Wisata Bromo Masih Ditutup Sementara, Seruni Point Masih Bisa Dinikmati Wisatawan

Avatar photo

- Pewarta

Minggu, 10 September 2023 - 12:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jatim berkoordinasi dengan kepala BPNB Letjen TNI Suharyanto  untuk operasi water bombing.

Gubernur Jatim berkoordinasi dengan kepala BPNB Letjen TNI Suharyanto untuk operasi water bombing.

JATIMRAYA.COM, Pada Sabtu (9/9), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kondisi kebakaran hutan dan lahan di Lembah Watangan atau dikenal dengan Bukit Teletubbies yang terletak di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Kawasan ini merupakan bagian dari destinasi wisata Bromo.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Gubernur Khofifah didampingi Kadishut (Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup) Jatim dan BPBD Calaksa (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dalam peninjauan ini. Mereka melakukan pemantauan udara menggunakan helikopter untuk menilai situasi. Titik pengamatan awal meliputi Gunung Arjuno, Kawasan Konservasi Tahura R Soerjo, dan Gunung Welirang. Di Curah Kluntung Kota Batu masih terlihat titik-titik yang mengeluarkan asap.

Melanjutkan misi pemantauan udara, rombongan Gubernur Khofifah melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), khusus fokus di Lembah Watangan. Di sini mereka menemukan api masih menyala dan petugas aktif berupaya memadamkannya.

Diketahui, kebakaran yang terjadi di sabana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies akibat percikan api yang digunakan salah satu pengunjung pada Rabu (6/9).

Gubernur Khofifah melakukan asesmen menyeluruh dan langsung melakukan pertemuan dengan Kepala BB-TNBTS, tokoh adat Suku Tengger, PHRI, Kepala OPD Pemprov Jatim terkait, dan Forkopimda Kab. Probolinggo.

Usai pertemuan, Gubernur Khofifah menyatakan masih terdapat titik api aktif di wilayah sekitar Lembah Watangan. Oleh karena itu, ia menegaskan, upaya pemadaman titik api tersebut akan terus dilakukan hingga benar-benar padam sebelum akses wisata dibuka kembali seperti biasa.

Sembari menunggu selesainya proses pemadaman, wisatawan masih bisa menikmati keindahan Bromo yang mempesona dan menikmati eksotisme matahari terbit dari titik seruni. Langkah ini diambil untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru telah bekerjasama langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera melaksanakan tindakan pemadaman dengan menggunakan helikopter BNPB yang dilengkapi teknik water bombing.

Gubernur Khofifah melangkah lebih jauh dengan bertemu langsung dan berkoordinasi dengan Kepala BNPB untuk menambah jumlah helikopter yang terlibat dalam operasi water bombing.

“Sebetulnya helikopternya sudah datang dengan kapasitas air lima kali lebih besar dari heli yang sebelumnya beroperasi, untuk bisa melakukan pembasahan dan pemadaman. Saya juga sudah minta kepada Kepala BNPB helinya bisa dikirim ke Bromo, saat ini menunggu surat permintaan heli dari kepala BB TNBTS. Semoga hari ini bisa selesai administrasinya. Sambil menunggu, heli beroperasi melakukan pembasahan dan pemadaman di titik api baru di Gunung Welirang ,” katanya.

Atas kondisi tersebut, Khofifah meminta Kepala BB-TNBTS segera mengirimkan surat kepada BNPB perihal pemindahan helikopter dari posisinya saat ini di basecamp Kaliandra di Kabupaten Pasuruan ke Bromo. Hal ini diperlukan mengingat keberadaan api di Bromo.

“Jadi Insya Allah helikopternya harinini, paling lambat besok sudah bisa ke Bromo. Dan hari ini tim disini akan memaksimalkan pencarian sumber air sebagai sumber pengisian pelaksanaan water bombing,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah akan mengevaluasi situasi dan memberikan dukungan untuk perbaikan jaringan pipa air bersih yang terkena dampak kebakaran.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah meminta kesabaran para wisatawan. Hingga seluruh api benar-benar padam dan tidak ada sisa asap, sebagian lokasi wisata Bromo masih ditutup sementara. Langkah ini bertujuan untuk menjamin keselamatan dan keamanan pengunjung sekaligus memfasilitasi upaya komprehensif pemadaman karhulta. Meski demikian, wisatawan tetap bisa menikmati keindahan pemandangan Bromo dan menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan dari titik Seruni.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Kalau sudah selesai dan aman semua InsyaAllah BB-TNBTS akan berkoordinasi dengan PHRI Bromo untuk membuka kembali wisata di Bromo. Tapi sebelum itu harus dipastikan semua aman. Pastikan tidak ada api maupun asap. Karena kalau masih ada asap maka artinya di bawah kemungkinan masih ada api,” tegasnya.

Kepala BB TNBTS Hendro Widjanarko menyatakan, destinasi wisata yang dikelola TNBTS saat ini belum bisa diakses. Diantaranya Penanjakan, Bukit Teletubies, dan Pasir Berbisik. Meski demikian, wisatawan tetap bisa mengunjungi objek wisata tertentu yang dikelola warga sekitar seperti pemandangan Sunrise.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

“Kemudian view di kantor kami juga cukup bagus. Wisatawan bisa melihat view Gunung Bromo dari kantor kami,” ungkap Hendro.

Data terkini BPBD Jatim hingga Jumat (8/9) pukul 16.40 WIB, terdapat sekitar 274,71 hektare lahan yang terbakar di kawasan TNBTS. Beruntung tidak ada korban jiwa dan kondisi cuaca saat ini cerah.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Untuk memadamkan api, pendekatan dua tim diterapkan. Tim Atas fokus memadamkan api di puncak Gunung Kursi, sedangkan Tim Bawah fokus mencegah meluasnya api ke padang rumput atau sabana di lereng.

Upaya penanganan situasi ini juga dilakukan dengan peninjauan lokasi yang dilakukan oleh Prov. Pemerintah Jawa Timur di ground zero. Tim gabungan yang terdiri dari 50 orang memanfaatkan gepyok dan satu unit mobil tangki tambahan untuk berhasil memadamkan api. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

Angkat Budaya Leluhur, PWI Jatim Gelar Pameran Lukisan Jansen Jasien
Masyarakat Perlu Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim di Wilayah Jatim
Pemkab Sidoarjo Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir
Pengemudinya Diduga Sedang Mengantuk, Mobil Masuk Parit Usai Tabrak Pohon di Ngawi, Jatim
Ayah Asal Solo Tewas Tenggelam Saat Menolong Anaknya Terseret Ombak Laut Selatan di Pesisir Pacitan
Jalur Tujuan Wisata Telaga Sarangan Sempat Tersendat karena Ada Mobil Tertimpa Pohon Ambruk
Kakek di Madiun Tabrakkan Diri ke Kereta Api yang Melintas Cepat, Diduga Jengkel Sakit Menahun
Termasuk Jawa Timur BMKG Sebut 14 Daerah Berstatus Waspada Terkait Dampak Hujan di Indonesia
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 19:32 WIB

Angkat Budaya Leluhur, PWI Jatim Gelar Pameran Lukisan Jansen Jasien

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:20 WIB

Masyarakat Perlu Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim di Wilayah Jatim

Selasa, 27 Februari 2024 - 09:55 WIB

Pemkab Sidoarjo Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir

Senin, 26 Februari 2024 - 09:39 WIB

Ayah Asal Solo Tewas Tenggelam Saat Menolong Anaknya Terseret Ombak Laut Selatan di Pesisir Pacitan

Senin, 26 Februari 2024 - 09:12 WIB

Jalur Tujuan Wisata Telaga Sarangan Sempat Tersendat karena Ada Mobil Tertimpa Pohon Ambruk

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:05 WIB

Kakek di Madiun Tabrakkan Diri ke Kereta Api yang Melintas Cepat, Diduga Jengkel Sakit Menahun

Kamis, 22 Februari 2024 - 08:39 WIB

Termasuk Jawa Timur BMKG Sebut 14 Daerah Berstatus Waspada Terkait Dampak Hujan di Indonesia

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:53 WIB

Timpa Rumah di Ponorogo, Terjangan Hujan Angin Tumbangkan Pohon Peneduh Berukuran Besar

Berita Terbaru

Petugas saat bersihkan pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin di Sidoarjo.

Berita Jatim

Masyarakat Perlu Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim di Wilayah Jatim

Selasa, 27 Feb 2024 - 21:20 WIB

Hadi Prasetyo, pengamat sosial - politik

Politik

Analisis Politik: Terseok dan Rapuh

Selasa, 27 Feb 2024 - 20:42 WIB