Kepala Desa Sambirejo Lanjutkan dan Sempurnakan Proyek Pamsimas

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 2 April 2024 - 23:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pekerja saat menggali untuk saluran pipa proyek Pamsimas di Desa Sambirejo Madiun.

Pekerja saat menggali untuk saluran pipa proyek Pamsimas di Desa Sambirejo Madiun.

JATIMRAYA.COM – Kepala Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Madiun, Jawa Timur, Heru Purnomo, S.E, bergerak cepat menyelamatkan proyek penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang nyaris mubazir di wilayahnya.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sejak Heru Purnomo dilantik sebagai kepala desa setempat, 2 Februari 2022, dia bersama perangkat jajarannya langsung menginventarisir keberadaan proyek senilai sekitar Rp. 240 juta dari anggaran pemerintah tersebut.

Proses awal pembangunan tower tandon air tersebut pengerjaannya dimulai pada masa sebelum meninggalnya kepala desa yang lama, Suratno, pada Juli 2021.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Sambirejo, Heru Purnomo, S.E, menjawab konfirmasi jurnalis di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2024).

“Jadi sebelum saya dilantik menjadi Kades, bangunan itu (Pamsimas) sudah ada. Dibangun di masa kepala desa yang lama (Suratno). Enam bulan berikutnya, setelah Kades lama meninggal dunia dan saya dilantik, saya berusaha melanjutkan dan menyempurnakan proyek tersebut,” jelas Heru Purnomo.

Diungkapkannya, Pemerintah Desa Sambirejo memandang perlu melanjutkan proyek setengah jadi tersebut, lantaran Pamsimas dilihat sebagai proyek strategis menyangkut kebutuhan hidup bersih dan kesehatan bagi warganya.

Saat itu, lanjutnya, dari keseluruhan proyek Pamsimas baru rampung dari segi sarananya, yakni tersedianya tower tandon air. Sedangkan aspek prasarana, sebagai penunjang akselerasi secara utuh proyek tersebut, belum tersedia sepenuhnya.

Kebutuhan prasarana yang belum terpenuhi tersebut, jelas Heru Purnomo, sudah diupayakan dan saat ini tengah berjalan. Prasarana yang dimaksud menyangkut kebutuhan energi listrik, jaringan pipa air minum, penyediaan operator dan personel penjaga serta penunjang lainnya.

Energi listrik yang diperlukan guna pengoperasian proyek tersebut, papar Heru Purnomo, membutuhkan dua unit travo jaringan listrik. Sementara saat ini baru tersedia satu unit travo, yang hingga kini sisanya masih dalam upaya pemenuhan.

Sedangkan pipa primer (utama) jaringan air minum sudah terpasang hingga ke berbagai sudut kampung. Tinggal pemasangan pipa air menuju ke rumah-rumah warga yang menjadi sasaran proyek tersebut.

“Kita butuh dua travo listrik, saat ini baru ada satu. Sengaja belum dipasang dulu. Itu untuk menghindari kecemburuan sosial warga. Sebab, satu travo hanya mengaliri air sebagian warga. Warga lainnya akan iri,” jelas Heru Purnomo.

Menurut Heru Purnomo, pihaknya juga sudah pernah mengajukan proposal ke Dinas PUPR setempat. Termasuk menghubungi pihak PLN, terkait kebutuhan energi listrik (kebutuhan travo) untuk operasional Pamsimas tersebut.

Program Pamsimas sendiri merupakan policy Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), guna memastikan terpenuhinya akses air bersih, sanitasi dan aspek kesehatan bagi masyarakat secara universal.

Proyek Pamsimas Desa Sambirejo berlangsung melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang pelaksanannya dihandle Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Program itu sebagai kelanjutan PNPM Mandiri yang telah selesai masa kontraknya sejak tahun 2016.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Sementara Humas KSM, Ajar Putra Dewantoro, M.Pd, kepada jurnalis di Balai Desa Sambirejo menjelaskan, pengerjaan proyek Pamsimas terus berlanjut dan tidak mangkrak.

Sebagai pelaksana proyek, pihaknya merasa memahami persis progres report proyek tersebut. Disebutkannya, sepanjang pengerjaan proyek juga selalu dalam pengawasan seorang tenaga yang ditunjuk Kementerian PUPR.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Jadi, dalam hal ini kami sebagai pelaksana proyek. Proyek tersebut dianggarkan sebesar Rp. 240 juta, yang sumbernya dari APBN. Sampai saat ini proyek berjalan,” terang Ajar Putra Dewantoro.

Dipaparkannya, pengerjaan tower tandon air berlangsung selama 6 bulan, dimulai pada 21 Juni 2021 dan berakhir pada 21 Desember 2021.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Ditambahkannya, pengerjaan pipa saluran air primer (utama) mulai dikerjakan pada bulan September tahun 2021. Proses tersebut selesai pada bulan Februari tahun 2022.

“Pipa utama itu sudah tertanam di jalan sepanjang kampung pedesaan. Selanjutnya, kini tinggal mengerjakan pipa saluran yang menuju ke rumah-rumah warga, jika sudah ada pelanggan,” jelasnya.

Pemerintahan Desa Sambirejo bertekad menyelesaikan proyek Pamsimas, mengingat proyeksi proyek tersebut berorientasi pada peningkatan kesehatan warga masyarakat secara umum.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk secepatnya merampungkan proyek tersebut. Karena program itu menjadi andalan nasional dalam hal pemenuhan air bersih dan sanitasi masyarakat pedesaan,” pungkas Heru Purnomo. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Open House, Ribuan Masyarakat Sidoarjo Bersilaturahmi dengan Bupati Sidoarjo Beserta Istri
Di Perlintasan Madiun, Sebuah Minibus Tertabrak KA Cepat Argo Semeru
Bupati Sidoarjo Gerak Cepat Tangani Banjir di Desa Semampir Sidoarjo
Hujan Deras di Trenggalek Hanyutkan Sebagian Rumah dan Amblas Terbawa Arus
Jelang Idul Fitri 1445 H, Tim Satgas Sidoarjo Lakukan Pengecekan Bahan Pokok
Antisipasi Bahaya Kriminal, Polresta Sidoarjo Imbau Agar Menitipkan Barang di Mako
Kapolres Pamekasan dan Pengurus Bhayangkari Berikan Tali Asih Kepada Petugas Operasi Ketupat Semeru 2024
PIJP Salurkan Bantuan Hingga Santuni Anak Yatim Jelang Idul Fitri 1445 H
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 08:34 WIB

Di Perlintasan Madiun, Sebuah Minibus Tertabrak KA Cepat Argo Semeru

Jumat, 12 April 2024 - 13:41 WIB

Bupati Sidoarjo Gerak Cepat Tangani Banjir di Desa Semampir Sidoarjo

Jumat, 12 April 2024 - 08:01 WIB

Hujan Deras di Trenggalek Hanyutkan Sebagian Rumah dan Amblas Terbawa Arus

Selasa, 9 April 2024 - 19:41 WIB

Jelang Idul Fitri 1445 H, Tim Satgas Sidoarjo Lakukan Pengecekan Bahan Pokok

Selasa, 9 April 2024 - 19:06 WIB

Antisipasi Bahaya Kriminal, Polresta Sidoarjo Imbau Agar Menitipkan Barang di Mako

Senin, 8 April 2024 - 23:47 WIB

Kapolres Pamekasan dan Pengurus Bhayangkari Berikan Tali Asih Kepada Petugas Operasi Ketupat Semeru 2024

Senin, 8 April 2024 - 23:16 WIB

PIJP Salurkan Bantuan Hingga Santuni Anak Yatim Jelang Idul Fitri 1445 H

Minggu, 7 April 2024 - 15:57 WIB

Para Pengurus PAC Gerindra Sidoarjo Sepakat Dukung Mimik Idayana Bersaing Dalam Pilkada 2024

Berita Terbaru