RAPBD Terbaru Surabaya Anggarkan 3 Trilliun untuk Kemiskinan

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 19 Oktober 2023 - 13:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Eri Cahyadi bersama Adi Sutarwijono saat menandatangani perubahan RAPBD Pemkot Surabaya.

Eri Cahyadi bersama Adi Sutarwijono saat menandatangani perubahan RAPBD Pemkot Surabaya.

JATIMRAYA.COM, Sebagai langkah berani untuk memerangi kemiskinan, pemerintah Surabaya telah mengalokasikan dana sebesar Rp3 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2024 mendatang (17/10).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Walikota Eri Cahyadi dengan bangga mengumumkan bahwa upaya mereka pada tahun 2022 telah membuahkan hasil positif, dengan penurunan angka kemiskinan sebesar satu persen. Penurunan ini, dari 5,7 menjadi 4,7 persen, merupakan tanda yang menggembirakan bahwa strategi dan inisiatif mereka membawa perubahan nyata dalam kehidupan masyarakat kurang mampu. Dengan dukungan berkelanjutan dan penerapan langkah-langkah efektif, terdapat harapan untuk masa depan yang lebih cerah bagi seluruh warga Surabaya.

“Sudah kami masukkan ke DPRD, pengajuan nota, setelah ini ada pandangan fraksi, terus jawaban wali kota, dan pembahasan komisi-komisi. Semoga bermanfaat untuk rakyat,” jelas Eri usai Rapat Paripurna di Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional.

Dalam RAPBD tahun 2024 mendatang, pengentasan kemiskinan tetap menjadi prioritas utama selain kesehatan, pendidikan, dan penurunan angka kematian ibu dan bayi. Alokasi sekitar Rp3 triliun khusus untuk pengentasan kemiskinan mencerminkan komitmen pemerintah dalam mengatasi permasalahan mendesak ini. Alokasi tersebut sedang dibahas di DPRD Surabaya sebagai bagian dari RAPBD tahun 2024.

“Menggabung untuk stunting dan macamnya 3 T. Angka itu kami tambahkan karena kami samakan dengan data dari Bappenas, Bappenas juga ada desil 1, desil 2 yang dilakukan Regasosek (Registrasi Sosial Ekonomi) dari BPS lalu kami samakan datanya dan kami akan berikan pekerjaan, kami akan sentuh sesuai kordinasi kami dengan DPRD,” tuturnya.

Selaku Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin telah menerapkan berbagai intervensi untuk memerangi kemiskinan selain pendekatan padat karya. Menyadari bahwa kemiskinan adalah permasalahan kompleks yang memiliki banyak akar penyebab, Fajriatin memahami pentingnya mengadopsi strategi yang mencakup banyak aspek. Dengan melakukan diversifikasi intervensi, Dinas Sosial Kota Surabaya bertujuan untuk mengatasi berbagai aspek kemiskinan, seperti kurangnya akses terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan layanan dasar.

“Intervensinya banyak mulai bantuan-bantuan, ada BLT, ada bantuan seragam, BLT Pemerintah kota, pemerintah pusat, padat karya dan lain sebagainya” kata Anna.

Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Kota Surabaya, baru-baru ini mengumumkan bahwa Rencana APBD tahun 2024 yang dikenal dengan RAPBD diperkirakan mencapai Rp10,8 T. Alokasi anggaran yang signifikan ini mencerminkan komitmen kota dalam mendukung usaha kecil dan menengah.

“Dengan kekuatan APBD 10,8 T ini adanya sektor UMKM kami dorong untuk tumbuh terus. Sehingga kekuatan ekonomi rakyat juga semakin menguat. Hampir 3 T tersebar di semua OPD,” jelasnya.

Adi juga mengatakan bahwa RAPBD Pemkot Surabaya terbaru akan disahkan pada tanggal 10 November mendatang yang bertepatan dengan hari Pahlawan.

“Setelah paripurna hari ini langsung kami mulai pembahasan kemudian komisi-komisi juga punya cukup waktu untuk membahas itu. Kemudian kami tetapkan nanti 10 November mendatang,” tutupnya. (Andy Setiawan)***

Berita Terkait

BRI Kembali Dipercaya Jadi Penyalur Bantuan Program IBM Sanitasi Ponpes dan Desa di Jatim
SMPN 8 Madiun Diduga Terima Titipan Siswa Pada PPDB dan Tolak Siswa dari Luar Kota
Plt Bupati Subandi Dorong DPM-PTSP Sidoarjo Gencar Lakukan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan
Bantuan Pangan Beras, Plt Bupati Sidoarjo Subandi: Yang Menerima Benar-benar Berhak
2024, Panitia Masjid Siti Suci Nur Rohmah Perumahan Magersari Permai Sembelih 41 Ekor sapi dan 25 Ekor Kambing
Perayaan Idul Adha 1445 H, Plt Bupati Subandi Menyerahkan Satu Ekor Sapi di Takmir Masjid Agung Sidoarjo
Sebanyak 76 Hewan Kurban, di Salurkan Polresta Sidoarjo kepada Masyarakat
Mimik Idayana Bersama Suami Fasilitasi Kurban Sapi di Perumahan AL Desa Kedungbendo Candi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:47 WIB

Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:09 WIB

Perkembangan AI, Antara Keuntungan dan Tantangan dalam Siapkan SDM Unggul

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:29 WIB

Dalam Rapat UNESCO, Dewan Pers Usulkan Soal Pelarangan Penyiaran Eksklusif Jurnalisme Investigasi

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:31 WIB

Soal Implementasi Standar ILO, Sekjen Kemnaker Terima Kunjungan Deputi ILO untuk Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 18:41 WIB

Terkait Pernyataan tentang Perlindungan Orang Tobelo Dalam, Direktur International Survival Asia Temui Ketua DPD RI

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:27 WIB

Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:03 WIB

Pemerintah Godok Aturan Perlindungan Ojol, Ini Masukan Konkret Ketua DPD RI

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:29 WIB

Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Palu, Menko PMK: Pelayanan Sudah Bagus

Berita Terbaru

Gatot Sundoro

Nusantara

Kemuliaan dan Karamah untuk Sarah, Istri Nabi Ibrahim

Sabtu, 22 Jun 2024 - 08:54 WIB