Menko PMK: Doni Monardo Adalah Sosok Prajurit yang Malang Melintang di Dunia Militer

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 4 Desember 2023 - 18:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman Pimpin prosesi upacara pemakaman mantan Kepala BNPB Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin (4/12/2023).

Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman Pimpin prosesi upacara pemakaman mantan Kepala BNPB Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin (4/12/2023).

JATIMRAYA.COM, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Innalillahi wa inna ilayhi raji’un. Pada kemarin sore kita telah kehilangan kawan kita, Bapak Letjen TNI (Purn) Doni Monardo. Tentu saja kita semua seluruh Rakyat Indonesia pasti kehilangan beliau,” ungkap Muhadjir saat melayat ke rumah duka almarhum di Serpong Utara, Tangerang Selatan, pada Senin (4/12/2023).

Menko Muhadjir mengatakan, almarhum sebagai sosok prajurit yang telah malang melintang di dunia militer.   Almarhum telah memberikan dharma bakti terbaiknya untuk bangsa dan negara ini, termasuk saat menjabat sebagai Kepala BNPB dan menangani pandemi Covid-19.

Muhadjir menceritakan kenangannya saat bertugas bersama dalam menangani Covid-19 pada masa awal pandemi. Ketika itu Doni menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Muhadjir menjabat sebagai Ketua Pengarah Gugus Tugas.

“Saya mengenal beliau sangat intens, terutama ketika bersama-sama menangani pandemi Covid-19,” ucapnya.

Kemudian, Muhadjir berbagi kenangan masa-masa bertugas bareng almarhum dalam menangani Covid-19 di tahun 2020, yaitu ketika mengevakuasi WNI dari Wuhan, Cina yang kemudian ditampung di pusat karantina di RS Darurat Pulau Natuna. Kala itu, dalam membangun RS Darurat banyak tentangan masyatakat setempat.

Berkat luwesnya almarhum dalam melobi sehingga tentangan masyarakat diredam dan akhirnya berjalan lancar.

“Kita juga mengevakuasi mereka yang terjebak di kapal Diamond Princess di Yokohama yang merupakan episentrum kedua setelah Wuhan, kita juga menyelamatkan mengevakuasi dari kapal World Dream yang kemudian semuanya kita tampung di Pulau Sebaru bersama-sama Pak Doni. Dan Pak Doni di sana menyiapkan rumah sakit darurat dan semuanya lancar,” ujarnya.

Muhadjir mengatakan, semasa menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo tidak pernah pulang ke kediamannya. Sebagai bentuk keseriusannya dan tanggung jawab dalam menangani Covid-19, dia rela berkantor dan tinggal di Kantor BNPB.

“Selama menangani Covid-19, Pak Doni tidak pernah pulang, jadi sehari-hari ngantor dan tinggal di kantor BNPB,” ucapnya.

Muhadjir mengungkapkan, semasa menangani Covid-19, Doni Monardo tidak dalam keadaan prima karena memiliki penyakit komorbid. Namun masa awal Covid-19, konsep komorbid belum begitu dikenal dan hanya dianggap sebagai gangguan kesehatan dianggap biasa saja.

“Baru-baru saja mulai ada konsep mereka yang komorbid rawan terhadap Covid-19. Mulai itulah kita mencoba membatasi beliau untuk tidak banyak turun lapangan terutama ke rumah sakit,” ujarnya.

Muhadjir mendoakan segala amal baik Doni Monardo dapat diterima Allah SWT, dan mendapatkan tempat yang mulia. “Semua sudah berakhir, dan siapapun memang akhirnya harus berakhir perjalanan kita, akan menghadap Tuhan yang maha kuasa menyusul beliau. Mudah-mudahan semua amal baiknya diterima di sisi Allah SWT dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya”.

