Prof Dr Murpin Josua Sembiring : Presiden 2024 Saya Harus Pilih Siapa?

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 13 Oktober 2023 - 22:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring.SE.,M.Si, Profesor Ilmu Manajemen Strategi & SDM Universitas Ciputra Surabaya.

Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring.SE.,M.Si, Profesor Ilmu Manajemen Strategi & SDM Universitas Ciputra Surabaya.

Oleh : Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring.SE.,M.Si

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

* Pengamat Kebijakan Ekonomi Nasional & Global

* Profesor Ilmu Manajemen Strategi & SDM Universitas Ciputra Surabaya

 

JATIMRAYA.COM, Pilihlah Presiden kita yang paham, mampu dan mau menjalankan dengan sekuat daya pikir, tenaga, potensi yang dimiliki yang bila harus buat keputusan/kebijakan tidak “populer” dimata pendukung (dukung suara, dukung dana, dukung apa saja) pada pemilu yang berlangsung lakukan demi kepentingan rakyat yang lebih luas, lintas baju partai (berkoalisi dengan Rakyat), lintas politik identitas yang kontraproduktip, lintas suku-agama dan ras, dan beberapa point penegasan keresahan, harapan dan sumbang pikir seorang rakyat aktivis yang akademisi dibawah ini.

Menuju layanan berkualitas bagi kesejahteraan rakyat, dimensinya kental dengan unsur efisiensi dan efektivitas dimana efisiensi dan efektip prasyarat utamanya dalam struktur pemerintah pusat hingga ke desa wajib gunakan paham “miskin struktur kaya fungsi” (sedikit kementeriannya, sedikit struktur birokrasi di pemerintahannya, tidak wajib bagi habis jabatan kepada semua tim suksesnya) selanjutnya miskin struktur kaya fungsi harus didukung oleh SDM yang selektip, professional yang hight tecnologi, hight speed worker.

Pada awal pemenangan Pilpres dipastikan akan alami kontraksi/ turbulensi yang hebat kesemua penjuru mata angin (atas,bawah, kiri dan kanan, tim sukses, sukses tim, partai pendukung, sponshorsip dst) dan pada titik ini demi rakyat maka harus siap tidak populer dan potensi kontraproduktip dari hiruk pikuknya saatnya kontestasi Pilres itu sendiri.

Presiden yang mampu memastikan semua jajarannya dan keluarganya bertindak transparansi, taat regulasi, yang tidak sloganisme/pencitraan namun mampu dan nyata meminimalisir penyalahgunaan wewenang, kecurangan dengan cara mengunakan system digital dalam semua urusan proyek, investasi dan perizinannya, tender, pengadaan, pembangunan dan layanan sebab itu menjadi penting bagi investor/pebisnis yang tentunya membuat kita cepat maju dan jauh lebih penting dari itu semua tindak tegas dan cepat tanpa pandang siapapun yang menyalahgunakan kewenangan.

Presiden yang personal brandingnya berantas korupsi hingga ke akarnya

Presiden pilihan kita jika terpilih nanti pidato resmi kenegaraan pertamanya saya buatkan draft point utamanya yang berbunyi “saudara-saudara disini saya undang perusahaan yang membuat peti mati, saya minta disiapkan 100 peti mati untuk para koruptor di Kabinet dan jajaran saya dan sisakan untuk keluarga saya dan saya sebagai Presiden panglima tertinggi menghapus garis kemiskinan di Indonesia secara terukur dan sistemik”. Tidak perlu berkali-kali bicara/berpidato tentang komitmen berantas korupsi dibanyak moment tapi berani menjalankannya maka Indonesia maju dan rakyat sejahtera.

Boleh dicontoh strategi senyap berbobot dilakukan Presiden Xi Ching Ping awal Pidatonya jadi Presiden RRT membuat statement bahwa ada target menghapuskan garis kemiskinan di China dengan reformasi ekonomi sejak tahun 1980an dan tahun 2020 dia berhasil mengentaskan 100 juta orang dari kemiskinan dan pengamat menyatakan ini “mukjizat kemanusian” paling singkat yang pernah terjadi.

Pemerintah Beijing menetapkan kriteria miskin adalah mereka yang berpenghasilan Rp.32.000/hari. Coba contoh strategi Presiden Xi yang brilian, tenang, berwibawa tanpa banyak bicara tapi serius membuktikan (satunya kata dengan fakta nyatanya). Intinya Presiden Xi sukses menghapus garis kemiskinan di Tiongkok factor paling dominan adalah tidak ada tempat bagi koruptor di RRT, Koruptor “haram” dan segera dihukum mati hingga efek jera sangat luarbiasa dampaknya.

Sumber dana sangat potensial dan terpenuhi dengan mudah adalah dari pemiskinan para koruptor, pemberantasan mafia pertambangan yang menurut data Abraham Samad (eks ketua KPK) jika mafia pertambangan bisa diberantas seluruh rakyat Indonesia tanpa bekerja bisa mendapatkan dana Rp 20.000.000 juta perbulan, juga mafia migas, mafia perdagangan, mafia tanah, makelar kasus dst. UU No 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang sudah ada tapi macan kertas, RUU perampasan aset sudah diserahkan ke DPR RI pada tanggal 4-5-2023 namun belum juga disahkan, jika Presiden terpilih punya nyali besar untuk cinta rakyatnya, maka tidak perlu menunggu keputusan DPR RI namun segera tandatangan Perpu terkait korupsi, pencucian uang, pembuktian terbalik, pemiskinan para koruptor karna ada unsur ke-daruratannya yang serius dan pasti rakyat mendukungnya.

Fokus pada manajemen dan perencanaan SDM yang terampil dan produktip dengan membuat roadmap jangka pendek, jangka menenggah dan panjang. Peringkat ketrampilan SDM di 9 negara Asean berdasarkan GCI (global competitiveness index) kita pada posisi no 4 dan yang nomer satu Singapore. Harus ada upaya yang massip melalui program pendidikan formal, informal dan non formal yang jelas, terukur dan saatnya timingnya perkuat program advokasi lewat SMK, Politeknik-politeknik yang diminati kaum mellenial dengan keahlian spesifik yang dibutuhkan dalam inovasi-inovasi teknologi terapan untuk dunia usaha dan industry, perikanan, khusus focus disektor modernisasi pertanian yang menjanjikan masa depan income yang tinggi bagi petani mellenial yang modern (agrotecnologi, rekayasa bioteknologi, bibit unggul dlsb) agar terwujudnya kedaulatan pangan bukan ketahanan pangan. Mencetak Skill SDM dikalangan mellenial berupa : literasi digital, decision making by data base/algoritma/data analytic, Internet of things, Project management, hybrid knowledge dll yang intinya siapkan pengetahuan dan ketrampilan yang relevan dengan era saat ini maupun proyeksi kedepannya.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Hilirisasi dan menjadi pemain global

Tidak ada negara bisa maju ekonominya jika tidak “memaksakan” dirinya dalam proses Hilirisasi karna Hilirisasi proses pengolahan bahan baku hingga barang setenggah jadi dan barang jadi maka perputaran ekonomi lancar, penciptaan lapangan kerja, munculnya kemampuan-kemampuan teknologi dan industry kreatif dikalangan kelompok mellenial. Harus focus dan serius rancang bangun dengan roadmap untuk hilirisasi: nikel (diperkirakan 37,04 persen nikel dunia ada di Indonesia dan nikel adalah bahan baku stainless steel, logam anti karat, baterai nickel-metal hybride dll), kelapa sawit (luas lahan 16,8 Juta Ha dengan produksi 48,23 juta ton/thn, 54 persen kelapa sawit global ada di Indonesia), produk pertanian, industry yang mana potensi kita sangat besar dan mampu mencapai puncak nilai ekonomi (value added) bagi rakyat dan negara kita.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Hilirisasi kuncinya juga harus dibangun/ dikembangkan lagi lebih banyak dan efisien 21 smelter (pemurnian) yang telah Indonesia miliki : 15 smelter nikel (di Halmahera kapasitasnya 20.000 ton dan sudah eksport; di Morowali 30.000 ton, di Pomalaa 120.00 ton), 2 smelter bauksit, 2 smelter tembaga, 1 smelter mineral besi, 1 smelter mineral pangan. Keilmuan utama yang dibutuhkan diberbagai jenis Smelter ini adalah Insinyur teknik material dan metalurgi (JTMM) selain teknik pertambangan, teknik mesin, geologi dll namun Indonesia hanya memiliki 300 orang insinyur JTMM sehingga ini menjadi perhatian serius dunia pendidikan mempersiapkannya.

Mari pilih Presiden kita pada tahun 2024 yang berproses mendesign arah perwujudan apa yang telah diprediksi lembaga-lembaga dunia seperti McKinsey, IMF, Bloomberg dan Word Bank bahwa pada tahun 2045 Indonesia emas menjadi no 5 kekuatan ekonomi dunia dimana pada saat itu semua rakyat sejahtera dengan income perkapita lebih dari 25.000 USA dollar dan pertumbuhan ekonomi Indonesia rata-rata 6-7 persen . Ayo Pilih Presiden yang piawai menjaga kebhinekaan menjadi kekuatan bersama, mampu ciptakan iklim investasi yang kondusip (minimalisir country risk), mampu membangun sinergi budaya, karakter dan mental yang positip/produktip didalam negeri maupun pergaulan global berdasarkan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar Negara kita. (Andy Setiawan)***

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Berita Terkait

Maju Pilkada 2024 Sidoarjo, Bacalon Bupati Mas Lin Ikuti UKK yang di Gelar DPP PKB
Ketua Umum SMSI Pusat Beri Himbauan, Wujudkan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai
Terbukti Kinerjanya, Prabowo Subianto Dukung Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur
Gibran Akan All Out Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024
Menimang “Pulung” Rekomendasi dari PKB untuk Abah Bandi atau Mas Iin
Temui Kaesang Sambil Makan Nasi Bebek, Pengacara Muda Ini Bocorkan Soal Pilwali Surabaya 2024
Didukung Pelajar, Richard Handiwiyanto Ramaikan Pilkada Surabaya 2024
Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:41 WIB

2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing

Senin, 17 Juni 2024 - 19:52 WIB

Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo

Senin, 17 Juni 2024 - 17:44 WIB

Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat

Minggu, 16 Juni 2024 - 21:37 WIB

Menko Muhadjir Berharap Pesantren Ar Roudhotul Ilmiyah Mampu Transformasi Menuju Keseimbangan

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Berikan Pembelajaran Inklusif, Menko Muhadjir Apresiasi Pondok Pesantren Al Ubaidah Kertosono

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36 WIB

Bacawalkot Malang Dwi Hari Cahyono Terapkan Program Pembuatan Sumur Resapan Setiap IMB Baru

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:18 WIB

Anggota Samapta Polresta Sidoarjo Laksanakan Patroli Kamtibmas Sekaligus Bagikan Makanan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:13 WIB

Serah Terima Kepala Kanim Tanjung Perak, I Gusti Tertantang Pertahankan Predikat WBBM dan WBK

Berita Terbaru

Menaker Ida Fauziyah. (foto: Humas Kemnaker RI)

Nasional

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Selasa, 18 Jun 2024 - 16:27 WIB