Harhubnas 2023, Gubernur Jatim Dorong Pengembangan Transportasi di Jatim Yang Aman dan Nyaman

Avatar photo

- Pewarta

Minggu, 17 September 2023 - 16:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim memberikan apresiasi kepada penjaga suar saat upacara Harhubnas 2023 di lapangan Pokeskar Pelabuhan Tanjung Perak.

Gubernur Jatim memberikan apresiasi kepada penjaga suar saat upacara Harhubnas 2023 di lapangan Pokeskar Pelabuhan Tanjung Perak.

JATIMRAYA.COM, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri upacara Hari Transportasi Nasional Tahun 2023 yang mengusung tema “Memajukan Transportasi untuk Masa Depan Lebih Baik” yang digelar di Lapangan Pokeskar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (17/9).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ketika sambutan, Khofifah berkomitmen mendorong konektivitas antar wilayah dengan fokus pada peningkatan transportasi massal yang aman dan nyaman di Jawa Timur. Salah satu strateginya mencakup penerapan langkah-langkah inovatif di berbagai sektor transportasi.

“Melaju untuk Transportasi Maju. Saya rasa ini kebutuhan kita semua mengingat peran kami sebagai regulator adalah menyediakan infrastruktur, sarana, dan sistem transportasi massal untuk memberikan layanan transportasi yang berkualitas, aman, nyaman dan profesional,” ungkapnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan, Pemprov Jatim telah berhasil melaksanakan pengembangan transportasi massal di perkotaan melalui layanan Trans Jatim koridor/jalur 1 dan 2 di wilayah Surabaya Raya. Tahun lalu, Koridor 1 yang mencakup jalur Sidoarjo-Surabaya-Gresik diluncurkan dan mendapat popularitas luar biasa di kalangan masyarakat.

Data rata-rata Load Factor harian menunjukkan tingginya permintaan pada koridor ini, dengan tingkat okupansi berkisar antara 105% hingga 115%, mampu menampung sekitar 4.500 hingga 5.000 penumpang setiap harinya. Gubernur Khofifah menegaskan, pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan transportasi darat bagi masyarakat perkotaan di Provinsi Jawa Timur.

“Sedangkan Trans Jatim Koridor 2 dengan rute Mojokerto-Sidoarjo baru saja diluncurkan bulan lalu. Ke depan akan segera diluncurkan Koridor 3 yang melayani area Mojokerto- Gresik,” katanya.

Gubernur Khofifah mengenang kiprahnya dulu dalam mengkaji kemajuan MRT bagi warga Jawa Timur. Pada kunjungan sebelumnya ke Inggris, ia berkesempatan merasakan MRT Elizabeth Line di London. Ia memandang pertemuan ini sebagai kesempatan pembelajaran berharga yang dapat menjadi model untuk kemajuan lebih lanjut dalam layanan transportasi.

“Alhamdulillah, hasil dari kunjungan ke Inggris lalu, Crossrail Ltd, perusahaan yang mengembangkan MRT Elizabeth Line di London telah menyampaikan Letter of Intent (LoI) dan berminat mengembangkan MRT di Jatim,” ungkapnya.

Terus mengembangkan infrastruktur transportasi di daerah terpencil tetap menjadi prioritas utama baginya. Berdirinya Dermaga Jangkar di Kabupaten Situbondo yang melayani transportasi kapal feri ke Kepulauan Sapudi, Raas, dan Kangean telah banyak meningkatkan taraf hidup warga setempat.

“Beberapa waktu lalu kami juga baru saja meresmikan Pelabuhan Dungkek dan Pelabuhan Gili Iyang di Sumenep. Keduanya penting untuk konektifitas warga Madura kepulauan. Saat ini telah ada rute pelayaran Situbondo – Sumenep dan Sumenep – Gili Iyang,” terangnya.

Jalur Jangkar-Lembar yang dikenal dengan layanan Long Distance Ferry (LDF) memberikan solusi permasalahan kemacetan di pelabuhan Ketapang. Hal ini juga menyebabkan penurunan angka kecelakaan di jalan raya dan memberikan peluang bagi pengembangan pariwisata di wilayah timur untuk mencapai potensi maksimalnya.

“Dalam waktu dekat, Insya Allah kami juga akan meresmikan Pelabuhan Masalembu beserta rute pelayaran Masalembu – Kalimantan. Sehingga perekonomian dan kesejahteraan warga Pulau Masalembu bisa terdongkrak seiring dengan terfasilitasinya mobilitas warga,” terangnya.

Lokasi Pelabuhan Probolinggo yang strategis dalam industri maritim patut mendapat perhatian, karena merupakan pelabuhan tersibuk kedua di Jawa Timur, tepat di belakang Tanjung Perak. BUMB Pemprov Jatim telah melakukan pengembangan Dermaga II Probolinggo untuk menampung kapal berukuran lebih besar dengan panjang 400 meter dan daya angkut 50 ribu ton. Selain itu, mereka juga sedang membangun gudang seluas 6.000 meter persegi.

