Bawa Misi Bangkitkan Ekonomi, Gubernur Jatim Berangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Ke 38 Kabupaten/Kota

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 25 September 2023 - 12:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Khofifah berangkan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka perayaan HUT ke-78 Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Minggu (24/9).

Gubernur Khofifah berangkan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka perayaan HUT ke-78 Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Minggu (24/9).

JATIMRAYA.COM, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi mengawali pemberangkatan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka perayaan HUT ke-78 Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Minggu (24/9).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Parade Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan dibawa keliling 38 kabupaten dan kota dalam rangka memperingati HUT Provinsi Jawa Timur ke-78 yang dimulai dari Kabupaten Bangkalan. Kirab tersebut dijadwalkan kembali ke Gedung Negara Grahadi pada 11 Oktober.

Gubernur Khofifah berharap Pawai Pataka Jer Basuki Mawa Beya juga melahirkan misi kebangkitan ekonomi, peningkatan sosial, pelestarian budaya, dan pengembangan pariwisata di Jawa Timur.

“Kali ini titik pertama ke Bangkalan, salam hormat kami dari Pemprov Jawa Timur untuk masyarakat dan seluruh jajaran Pemkab Bangkalan, dan begitu seterusnya di seluruh Kabupaten Kota yang dilewati,” kata Khofifah ketika memberi sambutan.

“Mudah-mudahan kirab pataka ini sukses, lancar, selamat dan bisa membawa misi kebangkitan ekonomi, kebangkitan sosial, kebangkitan budaya dan kebangkitan pariwisata Jatim,” harapnya.

Khofifah berpesan, di setiap kabupaten dan kota yang dikunjungi Pataka Jer Basuki Mawa Beya, sebaiknya ada tim yang mendatangi stasiun radio tersebut untuk berdialog dengan masyarakat setempat. Di sinilah pesan-pesan prosesi Pataka disampaikan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 beserta segala acara yang menyertainya.

“Sesungguhnya rangkaiannya luar biasa, ada misi bagaimana pariwisata kita bangkit, ada misi bagaimana bersama-sama kita memberantas narkoba, ada misi bersama-sama kita memberantas rokok ilegal, dan seterusnya,” pesannya.

Khofifah menyampaikan banyak hal yang mungkin terkait dengan prosesi pengibaran bendera Jer Basuki Mawa Beya, termasuk bahaya penggunaan obat-obatan terlarang yang dapat berujung pada kasus kematian.

Sebab itu, Khofifah meminta sinergi dan kolaborasi yang dibangun Badan Ketertiban Umum (Satpol PP) dengan berbagai institusi. Hal ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas dan generasi muda di Jawa Timur mengenai berbagai hal.

“Bagaimana bahaya narkoba, mengenali lebih dalam bagaimana mereka menjaga daya dukung alam dan lingkungan kita , mengenali lebih dalam bagaimana dampak kemarau panjang elnino,” jelasnya.

“Karena kita harus bersiap siaga dengan menyiapkan stok pangan yang cukup, dan kita bersiap siaga untuk bisa menyiapkan irigasi teknis di sektor pertanian kita supaya produksi pangan kita tidak mengalami defisit,” tambahnya.

Termasuk terkait operasi Sigap Tata Praja (SITAPA), Gubernur Khofifah menyebut bahwa belum banyak masyarakat Jawa Timur yang mengetahui tentang operasi ini. Maka perlu disosialisasikan sambil kirab ke 38 kabupaten/ kota.

Khofifah juga menyatakan operasi Sigap Tata Praja (SITAPA) perlu diperkenalkan hingga disosialisasikan kepada masyarakat Jawa Timur sambil melanjutkan kirab ke 38 kabupaten/kota tujuan.

Operasi Sitapa sendiri merupakan operasi yang dilakukan melalui sinergi Satuan Polisi Pamong Praja Daerah (Satpol PP) dengan berbagai instansi, bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dunia usaha terhadap peraturan provinsi di Jawa Timur melalui pendekatan peduli, preventif, edukasi, dan pendekatan berorientasi memberi solusi.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Di akhir, Gubernur Khofifah berharap agar pawai Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan seluruh tim diberikan kesehatan dan kelancaran hingga berakhirnya pawai ini dan kembali ke Gedung Negara, Grahadi.

Dalam acara tersebut Gubernur Khofifah juga menyematkan pita sebagai tanda dimulainya Operasi SITAPA kepada 5 orang perwakilan. Mereka adalah Dzikri Fadlillah perwakilan Satpol PP Prov. Jatim, Rizky Hilman Wijaya, perwakilan Dishub Prov. Jatim, Rusnawi, perwakilan dari Disdik Prov. Jawa Timur, Cipto Wibowo, perwakilan dari DPMPTSP Prov. Jawa Timur, dan Fery Ferdianto, perwakilan dari Disbudpar Prov. Jawa Timur.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur (Kasatpol PP Prov Jatim) M. Hadi Wawan Guntoro menyatakan, operasi Sitapa dilakukan dengan melakukan pembinaan, fasilitasi, dan pengawasan kepada masyarakat di tiga bidang yaitu pariwisata, pendidikan, dan memberantas rokok ilegal. Disebutkannya, kolaborasi dan sinergitas Polri dengan berbagai instansi menunjukkan keberagaman yang terjalin dengan komitmen bersama.

“Menjadi warna-warna yang terus berkomitmen untuk menjaga dan melindungi masyarakat Jawa Timur sesuai Nawa Bhakti Satya serta mewujudkan Jawa Timur yang Toto Tentrem Kerto Raharjo,” kata Hadi Wawan. (Andy Setiawan)***

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Berita Terkait

BRI Kembali Dipercaya Jadi Penyalur Bantuan Program IBM Sanitasi Ponpes dan Desa di Jatim
SMPN 8 Madiun Diduga Terima Titipan Siswa Pada PPDB dan Tolak Siswa dari Luar Kota
Plt Bupati Subandi Dorong DPM-PTSP Sidoarjo Gencar Lakukan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan
Bantuan Pangan Beras, Plt Bupati Sidoarjo Subandi: Yang Menerima Benar-benar Berhak
2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing
Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo
Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat
Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB