Tandatangani 20 Prasasti, Khofifah ingin Mengevaluasi Penggunaan Energi

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 25 Oktober 2023 - 07:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim memberi tanggapan terhadap penggunaan energi alam setelah memberi bantuan PLTS Atap di Ballroom Masjid Al - Akbar, Surabaya

Gubernur Jatim memberi tanggapan terhadap penggunaan energi alam setelah memberi bantuan PLTS Atap di Ballroom Masjid Al - Akbar, Surabaya

JATIMRAYA.COM, Gubernur Jatim mengunjungi Masjid Al – Akbar Surabaya dengan iringan konvoi motor listrik sebagii bukti teknologi ramah lingkungan pada Selasa, (24/10).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Setelah tiba di lokasi, Khofifah langsung mengunjungi Ballroom Masjid Al Akbar untuk memberi bantuan PLTS atap.

Dalam pernyataannya baru-baru ini, terkait industri energi, Khofifah menekankan potensi sumber energi non-fosil untuk pengembangan di masa depan. Menurut Khofifah, terdapat berbagai sumber energi terbarukan yang belum termanfaatkan dan dapat dimanfaatkan dan dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif maupun dalam pembangunan pembangkit listrik.

Khofifah menyampaikan optimismenya terhadap masa depan energi nonfosil, berharap terus dimaksimalkan dan diterapkan dalam skala yang lebih besar. Hal ini tidak hanya berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca namun juga mendorong transisi menuju masa depan yang lebih bersih dan hijau.

“Banyak sekali anak bangsa yang sudah memiliki kemampuan, kapasitas dan kapabilitas untuk bisa mengeksplor bagaimana konversi dari energi fosil ke non fosil. Hari ini baru sebagian yakni tenaga surya dari sinar matahari yang bisa kita maksimalkan, belum tenaga angin, belum air, atau panas bumi,” urainya.

“Jadi betapa Allah memberikan anugerah luar biasa untuk mengkonversi energi dari fosil ke non fosil. Proses ini terjadi karena memang sinergitas kita semua. Mudah-mudahan semuanya manfaat barokah,” imbuhnya.

Jawa Timur telah mencapai kemajuan signifikan dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Saat ini provinsi tersebut telah berhasil membangun PLTS dengan total kapasitas terpasang 68,41 MW. Termasuk PLTS Atap sebesar 62,62 MW dan PLTS SHS tersebar dan komunal yang nantinya digunakan untuk menyediakan akses energi bagi masyarakat terpencil dan kepulauan yang sebelumnya kekurangan listrik.

Ia menandatangani 20 prasasti PLTS yang akan diserahkan kepada beberapa pihak. Khofifah juga bersyukur berkat panas matahari memberikan peluang bagi provinsi Jatim untuk penerapan energi terbarukan dan berkontribusi pada upaya global dalam menjaga lingkungan.

“Bantuan PLTS Atap ini bagian dari kita menyicil bagaimana proses transformasi dari penggunaan energi fosil ke non fosil. Karena energi fosil ini ke depan akan bisa habis, tapi non Fosil insyaAllah Allah anugerahkan sumber energi yang luar biasa baik tenaga surya, air, angin, maupun panas bumi,” katanya.

Bantuan PLTS Atap ini diserahkan kepada 18 Ponpes dan 2 UPT Pelabuhan Perikanan. Yakni Masjid Al-Akbar – Surabaya 13.200 WP, Ponpes Islam At Tauhid ASPI2 Surabaya 5000 WP, Ponpes Bumi Shalawat Progresif – Sidoarjo 10.000 WP, Ponpes Zainul Hasan Genggong – Probolinggo sebesar 10.000 WP, Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo – Situbondo 10.000 WP, dan Ponpes Al Qodiri – Jember 10.000 WP.

Kemudian Ponpes Darussalam – Banyuwangi 10.000 WP, Amanatul Ummah – Surabaya, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim – Mojokerto 10.000 WP, Ponpes Al- Falah – Kediri 5.000 WP, Ponpes Hidayatul Mubtadi-in – Kediri 10.000 WP, Ponpes Qomarrudin Gresik 5.000 WP, Ponpes Al Falah – Malang 5.000 WP, Ponpes Syaikhona Moh Cholil – Bangkalan 10.000 WP, dan Pendidikan dan Sosial KH. Maulana Ishaq – Sampang 5.000 WP.

Selanjutnya, Ponpes Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum – Kediri 10.000 WP, Ponpes Al Ikhlas – Pasuruan 10.000 WP, Ponpes Daru Ulil Albab – Nganjuk 5.000 WP, Ponpes Anwarul Haromain – Trenggalek 5.000 WP, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar – Kab. Banyuwangi 25.000 WP, dan UPT Pelabuhan Perikanan Pantau Pondokdadap – Kab. Malang 25.000 WP.

Saat sesi wawancara, Khofifah mengakui penggunaan sumber daya alam harus juga dievaluasi bersama dengan kondisi lingkungan dengan amdal.

“Harga bahan bakar yang bisa saja naik lagi itu membuktikan kita harus memperbaiki, mengevaluasi penggunaan energi termasuk juga kondisi lingkungan dan tidak lupa juga kembali ke diri sendiri apabila tidak memiliki keperluan penting maka lebih baik hemat energi, ” kata Khofifah

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Saya tau dan saya juga merasa ini belum cukup, tapi setidaknya kita semua harus berusaha dan mengevaluasi diri sendiri, ” tutupnya

Khofifah juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan migrasi dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Saya ingin mengajak masyarakat sebanyak mungkin untuk bisa mentransformasikan dari bensin ke listrik dan itu akan menjadi penguatan terhadap saya tumbuh alam di bumi kita, ” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa semua pembangunan ini diperkirakan akan menggunakan energi alam yang nantinya bisa saja berdampak buruk.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

“Sekarang kita masih berlari ke green energy, harapan kita bisa terus mengajak masyarakat lebih luas lagi untuk bisa mentransformasikan dari energi fosil ke energi non fosil,” imbuhnya.

“Harapannya terus akan bisa mengajak masyarakat lebih luas lagi, mentransformasikan energi fosil menjadi energi non-fosil, ” tutupnya saat wawancara. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

BRI Kembali Dipercaya Jadi Penyalur Bantuan Program IBM Sanitasi Ponpes dan Desa di Jatim
SMPN 8 Madiun Diduga Terima Titipan Siswa Pada PPDB dan Tolak Siswa dari Luar Kota
Plt Bupati Subandi Dorong DPM-PTSP Sidoarjo Gencar Lakukan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan
Bantuan Pangan Beras, Plt Bupati Sidoarjo Subandi: Yang Menerima Benar-benar Berhak
2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing
Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo
Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat
Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB