Pemilihan GB ILO 2024, Indonesia Tentukan Arah Ketenagakerjaan Dunia

Avatar photo

- Pewarta

Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemerintah Indonesia hari ini melakukan pemilihan anggota Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) yang berlangsung pada sesi ke-112 Konferensi Perburuhan International Labour Conference (ILC). Pemilihan ini akan menentukan anggota GB untuk periode Juni 2024 hingga Juni 2027. (Foto: Humas Menaker)

Pemerintah Indonesia hari ini melakukan pemilihan anggota Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) yang berlangsung pada sesi ke-112 Konferensi Perburuhan International Labour Conference (ILC). Pemilihan ini akan menentukan anggota GB untuk periode Juni 2024 hingga Juni 2027. (Foto: Humas Menaker)

Pemerintah Indonesia hari ini melakukan pemilihan anggota Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) yang berlangsung pada sesi ke-112 Konferensi Perburuhan International Labour Conference (ILC). Pemilihan ini akan menentukan anggota GB untuk periode Juni 2024 hingga Juni 2027.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menjelaskan bahwa pemilihan ini diadakan sesuai dengan pasal 7 Konstitusi ILO, dimana negara anggota ILO bertugas memilih anggota GB untuk masa jabatan tiga tahun. Tujuan dari pemilihan anggota GB adalah untuk memastikan adanya perwakilan yang adil dan efektif dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan ketenagakerjaan global.

“Governing Body berperan penting dalam menetapkan arah strategis dan mengawasi pelaksanaan program-program ILO,” kata Sekjen Anwar Sanusi, Jenewa, Jumat (7/6/2024).

Pada pemilihan kali ini, Indonesia memilih Brunei Darussalam sebagai anggota tetap (Regular Member) untuk wilayah Asia Pasifik. Selain itu, Indonesia juga memberikan suara untuk kandidat anggota pengganti (Deputy Member) dari ASEAN, yaitu Malaysia, Laos, dan Filipina.

“Dukungan ini mencerminkan komitmen Indonesia dalam memperkuat kerja sama regional di bidang ketenagakerjaan,” kata Anwar.

Tidak hanya berfokus pada negara-negara ASEAN, Indonesia juga memberikan suara kepada Kuba sebagai anggota pengganti untuk wilayah Amerika. Dukungan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan Kuba.

Lebih lanjut, Pemerintah Indonesia turut memberikan suara kepada negara-negara lain di luar ASEAN yang masuk dalam daftar konsensus wilayah Asia Pasifik. Daftar negara yang didukung oleh Indonesia meliputi anggota tetap dari Bangladesh, Oman, dan Korea Selatan, serta anggota pengganti dari Australia, Iran, Irak, Nepal, dan Qatar.

Pemungutan suara dilakukan secara elektronik. Proses ini diharapkan berjalan lancar dan transparan, memastikan bahwa anggota GB terpilih dapat berkontribusi secara efektif dalam peningkatan kondisi ketenagakerjaan global.

Anwar menyatakan bahwa partisipasi aktif Indonesia dalam pemilihan ini menunjukkan komitmen negara dalam mendukung tujuan ILO untuk menciptakan pekerjaan yang layak dan adil bagi semua.

“Indonesia akan terus berperan aktif dalam forum internasional seperti ILC demi tercapainya kondisi kerja yang lebih baik dan berkeadilan serta mengedepankan aspirasi ASEAN di ILO,” pungkasnya.

Dari hasil pemilihan, Brunei Darussalam terpilih menjadi anggota tetap (Regular Member) GB ILO Juni 2024 – Juni 2027 untuk wilayah Asia Pasifik.

Berita Terkait

Pengamanan WWF, Ditpolairud Polda Jatim Kerahkan 34 Kapal di Selat Bali
Soal Penutupan Paksa Kantor Berita Al Jazeera di Yerusalem oleh Israel, Palestina Beri Tanggapan
Ketua IUP FHUB: Dengan Pegang IUP, FHUB Dapat Bersaing dengan Perguruan Tinggi Hukum Lainnya
Temu Alumni dan Pengurus Cabang IKA Unair di Inggris, Gubernur Khofifah Tekankan Penguatan Networking
Gubernur Jatim Khofifah Terima Piagam Perdamaian dari Organisasi Islam Internasional
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:41 WIB

2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing

Senin, 17 Juni 2024 - 19:52 WIB

Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo

Senin, 17 Juni 2024 - 17:44 WIB

Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat

Senin, 17 Juni 2024 - 17:27 WIB

Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Berikan Pembelajaran Inklusif, Menko Muhadjir Apresiasi Pondok Pesantren Al Ubaidah Kertosono

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36 WIB

Bacawalkot Malang Dwi Hari Cahyono Terapkan Program Pembuatan Sumur Resapan Setiap IMB Baru

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:18 WIB

Anggota Samapta Polresta Sidoarjo Laksanakan Patroli Kamtibmas Sekaligus Bagikan Makanan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:13 WIB

Serah Terima Kepala Kanim Tanjung Perak, I Gusti Tertantang Pertahankan Predikat WBBM dan WBK

Berita Terbaru

Menaker Ida Fauziyah. (foto: Humas Kemnaker RI)

Nasional

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Selasa, 18 Jun 2024 - 16:27 WIB