dapat support dari partai lain, setidaknya PAN dan PKS. Tapi, prediksi Al faqir, itu hanya sebagai penggembira lebih terhormat daripada calon tunggal lawan bumbung kosong.

Kembali mencermati kepada siapa rekomendasi PKB akan turun? Duet kakak beradik, Abdul Halim Iskandar Ketua DPW PKB Jatim dan Ketum PKB Gus Imin merupakan pasangan multitalent. Gemblengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang akhirnya ditlikung, bisa Al faqir pastikan ada jurus-jurus akrobatik yang sensasional, hingga “Pulung” rekomendasi turun ke Abah Bandi atau H. Ahmad Amir Askichin alias mas Iin.

Mengapa nama H. Usman, Ketua DPRD Sidoarjo tidak masuk dalam perhitungan. Al faqir yang kebetulan banyak terlibat dalam pergolakan politik di Sidoarjo, yakin Abah Usman kader yang loyal dan penuh dedikasi. Kemampuan kedekatan dengan Abah Ipul (mas Iin) dan sebelumnya begitu mesra dengan Gus Muhdlor BS, bisa menafsirkan sendiri sosok Abah Usman sebagai politisi figuran yang pantas mendapatkan Oscar.

Sekali lagi, banyak misteri yang belum terungkap ke permukaan. Siapa pun punya hak berpendapat dan menyampaikan argumentasi. Pertanyaan menggelitik, mengapa rekomendasi dari PKB belum turun, padahal Abah Bandi juga Ketua PKB Sidoarjo sudah memproklamirkan diri mendaftarkan bersama Bu Hj Mimik Idayana, istri dari politikus Gerindra anggota DPR RI H. Rahmat Muhajirin. Semua patut disimak. Wallahu a’lam bish-showab. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Maju Pilkada 2024 Sidoarjo, Bacalon Bupati Mas Lin Ikuti UKK yang di Gelar DPP PKB
Ketua Umum SMSI Pusat Beri Himbauan, Wujudkan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai
Terbukti Kinerjanya, Prabowo Subianto Dukung Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur
Gibran Akan All Out Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024
Temui Kaesang Sambil Makan Nasi Bebek, Pengacara Muda Ini Bocorkan Soal Pilwali Surabaya 2024
Didukung Pelajar, Richard Handiwiyanto Ramaikan Pilkada Surabaya 2024
Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi
Harapan Ketua Fraksi PAN DPR RI Terkait dengan Jatah Menteri untuk PAN di Pemerintahan Prabowo – Gibran
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:41 WIB

2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing

Senin, 17 Juni 2024 - 19:52 WIB

Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo

Senin, 17 Juni 2024 - 17:44 WIB

Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat

Minggu, 16 Juni 2024 - 21:37 WIB

Menko Muhadjir Berharap Pesantren Ar Roudhotul Ilmiyah Mampu Transformasi Menuju Keseimbangan

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Berikan Pembelajaran Inklusif, Menko Muhadjir Apresiasi Pondok Pesantren Al Ubaidah Kertosono

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36 WIB

Bacawalkot Malang Dwi Hari Cahyono Terapkan Program Pembuatan Sumur Resapan Setiap IMB Baru

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:18 WIB

Anggota Samapta Polresta Sidoarjo Laksanakan Patroli Kamtibmas Sekaligus Bagikan Makanan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:13 WIB

Serah Terima Kepala Kanim Tanjung Perak, I Gusti Tertantang Pertahankan Predikat WBBM dan WBK

Berita Terbaru

Menaker Ida Fauziyah. (foto: Humas Kemnaker RI)

Nasional

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Selasa, 18 Jun 2024 - 16:27 WIB