Gubernur Khofifah: kami mendapat kesempatan menggali ilmu secara langsung dari Transport for London (TFL)

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 1 September 2023 - 07:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim saat menjajal stasiun MRT Elizabeth Line bersama rombongan di Inggris.

Gubernur Jatim saat menjajal stasiun MRT Elizabeth Line bersama rombongan di Inggris.

JATIMRAYA.COM, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menaiki MRT Elizabeth Line yang baru beroperasi di Inggris (29/8).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

MRT yang dialami Khofifah merupakan bagian dari sistem transportasi umum yang dikelola Crossrail Ltd. Perusahaan ini telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang transportasi dan telah mengajukan Letter of Intent (LoI) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. LoI tersebut disampaikan dalam pertemuan bisnis dan investasi di KBRI London pada Selasa (29/8).

“Crossrail termasuk salah satu perusahaan yang telah menyampaikan Letter of Intent (LoI) kepeminatan proyek investasi di Jatim. Atas fasilitasi dari Kedubes Inggris di Jakarta dan KBRI di London, kami mendapat kesempatan untuk menggali ilmu secara langsung dari Transport for London (TFL),” kata Gubernur Jatim.

Transport for London (TfL) adalah organisasi yang bertugas mengawasi operasional transportasi di seluruh London. Hal ini mencakup Elizabeth Line yang baru saja diluncurkan, yang dioperasikan oleh Crossrail Ltd, sebuah badan usaha milik pemerintah daerah.

“Kami mendapat kesempatan langsung untuk belajar tentang perencanaan stasiun kereta api yang ramah lingkungan dan teknologi tinggi hingga terkait ‘Transit Oriented Development. Setelah ini proses transfer of knowledge akan dilakukan secara virtual oleh tim TFL dengan tim dari Jawa Timur,” katanya.

Crossrail Ltd, organisasi yang bertanggung jawab atas pembangunannya, telah menciptakan Elizabeth Line. Jalur kereta api yang luas ini membentang lebih dari 100 km dan menghubungkan Reading dan Heathrow di wilayah barat London ke Sheffield dan Abbey Wood melalui rute terowongan bawah tanah.

Elizabeth Line mencakup total 41 stasiun, dengan 10 di antaranya baru dibangun. Sistem transportasi yang luar biasa ini diproyeksikan akan melayani sekitar 200 juta penumpang setiap tahunnya.

“Elizabeth Line menjadi bagian yang sangat penting bagi TfL karena berbeda dengan jalur MRT lainnya yang sudah dibangun sebelumnya. Jalur Elizabeth Line ini dibangun di bawah Kota London yang sudah padat dengan bangunan di atasnya,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, pembuatan dokumen perencanaan tersebut merupakan langkah penting dalam kemajuan pembangunan transportasi umum, seperti MRT, LRT, dan BRT. Temuan studi ini akan menjadi landasan untuk membangun kolaborasi yang lebih kuat yang menawarkan solusi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan masalah transportasi di Aglomerasi Surabaya melalui penerapan sistem transportasi umum.

“Karena di Jawa Timur sendiri saat ini sudah selesai dilakukan penyusunan feasibility study untuk Surabaya Regional Railways Line (SRRL) dan Sustainable Urban Mobility Plan (SUMP) dari Jerman, serta Pre-feasibility study Urban Mass Rapid Transit System (UMTS) dari Jepang, sehingga Jatim sudah sangat siap untuk membangun koneksitas di antara titik-titik yang ada di wilayah Aglomerasi Surabaya (Gerbangkertosusila Plus), ” tambahnya.

Di Jawa Timur, Khofifah menekankan pentingnya membangun jaringan transportasi umum yang efektif untuk meningkatkan pergerakan barang dan jasa bagi masyarakat lokal, industri, dan pariwisata.

“Semoga Jatim dapat membangun kerjasama lebih luas khususnya dengan institusi pemegang kewenangan transportasi publik khususnya TFL dan Crossrail.Ltd untuk percepatan pembangunan transportasi publik berbasis kereta yang telah selesei studinya,” harapnya.

TfL telah berhasil menangani transportasi umum dengan menerima sedikit bantuan finansial dari pemerintah. Dari total pendapatan sebesar £8,9 miliar, hanya sekitar £0,9 miliar atau sekitar 10% yang berasal dari pendanaan pemerintah, sementara pendapatan penumpang menyumbang sekitar 48%, setara dengan £4,8 miliar.

TfL menggunakan tiga model operasi yang berbeda: Operasi Langsung (Direct Operation), Sistem Kontrak Layanan (service contract), dan Sistem Lisensi Manajemen Bus dan Peralatan Transportasi, untuk mengelola operasinya secara efektif. (Andy Setiawan)***

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Berita Terkait

PWI Malang Raya Gandeng Alfamart Gelar Pelatihan Bisnis Online
Sasar Nasabah Industri, BTN Kunjungi Kadin Jatim
Tinjau Jaringan Gas di IKN, Menteri BUMN Rencana Bangun Kawasan Industri Hijau di IKN
Bea Masuk Barang Asal China Bisa Mencapai 200 Persen
Ekosistem Pangan Nasional Harus Dibangun Terintegrasi dan Komprehensif, Mulai dari Aspek Hulu hingga Hilir
Pemkot Surabaya Imbau Masyarakat Mampu Beli LPG 12 Kilogram
Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Liburan Hari Raya Idul Adha, KAI Tambah Belasan Kereta Tambahan
Ingin Tetap di Hati Masyarakat Surabaya, Happy Puppy Bagikan 6 Ton Beras Kepada Warga
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:57 WIB

Tindak Pidana Perdagangan Orang, 50 WNI Dikirim ke Australia untuk Dijadikan Pekerja Seks Komersial

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:06 WIB

18 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, NTT dan NTB Alami Kekeringan, Kurang Hujan dengan Kategori Ekstrem

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:41 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:17 WIB

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP

Senin, 15 Juli 2024 - 20:31 WIB

Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat

Senin, 15 Juli 2024 - 13:07 WIB

Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi

Senin, 15 Juli 2024 - 09:00 WIB

Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:05 WIB

Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum

Berita Terbaru