Pelajaran dari Burung Hud-hud untuk Manusia

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 18 Desember 2023 - 11:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Anwar Hudijono

Anwar Hudijono

Oleh: Anwar Hudijono

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

JATIMRAYA.COM, So pasti bukan tanpa maksud ketika Allah menceritakan episode Nabi Sulaiman dengan burung Hud-hud di Quran surah An Naml (27) ayat 20-28.

Episode itu diawali ketika Sulaiman melakukan inspeksi terhadap pasukannya dari golongan burung.  Allah memberi mukjizat kepada Sulaiman berupa pasukan burung. Dalam inspeksi itu dia dapati burung Hud-hud absen.

“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata, “Mengapa aku tidak melihat Hud-hud, apakah ia termasuk yang tidak hadir?” (QS. An-Naml 27: Ayat 20)

Sebuah pasukan haruslah disiplin. Maka kalau sampai melanggar disiplin, harus dihukum.

“Pasti akan kuhukum ia dengan hukuman yang berat atau kusembelih ia, kecuali jika ia datang kepadaku dengan alasan yang jelas.”

Ternyata Hud-hud muncul dengan membawa informasi valid tentang negara Sabak. Bukan hoax atau informasi palsu.

“Maka tidak lama kemudian (datanglah Hud-hud), lalu ia berkata, “Aku telah mengetahui sesuatu yang belum engkau ketahui. Aku datang kepadamu dari negeri Saba’ membawa suatu berita yang meyakinkan.” (Ayat 22)

Allah menunjukkan bahwa bisa saja memberikan sebuah kelebihan  kepada mahluk melebihi manusia. Sulaiman, kaisar terbesar di muka bumi sampai tidak tahu punya tetangga kerajaan Sabak.

Hud-hud menceritakan kerajaan itu dimpimpin seorang wanita, istananya yang megah. Kendati demikian Hud-hud sama sekali tidak terpesona dengan kemegahannya.

Kenapa? Karena mereka menyembah matahari.

“Aku (burung Hud-hud) dapati dia dan kaumnya menyembah matahari, bukan kepada Allah; dan setan telah menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan-perbuatan (buruk) mereka, sehingga menghalangi mereka dari jalan (Allah), maka mereka tidak mendapat petunjuk,” (QS. An-Naml 27: Ayat 24)

Jadi prestasi dan kehebatah dunia tidak berarti jika tidak menyembah Allah. Karena sesungguhnya kemuliaan sejati itu hanya milik kaum yang beriman.

Hud-hud di zaman now seolah mengingatkan orang beriman agar tidak kagum, terpesona oleh kemegahan yang dimiliki Amerika, Israel    Inggris, Perancis, Tiongkok dan lain-lain.

Kenapa? Karena ada ancaman di balik kemegahan mereka itu. Sewaktu-waktu bisa dihancurkan oleh Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.” (QS. Al-An’am 6: Ayat 44)

Kapan hal itu akan pasti terjadi? Hanya Allah yang tahu. Tapi pasti terjadi kecuali bangsa itu tobat dan kembali ke jalan Allah.

“Dan  tidak ada suatu negeri  pun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari Kiamat atau Kami siksa (penduduknya) dengan siksa yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Lauh Mahfuz).” (QS. Al-Isra’ 17: Ayat 58)

Allahu ‘alam bis sawab

(Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Pembaruan Materi Uji Kompetensi 2023: Langkah Strategis LSP BRI Meningkatkan Kualitas Perbankan
Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak
PDI Perjuangan dan Partai Gerindra Memuncaki Kompetisi Elektoral Partai Politik, Jelang Pemilu 2024
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 14:26 WIB

Target Bangun Budaya, KORMI Sidoarjo Serahkan Alat Peraga Tradisional ke Sekolah-sekolah

Selasa, 5 Maret 2024 - 14:05 WIB

Lewat Program Inpres, Perumda Delta Tirta Sidoarjo Ajukan Permohonan Sambungan Gratis

Senin, 4 Maret 2024 - 17:45 WIB

Peringati Haul Buyut Qori ke-IX, Wabup Sidoarjo Apresiasi Pemdes Sidokerto

Senin, 4 Maret 2024 - 12:00 WIB

Konferensi GP Ansor Taman, Wabup Sidoarjo: Siapapun yang Terpilih, Mampu Nakhodai Antara Lembaga Eksekutif dengan Partai

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:19 WIB

Bangga Jadi Jujugan Investor, Wabup Sidoarjo Subandi dan Istri Hadiri Grand Opening Klinik Kecantikan Puspita

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:02 WIB

Cegah Bahaya Kekerasan Terhadap Anak, Unit PPA Satreskrim Polresta Sidoarjo Sosialisasi Program BERLIAN

Sabtu, 2 Maret 2024 - 19:47 WIB

Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif, Polsek Tanggulangin Bersama Forkopimka Gelar Patroli Gabungan

Sabtu, 2 Maret 2024 - 15:32 WIB

Wujudkan Keselamatan Berlalu Lintas, Polresta Sidoarjo Adakan Operasi Keselamatan Semeru 2024

Berita Terbaru