Gerakan 2000 Start Up Jatim Ikut Turunkan Angka Pengangguran

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 21 September 2023 - 17:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim saat peresmian Gerakan 2000 Start-up di Graha UNESA.

Gubernur Jatim saat peresmian Gerakan 2000 Start-up di Graha UNESA.

JATIMRAYA.COM, Ajang kolaborasi startup up BUMN, BUMD, swasta dan Akademisi guna meningkatkan perannya dalam meningkatkan ekonomi Jatim, Khofifah Indar Prawansa selalu Gubernur Jatim meresmikan Gerakan  2000 Start-Up di Graha UNESA pada Rabu (20/9).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Peresmian Gerakan 2.000 Startup ditandai dengan penekanan tombol oleh Gubernur Khofifah, bersama Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Alumni ITS, Bambang Pramujati Ph.D, Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur. Pemerintah, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Timur.

Gubernur Khofifah optimistis Gerakan 2.000 Startup di Jawa Timur akan menjadi katalis yang luar biasa bagi ekonomi kreatif dan industri kreatif, tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga di Indonesia.

“Hari ini penguatan demi penguatan terus kita lakukan. Harapan kita  pelaku startup di Jatim akan terus menemukan jejaring, menemukan strategic partner, dan terus bisa memperluas proses penguatan ekonomi kreatif dan industri kreatif,” katanya.

Kepalda Disperindag Iwan, mencatat dari link pendaftaran yang sudah disediakan terdapat 2.100 peserta. Peserta tersebut terdiri dari Startup dan Komunitas Startup, Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta, Asosiasi Industri, Universitas, Perguruan Tinggi, SMA dan SMK.

Atas penyampaian Iwan, Khofifah optimis gerakan ini bisa membantu perkembangan start-up di Jatim.

“Melalui gerakan ini diharapkan akan menginisiasi tumbuhnya Startup-Startup baru di Jawa Timur. Serta memperkuat ekosistem pengembangan Startup Jawa Timur, khususnya yang berbasis inovasi, kreatifitas dan teknologi digital,” terangnya.

Khofifah menyatakan, ekonomi kreatif saat ini menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia. Hal ini disebabkan melimpahnya sumber daya manusia di Indonesia yang menjadi kekuatan dalam melahirkan individu-individu kreatif yang mampu menciptakan nilai tambah yang signifikan terhadap sumber daya alam dan budaya yang melimpah.

Selanjutnya, saat ini terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif, antara lain Aplikasi, Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Desain Interior, Fotografi, Musik, Kriya, Kuliner, Fashion, Penerbitan, Film, Animasi & Video, Periklanan, Interaktif. Permainan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, serta TV & Radio.

Khofifah juga menyebutkan, boomingnya ekonomi kreatif tercermin dari terbitnya Statistik Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2020. Selama periode 2014-2020, PDB ekonomi kreatif di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 44,60 persen, dari Rp784,87 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp1.134,90 triliun pada tahun 2020.

Pada tahun 2020 saja, ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi sebesar 7,35 persen terhadap pembentukan PDB nasional. Subsektor ekonomi kreatif yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap pembentukan PDB ekonomi kreatif adalah Kuliner, disusul fashion dan periklanan.

“Dengan berkembangnya teknologi digital, maka di masa depan diperkirakan sub sektor ekonomi kreatif lainnya terutama yang berbasis teknologi akan semakin meningkat peranannya,” katanya.

Dengan tumbuhnya startup di Jawa Timur, Khofifah optimistis akan terbukanya banyak lapangan kerja. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jawa Timur.

“Kemarin saya membuka job fair yang digelar Pemprov Jatim secara online maupun offline. Kalau kemarin itu job fair, maka Gerakan 2.000 Startup Jatim ini merupakan pertemuan para Job Creator,” katanya.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Yakinlah bahwa anak-anak pelaku  startup ini sudah bisa membuka lapangan kerja untuk dirinya sendiri, untuk kawan-kawannya, dan untuk pasar lebih luas lagi,” tambahnya.

Kehadiran gerakan 2.000 startup Jatim menjadi krusial guna menumbuhkan penciptaan lapangan kerja dan semakin menekan angka pengangguran di Jatim. Hingga Februari 2023, angka pengangguran di Jatim sebesar 4,33 persen, lebih rendah dibandingkan angka pengangguran nasional sebesar 5,45 persen.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Jadi kebutuhan Jawa Timur untuk bisa menghadirkan banyak startup baru. Ini karena para job creator baru menjadi bagian yang sangat penting. InsyaAllah bersama-sama kita akan membuka peluang kerja baru sekaligus  menurunkan lebih tajam lagi tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur,” tandasnya.

Seperti disampaikan Khofifah, Pemprov Jatim akan terus mendukung perkembangan startup. Salah satu inisiatifnya adalah proyek Millennial Job Center (MJC) yang menggandeng mentor, talent, dan klien. MJC telah diterapkan di 5 pusat wilayah melalui platform East Java Super Corridor (EJSC).

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Pemprov Jatim juga telah mendirikan East Java IT Creative (JITC) di Surabaya dan Malang. Program ini menjadi wadah bagi komunitas startup di Jawa Timur untuk berkumpul dan memamerkan karyanya. Selain itu, terdapat fasilitasi hak kekayaan intelektual dan merek dagang.

Di sisi infrastruktur, Jawa Timur telah mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari yang merupakan KEK Ekonomi Digital pertama di Indonesia. Ini menampung Pabrik Film & Animasi dan saat ini sedang membangun Pabrik Coding. Tujuannya adalah menciptakan ekosistem ekonomi digital yang utuh dalam satu wilayah.

“Di KEK Singhasari ini juga dalam waktu dekat King’s College University, kampus berperingkat 37 dunia akan membuka kampusnya.  Ada tiga program studi master degree yang akan dibuka yakni digital marketing, digital media, dan creative industry. Insya Allah September tahun depan sudah berjalan. Mohon do’a dan dukungan semuanya,” terangnya.

“Tentunya ini akan menjadi bagian bagaimana kita membangun SDM yang berkualitas, sehingga mereka akan menjadi punggawa dalam menyukseskan visi Indonesia Emas 2045,” kata Khofifah dengan optimis.

Khofifah juga menyerahkan penghargaan kepada berbagai Lembaga Industri Kreatif diantaranya PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT. PLN (Persero) UID Jawa Timur, PT. POS Indonesia (Persero), Bank Jatim, PT. Grab Teknologi Indonesia, dan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pelaku Creative Startup seperti CV. Gain Ultima, Djoyo Tani, Ecowisata Napote, Sampah Kita, Plat Pe & Quiz Indonesia, Tokolabs, dan Letsplay Indonesia.

Usai acara, Gubernur Khofifah meninjau langsung stand para pelaku startup nasional dan lokal termasuk PT. Grab Teknologi Indonesia, Jatim Information Technology Creative (JITC) Malang, Paktukang, IOU Studio, dan PT. Alton Teknologi Indonesia.

Hadir pula stand-stand yang mewakili berbagai instansi pemerintah dan BUMN se-Jawa Timur antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kelautan dan Perikanan, PT. Telkom Indonesia, dan Bank UKM Jawa Timur. Stand-stand ini memamerkan karya-karya para pelaku startup di Jawa Timur, mulai dari makanan, pakaian, pemasaran digital, desain, hingga teknologi berbasis AI (artificial intelligence). (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

BRI Kembali Dipercaya Jadi Penyalur Bantuan Program IBM Sanitasi Ponpes dan Desa di Jatim
SMPN 8 Madiun Diduga Terima Titipan Siswa Pada PPDB dan Tolak Siswa dari Luar Kota
Plt Bupati Subandi Dorong DPM-PTSP Sidoarjo Gencar Lakukan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan
Bantuan Pangan Beras, Plt Bupati Sidoarjo Subandi: Yang Menerima Benar-benar Berhak
2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing
Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo
Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat
Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB