Bupati Sidoarjo Rencanakan Event Self Governing Community di Tahun 2024

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 31 Oktober 2023 - 22:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat melantik anggota baru Dewan Kesenian.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat melantik anggota baru Dewan Kesenian.

JATIMRAYA.COM, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali melantik anggota baru Dewan Kesenian, ia juga mengimbau para Dekesda yang baru saja dilantik untuk mengambil tindakan dalam melestarikan warisan budayanya. Menghadapi perkembangan pesat dan pengaruh budaya asing, kesenian dan adat istiadat tradisional yang menjadi identitas daerah perlahan mulai terlupakan.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ali menyadari pentingnya pelestarian budaya dalam menjaga rasa memiliki dan kebanggaan masyarakat. Dengan mendorong masyarakat untuk aktif terlibat dalam kegiatan yang mempromosikan dan merayakan warisan budaya mereka, diharapkan tradisi-tradisi tersebut dapat dilestarikan untuk generasi mendatang.

”Cara kita agar tetap melestarikan seni budaya yang mulai tertinggal ini, yang pertama dengan cara mempelajari dan mengenal seni budaya kita, lalu memperkenalkan seni budaya kita ke orang lain atau suatu daerah, serta tidak terpengaruh seni budaya asing,” kata Ahmad Muhdlor Ali.

Muhdlor Ali memberikan dukungan maksimal kepada masyarakat setempat dalam melestarikan warisan budayanya. Hal ini termasuk menyelenggarakan acara dan pameran yang menampilkan kekayaan sejarah dan tradisi Sidoarjo.

”Saya akan mendukung seratus persen segala hal kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya di Kabupaten Sidoarjo dengan catatan, kegiatan atau acara tersebut sesuai dengan nilai-nilai luhur di Kabupaten Sidoarjo,” tambah Ahmad Muhdlor Ali.

Ali juga menginginkan adanya sumbangsih dari setiap anggota Dekesda untuk tetap menjaga budaya dengan membuktikan dirinya memiliki peran penting didalamnya.

“Semua seniman yang ada di Dekesda harus punya positioning yang besar. Punya hal yang menarik dan punya hal yang relevan dengan zaman sekarang, ” tegas Ali saat sambutannya usai pelantikan.

Bupati Sidoarjo juga ingin ada improvisasi dari pihak Dekesda untuk mengadakan sebuah event. Tak lupa juga untuk mensukseskan event tersebut, Ali juga meminta kolaborasi didalamnya seperti saat HUT Kabupaten Sidoarjo.

“Buat event yang baik, tapi kolaborasikan dengan hari jadi Kabupaten Sidoarjo, ” ungkap Ali

Ali memohon kepada semua pihak Dekesda agar membuat event tingkat se-Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2024.

“Tahun 2024 besok saya mohon izin, saya mohon do’a bapak/ibu semua, beserta di team kabupaten akan membuat lomba event tingkat RT se-Kabupaten Sidoarjo. Dalam rangka penguatan budaya se-Kabupaten Sidoarjo, ” minta Ali.

Ali juga meyakini bahwa semua seniman pasti menyukai nilai keindahan atas suatu karya. Atas keyakinannya itu, Bupati Sidoarjo berharap semua anggota Dekesda untuk mengambil langkah kedepan.

“Saya harapkan Dekesda (mengambil langkah). Karena seniman itu pasti suka keindahan. Keindahan terbaik kita adalah persatuan, kesatuan, persaudaraan, guyub rukune Kabupaten Sidoarjo, ” kata Ali.

“Dan itu adalah aset terbesar kita, instagible asset kita yang tidak bisa dinilai oleh angka berapapun, ” imbuhnya.

