Masyarakat Sudah Tenang, 78 Huntap Dibangun Pasca Banjir Bandang

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 22 September 2023 - 09:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Khofifah resmikan rumah permanen (huntap) relokasi rumah dan prasarana pasca banjir bandang di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Kamis (21/9).

Gubernur Khofifah resmikan rumah permanen (huntap) relokasi rumah dan prasarana pasca banjir bandang di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Kamis (21/9).

JATIMRAYA.COM, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan rumah permanen (huntap) relokasi rumah dan prasarana pasca banjir bandang di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Kamis (21/9).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Penyerahan kunci mockup Huntap oleh Gubernur Khofifah kepada lima warga perwakilan menjadi simbol peresmian. Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Eny Supartini, Bupati Bondowoso Salwa Arifin, dan Kepala BPBD Jawa Timur turut hadir.

Sebanyak 78 rumah dibangun, masing-masing rumah berukuran 4×6 meter persegi, di atas tanah berukuran 7×14 meter persegi. Setiap gedung dilengkapi dengan fasilitas kebersihan atau sanitasi.

Lahan yang digunakan untuk perumahan tersebut merupakan milik Perhutani dengan luas kurang lebih 4,63 hektar. Luas lahan yang digunakan untuk relokasi rumah sekitar 1 hektar, sehingga setiap penerima bantuan mendapat sebidang tanah berukuran 98 meter persegi.

Khofifah mengatakan, kompleks perumahan tersebut dibangun menyusul bencana banjir bandang dahsyat yang melanda Desa Kalisat dan Sempol di lereng Gunung Ijen pada Februari lalu. Atas hal itu dengan dibangunnya rumah-rumah tersebut diharapkan dapat memberikan rasa tenteram dan nyaman karena dibangun di lokasi yang lebih aman dibandingkan sebelumnya.

“Ketenangan merupakan hal vital. Karena lokasi rumah sebelumnya berada di dekat arus lereng Gunung Raung. Sehingga saat hujan maupun arus kuat, rawan banjir dan meresahkan warga. Semoga di lokasi yang baru ini warga lebih tenang, aman dan nyaman,” katanya.

Berada di kawasan strategis yang berjarak 2-3 km dari fasilitas kesehatan, pasar, tempat ibadah, pusat pendidikan, dan kantor pemerintahan, komplek tersebut dihuni 29 warga Desa Sempol serta 49 warga Desa Kalisat.

“Alhamdulillah ke-78 rumah tersebut juga sudah lengkap dengan MCK (Mandi, cuci, kakus). Sedangkan sarana prasarana, pipanisasi, dan akses jalan sebagian akan terus digenjot percepatan penyelesaiannya,” katanya.

Dana yang terkumpul antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso sebesar Rp13,18 miliar diperuntukkan pembangunan rumah tersebut.

BNPB telah memberikan bantuan berupa lima paket pekerjaan dengan total anggaran Rp11,6 miliar, untuk relokasi 65 unit rumah di Desa Kalisat, relokasi jalan lingkungan sepanjang 1.500 meter di Desa Kalisat. Desa Kalisat, relokasi sistem drainase lingkungan sepanjang 3.000 meter di Desa Kalisat, dan pengadaan penahan banjir di Desa Sempol dan Kalisat.

Pemprov Jatim melalui BPBD mengalokasikan Rp1,17 miliar untuk pembangunan sarana toilet dan sanitasi kawasan (MCK) di 78 unit rumah, serta pembangunan jalan lingkungan sepanjang 300 meter.

Pemkab Bondowoso sendiri juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp409,4 juta untuk relokasi 13 rumah lainnya. Selain itu, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk telah memberikan bantuan berupa pintu kamar mandi/MCK.

Usai peresmian, Khofifah menyempatkan diri meninjau rumah-rumah yang dijadikan tempat tinggal tetap. Ia pun memastikan untuk menyapa warga.

Bantuan Instalasi Listrik Rumah dan Bantuan Sambungan Rumah kepada 452 penerima manfaat yang diserahkan secara simbolis oleh Khofifah kepada 5 orang.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Siti (70), merupakan salah satu penerima huntap tersebut mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Pasalnya, rumahnya hancur saat bencana banjir bandang pada Februari lalu.

“Waktu banjir, saya harus pegangan ke paku biar tidak hanyut. Rumah saya habis, dan saya tidur di kandang. Alhamdulillah saya senang sekali sekarang sama Bu Gubernur sudah dibangunkan rumah,” ungkapnya. (Andy Setiawan)***

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berita Terkait

BRI Kembali Dipercaya Jadi Penyalur Bantuan Program IBM Sanitasi Ponpes dan Desa di Jatim
SMPN 8 Madiun Diduga Terima Titipan Siswa Pada PPDB dan Tolak Siswa dari Luar Kota
Plt Bupati Subandi Dorong DPM-PTSP Sidoarjo Gencar Lakukan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan
Bantuan Pangan Beras, Plt Bupati Sidoarjo Subandi: Yang Menerima Benar-benar Berhak
2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing
Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo
Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat
Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB