Menko PMK: Seluruh Ruas Jalan Tol yang Tergabung dalam Trans Jawa Beri Potongan Sebanyak 20 persen

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 2 April 2024 - 19:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam RTM bahas pemberian diskon tarif tol trans Jawa.

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam RTM bahas pemberian diskon tarif tol trans Jawa.

JATIMRAYA.COM — Tarif jalan tol ruas utama didskon hingga 20 persen selama masa puncak arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Yaitu pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan keluar/exit Gerbang Tol Kalikangkung, meliputi Ruas Tol Palimanan-Kanci, Semarang-Batang dan Jakarta-Cikampek.

Demikian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Pemberian Diskon Tarif Tol Periode Mudik Lebaran 1445H/2024M, secara daring di Kantor Kemenko PMK, Selasa (2/4/2024).

Menko Muhadjir menjelaskan bahwa keputusan pemerintah untuk memberikan potongan tarif di seluruh ruas Tol Trans Jawa selama masa mudik Lebaran atas dasar kesepakatan bersama dari operator jalan tol PT. Jasa Marga, operator yang tergabung dalam Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif pihak terkait untuk memberikan diskon tarif tol yang berlaku pada periode arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2024,” ungkap Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir lebih jauh menerangkan bahwa kebijakan memberikan potongan tarif tol merupakan ikhtiar bersama untuk mendistribusikan lalu lintas kendaraan pribadi supaya tidak terakumulasi di hari dan waktu puncak arus mudik dan balik lebaran.

Sebagaimana survey yang dilakukan Kemenhub, sebanyak 193,6 juta orang diperkirakan akan melakukan mudik Idul Fitri 2024, dimana penggunaan kendaraan pribadi untuk mudik masih menjadi salah satu moda transportasi terbanyak pilihan pemudik, yaitu 18,3 persen dari jumlah pemudik.

Perkiraan puncak arus mudik pada H-2 lebaran (Senin, 8 April 2024, awal cuti bersama), potensi pergerakan 26,6 juta orang (13,7 persen) dan perkiraan puncak arus balik pada H+3 (Minggu, 14 April 2024), potensi pergerakan 41 juta orang (21,2 persen).

Untuk arus mudik, pemberian diskon tarif tol akan dimulai pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April 2024 pukul 05.00 WIB. Sementara untuk arus balik, akan dimulai tanggal 16 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Demikian juga dengan Tol Arah Barat, yaitu ke Merak, Banten, dan arah Sumatera juga akan memberikan potongan yang sama. Untuk Gerbang Tol non Jawa, pemberian diskon akan berlaku juga mulai tanggal 5 April 2024 sampai dengan 19 April 2024.

Menko PMK menyatakan, seluruh operator ruas jalan tol yang tergabung dalam Trans Jawa sepakat memutuskan untuk memberikan potongan tarif tol sebanyak 20 persen yang akan dimulai di hari dan waktu yang sama. Diskon tarif tersebut diberlakukan untuk mereka yang menempuh ruas tol jarak jauh.

“Pemberlakukan diskon tarif tol pada ruas jarak jauh dikarenakan berdasarkan data historis sebanyak 41 persen pemudik menggunakan jalur tersebut,” tegas Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir meminta agar pemberian diskon tarif tol ini dapat disosialisikan secara masif sebelum pelaksanaan mudik, sehingga masyarakat bisa menjadwalkan mudik dengan memanfaatkan diskon tersebut. Hal ini supaya masyarakat Indonesia melakukan mudik bisa mempersiapkan diri untuk mudik lebih awal, serta bisa mendapatkan keuntungan potongan tarif tol dan jalan yang belum terlalu padat.

Dalam kesempatan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan secara daring tersebut, nampak hadir Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Polri); Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT); Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub); Direktur Utama PT. Jasa Marga Transjawa Tol (PT.JTT); Sekretaris Jenderal Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI); dan jajaran pengelola operator jalan Tol Trans Jawa dan non Jawa. (Andy Setiawan)***

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Berita Terkait

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak
Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP
Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat
Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi
Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi
Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum
Menaker Tegaskan Pemerintah Implementasikan Transformasi BLK Melalui 6R Saat Resmikan Satpel Pelatihan Vikasi dan Produktivitas Batam
Sasar Nasabah Industri, BTN Kunjungi Kadin Jatim
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:11 WIB

Plt Bupati Subandi Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Merayakan HUT RI ke -79

Jumat, 19 Juli 2024 - 20:33 WIB

Majukan Pendidikan Usia Dini, Plt Ketua TP PKK Sidoarjo Lakukan Kunjungan ke TK Pembina Negeri Sedati dan TK PAUD Pulungan

Jumat, 19 Juli 2024 - 17:55 WIB

MPLS di MTS dan MA Ma’arif, Sat Binmas Polresta Sidoarjo Edukasi Bahaya Kenakalan Remaja dan Bijak Bermedsos

Jumat, 19 Juli 2024 - 17:42 WIB

Satpolairud Polresta Sidoarjo dan Lantamal V Surabaya Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas di Kawasan Pesisir

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:22 WIB

Kejaksaan Negeri Sidoarjo Berikan Santunan Anak Yatim dan Do’a Bersama dalam Peringatan HBA ke-64

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:25 WIB

Santri dan Siswa Sekolah Antusias Ikuti ‘Ngaji Jurnalistik Santri’ 2024 yang di Gelar PWI Sidoarjo

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:28 WIB

Plt. Ketua TP. PKK Kab. Sidoarjo: Perlu Strategi Agar Percepatan Penurunan Stunting Dapat Dicapai

Rabu, 17 Juli 2024 - 12:55 WIB

Cegah Terjadinya Bullying, Pihak Sekolah Bersama Aparat Gencar Edukasi Kepada Pelajar

Berita Terbaru