Menko Muhadjir: Kampung Belawan Merupakan Salah Satu Program Prioritas Pemerintah

Avatar photo

- Pewarta

Sabtu, 17 Februari 2024 - 20:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menko Muhadjir disambut warga Kawasan Medan Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/02/2024).

Menko Muhadjir disambut warga Kawasan Medan Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/02/2024).

JATIMRAYA.COM – “Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama kawasan ini bisa menjadi daerah yang nyaman, sehat, dan menginspirasi bagaimana pemerintah menyelesaikan kemiskinan ekstrem terutama di wilayah-wilayah kumuh,” Kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Hal itu disampaikan saat melakukan peninjauan penataan Kawasan Medan Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/02/2024).

Belawan Bahari merupakan kawasan miskin ekstrem yang ada di Kota Medan. Kawasan ini merupakan wilayah yang sering kali terendam banjir rob saat air laut pasang. Kemudian, Kawasan Belawan Bahari juga memiliki permasalahan lingkungan yang cukup buruk seperti banyaknya sampah, kurangnya drainase, air bersih dan banyak rumah tidak layak huni.

“Ini Kampung Belawan merupakan wilayah Kota Medan yang memang menjadi salah satu program penanganan daerah kumuh kemiskinan ekstrem dengan pendekatan lingkungan yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah,” ujar Menko Muhadjir.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR bersama berbagai instansi terkait melakukan penataan ulang kawasan Belawan Bahari dengan menggunakan roadmap pembangunan menyeluruh dan jangka panjang.

Upaya telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, yaitu dengan melakukan pengerjaan saluran drainase, normalisasi saluran pipa, konstruksi air bersih dengan reservois glass steel, pembangunan jalan lingkungan, ruang terbuka publik, lokasi penjemuran ikan, termasuk juga pembangunan rumah tidak layak huni yang amblas terkena rob.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berencana membangun rumah susun untuk menjadi kawasan rumah layak huni untuk warga Kawasan Belawan Bahari. Kemudian, untuk penanganan banjir rob, juga dibangun 7 pintu air yang akan mengalirkan air rob supaya tidak menggenangi pemukiman warga.

“Dari pemaparan pihak Kementerian PUPR, pembangunan kawasan Belawan Bahari ini masih sekitar 30 persen, dan masih perlu waktu. Tapi InsyaAllah 2024 ini akan kita tuntaskan,” ucap Menko PMK.

Muhadjir juga berharap dengan adanya penataan pembangunan Kawasan Belawan Bahari dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem yang ada di Sumatera Utara.

Menurutnya, selain dengan skema mengurangi beban pengeluaran, peningkatan pendapatan, pembangunan wilayah ekosistem pesisir juga menjadi cara untuk menangani kemiskinan ekstrem.

Dalam kesempatan kunjungannya itu, Menko PMK didampingi oleh PJ Gubernur Sumut Hasannudin, Walikota Medan Bobby Nasution, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Zainudin, Kepala Pusat Wilayah I BPIIW Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Direktur PT Sarana Multigriya Finansial, PT POS Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia, dan pihak kementerian dan lembaga terkait lainnya. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Keistimewaan Puasa Asyura
Meritokrasi Membuahkan Spanyol yang Hebat
Menjadi Pemimpin yang Baik
Kematian Afif Maulana, Prof. Adrianus Meliala: Pihak Keluarga Tidak Terima Karena Kematian Korban Dianggap Tidak Wajar
Teluk Hijau Banyuwangi Berikan Keindahan Alam Hingga flora dan fauna yang unik
Istana Bukit Serene Simbol Kekuatan Sejarah dan Keindahan Arsitektur di Johor Bahru
Pantai Pulau Merah Salah Satu Destinasi Wisata favorit Bagi Para Penggemar Selancar
Taman Nasional Baluran Tawarkan Pemandangan Savana yang Mirip dengan Afrika
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:57 WIB

Tindak Pidana Perdagangan Orang, 50 WNI Dikirim ke Australia untuk Dijadikan Pekerja Seks Komersial

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:06 WIB

18 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, NTT dan NTB Alami Kekeringan, Kurang Hujan dengan Kategori Ekstrem

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:41 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:17 WIB

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP

Senin, 15 Juli 2024 - 20:31 WIB

Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat

Senin, 15 Juli 2024 - 13:07 WIB

Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi

Senin, 15 Juli 2024 - 09:00 WIB

Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:05 WIB

Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum

Berita Terbaru