Menko PMK Muhadjir: Dengan Adanya Sport Center Atlet Bisa Meraih Prestasi Gemilang

Avatar photo

- Pewarta

Sabtu, 17 Februari 2024 - 09:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menko Muhadjir bersama Menpora dan Pj Gubernur Sumut saat tinjau kesiapan venue utama PON XXI Aceh-Sumut.

Menko Muhadjir bersama Menpora dan Pj Gubernur Sumut saat tinjau kesiapan venue utama PON XXI Aceh-Sumut.

JATIMRAYA.COM – Olahraga merupakan salah satu cara untuk menunjukkan jati diri Bangsa Indonesia. Melalui olahraga para atlet dapat berkompetisi meraih prestasi gemilang di tingkat nasional hingga Internasional.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Pemerintah terus berupaya mengembangkan fasilitas olahraga untuk menjadi sarana pembinaan dan pembibitan atlet nasional. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan membangun Sumut Sport Center, di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Mudah-mudahan dengan adanya Sport Center yang sangat luar biasa ini akan melahirkan atlet-atlet dari Sumatera yang bukan hanya bereputasi nasional tapi bisa meraih prestasi internasional khususnya di kancah sepakbola. Karena dulu Sumut sangat dikenal dengan pemain sepak bola tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungannya meninjau kesiapan pembangunan Sumut Sport Center, pada Jumat (16/02/2024).

Sumut Sport Center merupakan kompleks olahraga yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan akan dimanfaatkan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan diselenggarakan pada 8-20 September tahun ini.

Didirikan di lahan seluas 300 hektar, kompleks olahraga megah yang akan menjadi venue utama perhelatan PON XXI tersebut memiliki beberapa arena, yang terdiri dari Stadion Utama, Stadion Madya Atletik, Stadion Aquatik, dan arena pertandingan olahraga lainnya.

Dalam kesempatan peninjauan, Menko PMK didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, PJ Gubernur Sumut Hasannudin, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian. Mereka meninjau pembangunan Stadion Madya Atletik dan Stadion Utama Sumut.

Muhadjir melihat berbagai progres yang telah dilakukan. Dia mengapresiasi arena olahraga yang sangat mumpuni dari segi kualitasnya. Berdasarkan pemaparan dari pihak pengembang, sejauh ini, progress Stadion Atletik sudah mencapai 98%. Objek pengerjaan berupa dua lapangan sintetis atletik dengan tribun berkapasitas 2.500 penonton.

“Untuk stadion atletik sudah siap digunakan untuk cabor lari, lompat, dan lempar,” ujar Muhadjir Effendy saat melakukan peninjauan.

Peninjauan berlanjut ke Stadion Utama Sumut. Progress pembangunan stadion masih 30 persen yang direncanakan rampung pada akhir Juli 2024.

Dengan benchmarking mengambil contoh Stadion Manahan Solo, Stadion Utama Sumut digadang menjadi stadion teranyar dan terbesar di Sumatera Utara dengan kapasitas 25.750 penonton.

“Sudah sangat bagus. Ada benchmarknya dengan stadion manahan, stadion terbaik di Indonesia. Tadi saya sarankan supaya piknik ke luar melihat yang reputasi seperti Real Madrid, Manchester United, supaya tenaga sipil kita bisa belajar ke sana,” ujar Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, PJ Gubernur Sumut Hasannudin menyampaikan bahwa pembangunan Sumut Sport Center merupakan impian dari masyarakat Sumatera Utara supaya memiliki kawasan kompleks olahraga.

Selain sebagai pusat olahraga dan pengembangan prestasi olahraga, juga akan dibangun plaza sebagai pusat perekonomian. Kompleks olahraga yang dibangun di lokasi strategis dekat dengan bandara ini diharapkan dapat menghidupkan perekonomian masyarakat Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya.

“Harapannya pembangunan berjalan baik dan ekonomi masyarakat juga semakin baik,” ungkap PJ Gubernur Sumut.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Menko Muhadjir juga memberikan masukan dalam pembangunan stadion supaya memerhatikan detil lainnya seperti keseimbangan kapasitas parkir dan penonton, kemudian drainase untuk antisipasi genangan saat hujan, dan juga akses keluar masuk penonton yang diperbanyak menghadapi keadaan darurat.

“Perlu kajian sosiologis karena stadion akan berdiri atas dukungan masyarakat dan memperhatikan sustainabilitas paska event dengan pemeliharaan berkelanjutan. Saya optimis akhir Juli InsyaAllah stadionnya rampung,” ujar Muhadjir. (Andy Setiawan)***

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berita Terkait

Keistimewaan Puasa Asyura
Meritokrasi Membuahkan Spanyol yang Hebat
Menjadi Pemimpin yang Baik
Kematian Afif Maulana, Prof. Adrianus Meliala: Pihak Keluarga Tidak Terima Karena Kematian Korban Dianggap Tidak Wajar
Teluk Hijau Banyuwangi Berikan Keindahan Alam Hingga flora dan fauna yang unik
Istana Bukit Serene Simbol Kekuatan Sejarah dan Keindahan Arsitektur di Johor Bahru
Pantai Pulau Merah Salah Satu Destinasi Wisata favorit Bagi Para Penggemar Selancar
Taman Nasional Baluran Tawarkan Pemandangan Savana yang Mirip dengan Afrika
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:57 WIB

Tindak Pidana Perdagangan Orang, 50 WNI Dikirim ke Australia untuk Dijadikan Pekerja Seks Komersial

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:06 WIB

18 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, NTT dan NTB Alami Kekeringan, Kurang Hujan dengan Kategori Ekstrem

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:41 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy: Keutuhan Bangsa Negara Sangat Ditentukan Ibu dan Anak

Rabu, 17 Juli 2024 - 10:17 WIB

Kejaksaan Agung Periksa 3 Orang Saksi Termasuk Ditjen Bea Cukai dalam Kasus Importasi Gula PT SMIP

Senin, 15 Juli 2024 - 20:31 WIB

Di Forum Muhammadiyah, LaNyalla Sampaikan Pentingnya Tekad Bersama Hadapi Tantangan ke Depan yang Lebih Berat

Senin, 15 Juli 2024 - 13:07 WIB

Menko Muhadjir Berikan Apresiasi Terhadap Keberhasilan Pasar Yosomulyo Pelangi

Senin, 15 Juli 2024 - 09:00 WIB

Ada Insiden Penembakan Donald Trump, Begini Respons Istana Jakarta Terkait Pengamanan Presiden Jokowi

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:05 WIB

Kemenko PMK Prof Warsito Tekankan Pemerintah Daerah dan Stakeholders Perkuat Peran Fungsi Museum

Berita Terbaru