Dia juga menyatakan Doni Monardo sebagai sosok yang sangat baik, dan meyakini semua amal baik almarhum di dunia bisa menjadi modal untuk menghadap Tuhan.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Beliau adalah pribadi yang sangat baik. Saya yakin seluruh amal kebajikannya akan menjadi modal utama beliau untuk menghadap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita doakan semua mudah-mudahan beliau Husnul Khotimah,” ucap Muhadjir merapal doa.

 Sosok yang Pro Lingkungan,

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Seusai melayat, Menko PMK Muhadjir Effendy juga menghadiri langsung prosesi pemakaman mantan Kepala BNPB Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin (4/12/2023).  Prosesi upacara pemakaman dipimpin oleh Inspektur Upacara, Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman. Upacara pemakaman berlangsung sekitar pukul 11.30 WIB. Prosesi pemakaman secara militer itu dihadiri oleh seluruh rekan sejawat, beberapa pejabat di TNI dan pemerintahan. Upacara pemakaman erlangsung khidmat dan tertib.

Di kesempatan itu, Muhadjir juga menyampaikan sosok Doni Monardo sebagai sosok yang rendah hati dan pro lingkungan. “Beliau rendah hati, luwes dalam pergaulan, pergaulannya sangat luas. Dan selalu komitmen terhadap pro lingkungan.”

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Menurut Menko PMK, Doni Monardo sangat peduli terhadap lingkungan. Almarhum Doni selalu mengampanyekan penanaman pohon di manapun kegiatannya. Doni punya jasa yang besar dalam penanganan bencana dan penyelamatan lingkungan.

Di antaranya adalah dalam penanganan longsor, almarhum menginisasi penanaman tanaman akar wangi atau vetiver, dan juga dalam penanganan rehabilitasi Sungai Citarum.

“Dan beliau termasuk yang mengusulkan tanaman vetiver untuk menangani tanah longsor. Dan sampai sekarang menjadi tanaman yang dijadikan oleh negara kita untuk ditanam di daerah yang rawan longsor,” ujarnya.

“Mudah-mudahan itu semua menjadi amal jariyah beliau dan dia akan terus mendapatkan pahala selama kita terus meneruskan apa yang dia rintis,” ungkap Menko PMK.

Sebagai informasi, Mantan Kepala BNPB dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo berpulang pada Minggu, 3 Desember 2023. Doni Monardo wafat di usia 60 tahun, lahir pada tanggal 10 Mei 1963. Doni jatuh sakit dan menjalani proses perawatan intensif di rumah sakit sejak 22 September 2023. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial
Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI
Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus
Penyerahan Kunci Huntap di Sulawesi tengah, Menko PMK: Jaga Kelestarian Serta Kebersihan Lingkungan
Inilah Momen Pertemuan Prabowo Subianto dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di KTT Gaza
Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Menko PMK: Kita Harus Kerja Keras
Kasus Buronan Harun Masiko, KPK Dalami Isi Telepon Seluler Milik Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto
Kemnaker Terus Perkuat Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Belanda
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:41 WIB

2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing

Senin, 17 Juni 2024 - 19:52 WIB

Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo

Senin, 17 Juni 2024 - 17:44 WIB

Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat

Senin, 17 Juni 2024 - 17:27 WIB

Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Berikan Pembelajaran Inklusif, Menko Muhadjir Apresiasi Pondok Pesantren Al Ubaidah Kertosono

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36 WIB

Bacawalkot Malang Dwi Hari Cahyono Terapkan Program Pembuatan Sumur Resapan Setiap IMB Baru

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:18 WIB

Anggota Samapta Polresta Sidoarjo Laksanakan Patroli Kamtibmas Sekaligus Bagikan Makanan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:13 WIB

Serah Terima Kepala Kanim Tanjung Perak, I Gusti Tertantang Pertahankan Predikat WBBM dan WBK

Berita Terbaru

Menaker Ida Fauziyah. (foto: Humas Kemnaker RI)

Nasional

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Selasa, 18 Jun 2024 - 16:27 WIB