Dari sisi transportasi udara, Khofifah menyoroti bandara di Pulau Pagerungan di Kabupaten Sumenep berperan penting dalam menunjang perjalanan udara menuju Kepulauan Kangean dan wilayah sekitarnya. Hal ini semakin memperkuat konektivitas dan aksesibilitas bagi penumpang yang melakukan perjalanan melalui kawasan tersebut.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Ke depan akan segera kita usulkan beroperasinya L Strip bandara Masalembu dalam mendukung mobilitas masyarakat kepulauan Masalembu dan sekitarnya,” katanya.

Sekain itu, untuk mengatur lalu lintas di perlintasan non-keretaapian di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Timur, Pemprov Jatim menerapkan strategi baru di bidang perkeretaapian. Inisiatif ini dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Dari 19 titik perlintasan jalan provinsi sudah memiliki palang pintu kereta api dan semuanya sudah berpenjaga dan pembangunan tersebut menggunakan dana APBD Jatim,” jelasnya.

Ia meyakini masyarakat membutuhkan transportasi massal untuk maju dan hal itu juga berdampak positif pada berbagai sektor, termasuk perekonomian.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

“Hadirnya transportasi massal yang terkoneksi dengan baik antara satu wilayah dan lainnya akan meningkatkan mobilitas perekonomian masyarakat. Terutama di wilayah-wilayah terpencil di Jatim,” katanya.

Khofifah meminta seluruh pegawai dinas perhubungan meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan instansi dan lembaga lain. Komitmen ini sangat penting dalam menjamin keberhasilan operasi laut dan udara, sekaligus menyediakan layanan transportasi darat yang aman dan menyenangkan.

“Kerjasama yang baik akan mewujudkan pembangunan infrastruktur transportasi yang hebat, mobilitas masyarakat semakin mudah, memiliki daya saing tinggi serta memberikan pengaruh pada pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Jatim,” pungkasnya.

Gubernur Khofifah memberikan penghargaan kepada lima organisasi yang turut berperan dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023. Di antaranya Pimpinan PT Pelindo Regional Jawa, Pimpinan Cabang PT Pelni Cabang Surabaya, Pimpinan Cabang PT ASDP Cabang Surabaya, Pimpinan Cabang PT Pelni PT Dharma Lautan Utama di Surabaya, dan terakhir, Pimpinan PT Berlian Lautan Sejahtera juga berpusat di Surabaya.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa ibanya kepada satu orang Beacon Tower Keeper (PMS) dan empat orang Teknisi Beacon Tower (TMS). Sebagai wujud kebaikan, setiap individu menerima Rp 1.500.000.

Salah satu penerima bantuan bernama Ama Arif menyampaikan apresiasi tulusnya atas pengakuan Gubernur Khofifah terhadap para penjaga mercusuar. Ia berharap Gubernur Khofifah tetap diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Jatim menuju provinsi yang lebih baik lagi.

“Terimakasih atas atensi Ibu Gubernur, saya berdoa semoga Ibu Gubernur diberikan kesehatan dan kekuatan untuk memimpin Jawa Timur lebih baik lagi,” tutup Ama Arif. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Termasuk Jawa Timur BMKG Sebut 14 Daerah Berstatus Waspada Terkait Dampak Hujan di Indonesia
Timpa Rumah di Ponorogo, Terjangan Hujan Angin Tumbangkan Pohon Peneduh Berukuran Besar
Kepala Sekolah SMPN 1 Candi Sidoarjo Buka Acara Penyuluhan Narkoba
Jasad Balita Madiun Ditemukan di Desa Tetangga, Terseret Arus Sungai Tawang Sejauh 1 Kilometer
Arus Lalu Lintas Tersendat, Jalur Alternatif Madiun – Magetan, Jawa Timur Terhalang Pohon Tumbang
VIDEO – Berikut Ini Kronologi Seorang Balita di Madiun Tercebur Sungai Tawang Usai Lepas Pengawasan Orang Tua
Menko Muhadjir Tantang Mahasiswa PLS untuk Berani Jelajah Berbagai Macam Bidan
Angin Kencang Terjang Sidoarjo, Satu Warga Meninggal Dunia Kejatuhan Material Bangunan dan 2 Terluka
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:16 WIB

Preseden Buruk Sang Presiden

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:52 WIB

VIDEO – Pilkada Serentak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim Siap Bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur

Senin, 19 Februari 2024 - 11:26 WIB

DR Ahmad Basarah Bakal Menduduki Kursi Pertama DPR RI dari Dapil V Malang Raya

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:52 WIB

Prabowo Kunjungi Rumah Almarhum Jenderal Wismoyo Arismunandar, Usai Ziarah Makam Orangtua

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:04 WIB

Babak Baru Instabilitas Keris Empu Gandring

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:06 WIB

Dari Solo, Megawati Soekarnoputri Serukan agar Pendukungnya Tak Gentar Hadapi Berbagai Bentuk Intimidasi

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:06 WIB

VIDEO – Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:56 WIB

Gus Miftah Pimpin Sholawat Bersama Prabowo dan Ratusan Ribu Warga di Sidoarjo, Jawa Timur

Berita Terbaru

Agung Sapta Adi.

Politik

Preseden Buruk Sang Presiden

Kamis, 22 Feb 2024 - 15:16 WIB