Menurut Ribut Wijoto, Ketua Dewan Kesenian (Dekesda) Sidoarjo, penyelenggaraan event seni budaya merupakan cara yang sangat efektif agar seni budaya di Kabupaten Sidoarjo tidak terlupakan. Acara-acara ini menyediakan wadah bagi seniman lokal untuk menampilkan bakat dan mengekspresikan kreativitas mereka.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Dengan mempertemukan seniman dan masyarakat, acara seni budaya bertindak sebagai katalis untuk melestarikan dan mempromosikan kekayaan warisan budaya daerah. Selain itu, acara-acara ini juga membantu menciptakan kesadaran dan apresiasi terhadap beragam bentuk seni yang ada di Sidoarjo. Melalui peran serta dan dukungan masyarakat, event seni budaya ini dapat berperan penting dalam menjamin seni budaya Kabupaten Sidoarjo tetap tumbuh dan berkembang.

”Event-event seni budaya menjadi salah satu pendukung kesejahteraan masyarakat. Event seni budaya dapat menjadi branding Kabupaten Sidoarjo sebagai destinasi wisata berbasis seni budaya dan otomatis akan meningkatkan ekonomi Kabupaten Sidoarjo,” ucap Ribut Wijoto.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berdasarkan data Dekesda, ada empat warisan budaya yang tercatat. Empat warisan budaya tersebut antara lain Tari Banjar Kemuning, Musik Patroli, Lontong Kupang, dan Udeng Pacul Gowang. Masing-masing mewakili aspek unik dari tradisi dan adat istiadat setempat.

Tari Banjar Kemuning merupakan tarian tradisional yang menampilkan keindahan dan keanggunan masyarakat Banjar. Musik Patroli, sebaliknya, merupakan salah satu bentuk musik tradisional yang sering dimainkan pada acara dan perayaan khusus.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Lontong Kupang merupakan masakan tradisional berbahan dasar lontong yang disajikan dengan kuah kelapa yang beraroma.

Terakhir, Udeng Pacul Gowang merupakan hiasan kepala tradisional yang dikenakan masyarakat setempat pada acara-acara khusus.

”Keempat warisan budaya tersebut harus tetap kita lestarikan,” ujar Ribut Wijoto. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Termasuk Jawa Timur BMKG Sebut 14 Daerah Berstatus Waspada Terkait Dampak Hujan di Indonesia
Timpa Rumah di Ponorogo, Terjangan Hujan Angin Tumbangkan Pohon Peneduh Berukuran Besar
Kepala Sekolah SMPN 1 Candi Sidoarjo Buka Acara Penyuluhan Narkoba
Jasad Balita Madiun Ditemukan di Desa Tetangga, Terseret Arus Sungai Tawang Sejauh 1 Kilometer
Arus Lalu Lintas Tersendat, Jalur Alternatif Madiun – Magetan, Jawa Timur Terhalang Pohon Tumbang
VIDEO – Berikut Ini Kronologi Seorang Balita di Madiun Tercebur Sungai Tawang Usai Lepas Pengawasan Orang Tua
Menko Muhadjir Tantang Mahasiswa PLS untuk Berani Jelajah Berbagai Macam Bidan
Angin Kencang Terjang Sidoarjo, Satu Warga Meninggal Dunia Kejatuhan Material Bangunan dan 2 Terluka
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:16 WIB

Preseden Buruk Sang Presiden

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:52 WIB

VIDEO – Pilkada Serentak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Siap Bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur

Senin, 19 Februari 2024 - 11:26 WIB

DR Ahmad Basarah Bakal Menduduki Kursi Pertama DPR RI dari Dapil V Malang Raya

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:52 WIB

Prabowo Kunjungi Rumah Almarhum Jenderal Wismoyo Arismunandar, Usai Ziarah Makam Orangtua

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:04 WIB

Babak Baru Instabilitas Keris Empu Gandring

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:06 WIB

Dari Solo, Megawati Soekarnoputri Serukan agar Pendukungnya Tak Gentar Hadapi Berbagai Bentuk Intimidasi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:06 WIB

VIDEO – Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:56 WIB

Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Berita Terbaru

Agung Sapta Adi.

Politik

Preseden Buruk Sang Presiden

Kamis, 22 Feb 2024 - 15:16 WIB