Pengalaman Spiritual Hajji

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 20 Mei 2024 - 13:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gatot Sundoro

Gatot Sundoro

Oleh: Gatot Sundoro

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

JATIMRAYA.COM – Tulisan ini bukan bermaksud menakut nakuti seorang yang ingin beribadah ke tanah suci. Bagaimanapun beribadah ke tanah suci Mekkah dan Madinah bukan hanya sekedar wisata, diperlukan hati yang tulus dan ikhlas agar ibadah yang dijalankan mendapatkan ridho ilahi robbi.

Aku alhamdulillah dikasih ALLOH kesempatan untuk ber hajji, waktu itu tahun 1998, daftar bulan Agustus, berangkat bulan Desember. Hanya perlu waktu 5-6 bulan; dibandingkan dengan sekarang, bayar tahun ini, diberangkatkan hajji 30 tahun yang akan datang. Lagian waktu itu biaya hajji tergolong relatif murah, hanya 8 jutaan (kurs dollar 2.500).

Kenangan yang tak terlupakan, rasanya ingin lagi ber hajji lagi dan lagi. Waktu itu umur masih relatif muda, 40 tahun, istri 35 tahun. Sekarang usia sudah menua, hampir 66 tahun. Dengan biaya hidup yang dikembalikan oleh Pemerintah sebesar 1.500 real per orang, seharusnya setiap jamaah hajji tidak perlu bekal duit lagi. Biaya makan di resto 5-10 real, 3 kali makan, sebulan hanya perlu 450-900 real, lebih dari cukup.

Pengalaman yang teringat seumur hidupku:

  1. Saat itu sholat jamaah, masjidil haram full sesak. Untuk sujud saja sulitnya bukan main. Kebetulan disebelahku ada jamaah negro, mungkin dari benua Afrika, ia membeberkan sajadah kecil kira kira ukuran 30×40 cm, warna putih ke hitam hitaman. Aku berpikir jorok sekali sajadahnya, baunya pasti apek banget (Dalam hati, saat itu sholat sudah mulai) Nggak tahu kejadiannya, tiba tiba posisi sholatku PAS didepan sajadah si orang Afrika ini. Bisa bayangkan saat sujud, nahan napas seraya mau pingsan.

 

  1. Dalam rombonganku ada seorang jamaah wanita, istri seorang kolonel AD (Astaghfirullah), pintar bicara, super cerewet. Dia usai sholat jamaah di masjidil Haram, ngerumpi bahwa disebelahnya sholat seorang jamaah wanita :” Kakinya besar, kayak kaki gajah.” Katanya. Ibu jamaah yang lainnya memperingatkan :” istighfar bu, istighfar.” Si istri kolonel ini malahan tertawa tawa. Suatu saat ketika ia turun tangga mau berangkat sholat ke masjidil Haram, tiba tiba …klek…kaki istri kolonel ini terkilir. Besuknya kakinya bengkak, mungkin sama dengan ceritanya kakinya bengkak sepertu kaki gajah.

Memang benar petuah para pendakwa, ditanah suci. Harus suci bersih lahir batin, hindari dosa dosa akibat perkataan maupun pikiran yang membuat ALLOH tidak berkenan. Segeralah mohon ampunan atas dosa dosa yang telah dilakukan.

Tulisan ini khususnya kutujukan ke saudara saudaraku di Sidoarjo yang akan berangkat hajji seminggu lagi, 3 Juni 2024). (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Keistimewaan Puasa Asyura
Meritokrasi Membuahkan Spanyol yang Hebat
Menjadi Pemimpin yang Baik
Kematian Afif Maulana, Prof. Adrianus Meliala: Pihak Keluarga Tidak Terima Karena Kematian Korban Dianggap Tidak Wajar
Teluk Hijau Banyuwangi Berikan Keindahan Alam Hingga flora dan fauna yang unik
Istana Bukit Serene Simbol Kekuatan Sejarah dan Keindahan Arsitektur di Johor Bahru
Pantai Pulau Merah Salah Satu Destinasi Wisata favorit Bagi Para Penggemar Selancar
Taman Nasional Baluran Tawarkan Pemandangan Savana yang Mirip dengan Afrika
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 20:31 WIB

Pemdes Trompoasri Gelar Ruwatan Desa dengan Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Sabtu, 20 Juli 2024 - 21:48 WIB

Sebuah Bangunan Calon Hotel dan Mall ‘Luwes’ di Madiun Terbakar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:11 WIB

Plt Bupati Subandi Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk Merayakan HUT RI ke -79

Jumat, 19 Juli 2024 - 20:33 WIB

Majukan Pendidikan Usia Dini, Plt Ketua TP PKK Sidoarjo Lakukan Kunjungan ke TK Pembina Negeri Sedati dan TK PAUD Pulungan

Jumat, 19 Juli 2024 - 17:42 WIB

Satpolairud Polresta Sidoarjo dan Lantamal V Surabaya Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas di Kawasan Pesisir

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:28 WIB

Warga Ponorogo Temukan Sesosok Mayat dalam Kondisi Membusuk di Desa Karangjoho

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:22 WIB

Kejaksaan Negeri Sidoarjo Berikan Santunan Anak Yatim dan Do’a Bersama dalam Peringatan HBA ke-64

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:25 WIB

Santri dan Siswa Sekolah Antusias Ikuti ‘Ngaji Jurnalistik Santri’ 2024 yang di Gelar PWI Sidoarjo

Berita Terbaru