Sukseskan Pemilu 2024, KPU RI Gandeng JRKI

Avatar photo

- Pewarta

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 20:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ketua JRKI Pusat, B. Adi Rumansyah (paling kiri), Ketua KPUD Kabupaten Banyuwangi, Dewi Anggraini dan peneliti sekaligus Ketua Politik dan Kepemiluan Dignity Indonesia, Aris Setiawan Yodi secara bergantian menyampaikan materi pada acara Fokus Group Discussion (FGD) bertema Sukseskan Pemilu 2024 di Ruang Blambangan Hotel ILLIRA Banyuwangi, Sabtu (14/10/2023).

Ketua JRKI Pusat, B. Adi Rumansyah (paling kiri), Ketua KPUD Kabupaten Banyuwangi, Dewi Anggraini dan peneliti sekaligus Ketua Politik dan Kepemiluan Dignity Indonesia, Aris Setiawan Yodi secara bergantian menyampaikan materi pada acara Fokus Group Discussion (FGD) bertema Sukseskan Pemilu 2024 di Ruang Blambangan Hotel ILLIRA Banyuwangi, Sabtu (14/10/2023).

JATIMRAYA.COM, Sebanyak 45 utusan Radio Komunitas (Rakom) se-Kabupaten Banyuwangi, Minggu (14/10/2023), mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Blambangan Hotel ILLIRA Banyuwangi. Acara ini terselenggara atas kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) dengan Sekretaris Nasional Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Tampil sebagai pemateri Ketua JRKI Pusat B. Adi Rumansyah, Ketua KPUD Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini dan Ketua Politik dan Kepemiluan Dignity Indonesia, Aris Setiawan Yodi.

Kepala Bidang Advokasi JRKI Pusat, Ahmad Rofahan bertindak sebagai moderator.

Acara FGD bertema KPU RI dan JRKI siap berkolaborasi untuk Sukseskan Pemilu 2024 ini berlangsung di dua tempat, yakni Cirebon (Jawa Barat) dan Banyuwangi (Jawa Timur).

Acara di Banyuwangi diawali dengan pembacaan puisi berjudul “Kursi Kursi Kursi” oleh penyair Pramoe dan penampilan keyboard oleh Komunitas Difabel dan Budaya.

Melalui makalah berjudul “Peran Rakom sebagai Media Demokrasi pada Pemilu 2024” mengingatkan para pengelola Radio Komunitas bahwa fungsi radio terkait penyampai dan penerima informasi.

“Jika penyiar Rakom sampai salah menyampaikan informasi terkait Pemilu 2024, fatal akibatnya bagi masyarakat pendengar radio,” ujarnya.

Itu sebabnya, Adi melanjutkan, ada baiknya jika penyiar Rakom memeriksa kembali kebenaran yang hendak disampaikan.

Adi Rumansyah kemudian salah satu cara cek berita hoax atau tidak. Yakni melalui Chatboat lewat nomor WA 0859-2160-0500 atau dengan cara mengakses www.cekfakta.com.

“Ingat ya, tagline Rakom itu bikin warga makin cerdas. Bukan malah bikin pendengar jadi korban berita hoax,” demikian Adi Rumansyah.

Organisasi JRKI berdiri 2002 yang kemudian melakukan advokasi hingga keberadaan Lembaga Penyiaran Komunitas sehingga keberadaan Rakom diakui pemerintah seperti tertuang dalam UU Nomor 32 Tahun 2022 tentang Penyiaran.

Hingga saat ini tercatat ada 350 Rakom, tersebar di 23 provinsi di seluruh Indonesia. JRKI juga sudah tercatat sebagai anggota paguyuban radio komunitas se Asia-Pasifik.

Makalah Ketua KPUD Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini membawakan materi berjudul “Sinergitas dan Kolaborasi dalam rangka Menyukseskan Pemilu 2024.”

Selain mengucapkan terima kasih dengan bantuan JRKI Dwi Anggraini mengimbau penyiar Rakom mengajak masyarakat jadi pemilih yang cerdas.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Dwi menambahkan, untuk sosialisasi Pemilu 2024, di kantor KPUD Banyuwangi ada ruangan khusus yang disebut sebagai “Rumah Pintar.”

“Silahkan semua anggota masyarakat berkunjung ke ‘Rumah Pintar’ KPUD Banyuwangi untuk memahami seluk-beluk dan mendapatkan berbagai informasi terkait Pemilu 2024,” jelasnya.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sedangkan Aris Setyawan Yodi, lewat kegiatan sosialisasi yang masif partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 semakin meningkat. Karena, berdasarkan hasil survei, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik sangat rendah.

Dijelaskan Aris, sistem pemilu di Indonesia adalah yang terbaik bila dibandingkan dengan India, Pakistan dan Amerika Serikat. Di Indonesia suara pemilih sangat berharga. “Dengan sistem one man one vote, suara kita sama dengan suara seorang bupati, gubernur dan bahkan suara yang diberikan presiden,” tegas Aris.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Jika tingkat partisipasi masyarakat Indonesia di Pemilu 2024 bisa di atas 90 persen, “Indonesia akan jadi negara demokrasi terbesar dan terbaik di dunia,” katanya.

Berdasarkan hasil survei, pemilih muda dan pemilih pemula di Pemilu 2024 angkanya mencapai 57 persen. “Karena itu peran Rakom membantu KPU melakukan sosialisasi Pemilu 2024 amatlah penting,” kata Aris Setyawan Yodi. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Maju Pilkada 2024 Sidoarjo, Bacalon Bupati Mas Lin Ikuti UKK yang di Gelar DPP PKB
Ketua Umum SMSI Pusat Beri Himbauan, Wujudkan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai
Terbukti Kinerjanya, Prabowo Subianto Dukung Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur
Gibran Akan All Out Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024
Menimang “Pulung” Rekomendasi dari PKB untuk Abah Bandi atau Mas Iin
Temui Kaesang Sambil Makan Nasi Bebek, Pengacara Muda Ini Bocorkan Soal Pilwali Surabaya 2024
Didukung Pelajar, Richard Handiwiyanto Ramaikan Pilkada Surabaya 2024
Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB