Musda VI JRKI Jawa Timur, ketua DPRD Jatim Berhasil Bakar Semangat Peserta

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 8 Juli 2024 - 14:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Usai acara pelantikan peserta Musda VI JRKI Wilayah Jawa Timur mendaulat Kang Adi Rumansyah untuk foto bersama.

Usai acara pelantikan peserta Musda VI JRKI Wilayah Jawa Timur mendaulat Kang Adi Rumansyah untuk foto bersama.

JATIMRAYA.COM – Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi, SH, M.Hum berhasil membakar semangat peserta Musyawarah Daerah VI Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Jawa Timur yang berlangsung 5-7 Juli 2024 di Hotel Tanjungasri Banyuwangi.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Tema Musda JRKI “Dengan Semangat Gotong Royong Menjaga Keberlanjutan Radio Komunitas di Era Digital” dikupas habis wakil rakyat Jawa Timur ini.

“Kita sering menganggap istilah gotong royong itu jadul. Kuno. Padahal arti gotong royong itu adalah kebersamaan. Justru karena adanya rasa kebersamaan itulah bangsa dan negara Indonesia ada sampai sekarang. Dengan gotong royong itu pula Musda VI JRKI bisa berjalan. Dan dengan semangat gotong royong pula Radio Komunitas bisa bertahan di tengah perubahan zaman,” demikian Kusnadi.

Sebelumnya Ketua JRKI Pusat, Adi Rumansyah melaporkan, dari ribuan Radio Komunitas (Rakom) di 2010, kini tinggal 230 Rakom yang tersebar di 34 provinsi. Dan, kepengurusan JRKI Wilayah yang benar-benar eksis hanya Jawa Barat dan Jawa Timur.

Adi kemudian menyoroti UU Nomor 32 Tahun 2002 yang kini tengah dalam proses revisi di DPR RI. “Kami harap wakil rakyat benar-benar berpihak kepada kepentingan rakyat. Jangan biarkan UU Penyiaran menyebabkan Rakom tidak bisa bertumbuh, bahkan banyak yang mati,” ujar Kang Adi, yang juga memuji peserta musda yang mengikuti kegiatan empat tahunan JRKI secara mandiri.

Menanggapi pernyataan Ketua JRKI Pusat, Kusnadi mengatakan, perubahan yang diinginkan melalui gerakan reformasi memang belum tuntas.

“Saat pemerintah Orde Baru tumbang, kita yang menginginkan perubahan ternyata tidak siap dengan agenda perubahan. Akibatnya ya seperti saat ini. Perubahannya serba tanggung,” ucapnya.

Pilih Ketua

Musda VI JRKI Wilayah Jawa Timur salah satu agendanya adalah memilih ketua baru untuk periode empat tahun mendatang.

Dalam proses pemilihan, Suyono Hanif, utusan Radio Komunitas Tokcer Top FM Tuban terpilih sebagai Ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Wilayah Jawa Timur periode 2024-2028.

Dalam proses pemilihan, Suyono meraih dukungan 23 dari 44 suara pemilih. Dua calon lainnya, Hadi Purwanto, utusan Radio Komunitas (Rakom) Planet FM Banyuwangi memperoleh 11 suara dan Sudarto, utusan Rakom Kiss FM mendapat 10 suara.

Sebelumnya, tidak seorang pun peserta musda yang bersedia mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua. Akhirnya pimpinan musda, Aguk Wahyu Nuryadi menunjuk perwakilan utusan dari wilayah Barat (Sudarto), wilayah Tengah (Suyono Hanif) dan wilayah Timur (Hadi Purwanto). Atas persetujuan peserta musda dilakukanlah proses pemilihan.

“Sebab organisasi yang sudah berusia dua dekade ini harus tetap ada,” kata Aguk, salah satu pendiri JRKI.

Ketua terpilih Suyono yang otomatis jadi ketua formatur bersama mantan ketua dan tiga wakil peserta musda kemudian menyusun kepengurusan JRKI Wilayah Jawa Timur masa bhakti 2024-2028.

Selengkapnya: Ketua: Suyono Hanif, Wakil Ketua Hadi Purwanto dan Tuti Haryati, MPd (Rakom Al Azhar Tulungagung), Sekretaris Drs. Andre P Waluyo (Rakom Bung Tomo FM Banyuwangi dan Saeran (Rakom Senopati FM Madiun) Wakil Sekretaris.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Posisi bendahara dipercayakan kepada Siswanur Arifin dari Ronggo FM Kabupaten Probolinggo.

Ketua JRKI Jawa Timur periode empat tahun sebelumnya, Sumali dari Rakom Rajamuni FM Surabaya ditunjuk sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) bersama Sudarto (Rakom Kiss FM Ngawi) dan Teguh Wiyono, utusan Rakom Pass FM Kota Batu.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ketua JRKI Pusat, Adi Rumansyah, Minggu (07/07/2024) sore melantik pengurus JRKI Wilayah Jawa Timur periode 2024-2028.

“Saya senang dan bangga melihat semangat dan konsentrasi pegiat Rakom di Jawa Timur. Saya yakin pengurus yang terpilih secara demokratis ini bisa menjalankan amanah dan aspirasi anggota yang mengikuti jalannya Musda VI JRKI Wilayah Jawa Timur,” ujar Kang Adi Rumansyah, pria asal Bandung yang menetap di Banda Aceh.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Rangkaian acara Musda dimulai Jumat dan dibuka Ketua JRKI Pusat hari Sabtu pagi.

Hadir dalam pembukaan Musda VI JRKI Jawa Timur ini Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi, SH, M.Hum yang diundang panitia pelaksana musda untuk membekali wawasan sekaligus memberikan motivasi kepada pegiat Rakom.

Undangan lainnya yang hadir di acara pembukaan Musda JRKI adalah Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur, Immanuel Yosua Tjiptosoewarno, M.I.Kom.,M.H, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik DisKominfo Jawa Timur, Putut Dharmawan dan dari Dinas Kominfo Banyuwangi, Nafi Ferdian, ST, MT.

Hadir pula mitra kerja JRKI Pusat, yakni Manajer Program LSM Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (MAFINDO), Santi Indra Astuti dan perwakilan BKKBN serta Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale, ST.

Sabtu malam Mafindo mengadakan kegiatan Tular Nalar dengan menggelar bioskop keliling di Panggung Omprog Gandrung Warung Kemarang Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah Banyuwangi. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Pemdes Trompoasri Gelar Ruwatan Desa dengan Santuni Anak Yatim dan Dhuafa
Sebuah Bangunan Calon Hotel dan Mall ‘Luwes’ di Madiun Terbakar
Plt Bupati Subandi Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Merayakan HUT RI ke -79
Majukan Pendidikan Usia Dini, Plt Ketua TP PKK Sidoarjo Lakukan Kunjungan ke TK Pembina Negeri Sedati dan TK PAUD Pulungan
MPLS di MTS dan MA Ma’arif, Sat Binmas Polresta Sidoarjo Edukasi Bahaya Kenakalan Remaja dan Bijak Bermedsos
Satpolairud Polresta Sidoarjo dan Lantamal V Surabaya Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas di Kawasan Pesisir
Warga Ponorogo Temukan Sesosok Mayat dalam Kondisi Membusuk di Desa Karangjoho
Kejaksaan Negeri Sidoarjo Berikan Santunan Anak Yatim dan Do’a Bersama dalam Peringatan HBA ke-64
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 20:31 WIB

Pemdes Trompoasri Gelar Ruwatan Desa dengan Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Sabtu, 20 Juli 2024 - 21:48 WIB

Sebuah Bangunan Calon Hotel dan Mall ‘Luwes’ di Madiun Terbakar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:11 WIB

Plt Bupati Subandi Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Merayakan HUT RI ke -79

Jumat, 19 Juli 2024 - 20:33 WIB

Majukan Pendidikan Usia Dini, Plt Ketua TP PKK Sidoarjo Lakukan Kunjungan ke TK Pembina Negeri Sedati dan TK PAUD Pulungan

Jumat, 19 Juli 2024 - 17:42 WIB

Satpolairud Polresta Sidoarjo dan Lantamal V Surabaya Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas di Kawasan Pesisir

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:28 WIB

Warga Ponorogo Temukan Sesosok Mayat dalam Kondisi Membusuk di Desa Karangjoho

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:22 WIB

Kejaksaan Negeri Sidoarjo Berikan Santunan Anak Yatim dan Do’a Bersama dalam Peringatan HBA ke-64

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:25 WIB

Santri dan Siswa Sekolah Antusias Ikuti ‘Ngaji Jurnalistik Santri’ 2024 yang di Gelar PWI Sidoarjo

Berita Terbaru